5 Penyebab Yang Membuat Komputer Sering Mati Sendiri

Posted on

Apakah kalian pernah mengalami computer yang sering restart dengan sendirinya? Mungkin di saat kalian sedang asyik menggunakan computer kalian dan tiba-tiba layar monitor jadi biru dan computer kalian restart dengan sendirinya. Tentunya kejadian seperti ini sangat mengganggu bukan. Lalu apakah penyebab yang membuat computer itu sering restart sendiri? Nah di kesempatan saya kali ini saya akan membahas mengenai 5 penyebab yang membuat computer sering mati sendiri.

5 penyebab computer sering restart sendiri:

Prosesor mengalami overheat (terlalu panas)

Suhu dari prosesor yang terlalu panas itu bisa menyebabkan computer mengalami blue screen yang kemudian merestart sendiri. Bahkan dalam masalah seperti ini bisa mengakibatkan computer mati mendadak hingga bisa mengakibatkan computer mati total. Apa sih sebenarnya yang membuat prosesor itu overheat? Biasanya kejadian seperti ini di karenakan pemasangan proses yang kurang pas. Makanya coba kalian cek lagi pemasangan pada prosesor kalian kalau perlu kalian copot lalu pasang lagi juga fannya pasang dengan benar serta berikan pasta pada prosesor dan juga ganti pastanya secara berkala.

Daya PSU Yang Tidak Stabil

Power supply atau PSU yang sudah lama biasanya akan mengalami masalah pada daya yang di hasilkan. Computer yang di situ kekurangan daya juga akan mengakibatkan sering restart sendiri. Untuk menangani ini biasakanlah kalian untuk mengecek dan membersihkan PSU kalian, Karena hardware yang kotor juga bisa menimbulkan kerusakan pada hardware lainya.

Kerusakan Pada RAM

Memory atau Ram yang rusak juga bisa menyebabkan seringnya computer mengalami restart sendiri. Kasus seperti ini biasanya terjadi dengan di tandai layar blue screen dengan adanya tanda seperti pemberitahuan dump memory. Hal yang pertama harus kita lakukan adalah mengecek RAM dan mencopotnya kemudian membersihkan kaki-kakinya, dan setelah itu pasang lagi. Jika masih belum berhasil belilah RAM yang baru.

Hardisk Mengalami kerusakan Badsector

Badsecor yang ada pada hardisk bisa mengakibatkan system berjalan dengan tidak lancar. Maka efek yang sering terjadi yaitu computer mengalami hang/eror macet dan restart sendiri. Cobalah kalian merawat hardisk kalian dengan teratur dan sesuai prosedur, berhati-hatilah kalian di saat mencopot hardisk apabila hardisk terjatuh ini bisa mengakibatkan kerusakan yang fatal.

Kerusakan Pada VGA/kartu grafis

Kerusakan yang terjadi pada VGA juga bisa mengakibatkan layar blue screen pada computer. Bukan hanya itu biasanya juga di tandai dengan computer mengalami gambar pecah-pecah dan akhirnya computer mengalami restart sendiri. Nah jika kasus ini terjadi udah bisa di pastikan bahwa VGA card kalian mengalami kerusakan dan minta di ganti dengan yang baru.

Demikianlah sedikit informasi mengenai 5 penyebab computer mengalami restart sendiri semoga ini bisa bermanfaat bagi kalian semua….

Gravatar Image
Ohayo minna san saya adalah pemuda yang penuh akan keinginan untuk mempelajari hal hal yang menurut saya bisa bermanfaat untuk kehidupanku. juga saya senang berfantasi yang hal itu tidak bakal terjadi. hobi saya nonton Anime dan main Games.

Leave a Reply