7 Robot Tercanggih di Dunia

7 Robot Tercanggih di Dunia

Posted on

Perkembangan teknologi saat ini memang sangat pesat. Banyak teknologi baru muncul untuk membantu pekerjaan manusia agar lebih mudah. Salah satu teknologi yang tidak pernah tertinggal adalah robot. Semua orang pasti tahu apa itu robot, robot merupakan sebuah mesinyang dibuat oleh manusia yang mempunyai kemampuan khusus yang berbeda-beda dan didesain dengan rupa yang berbeda-beda sehingga bisa melakukan tugas tertentu untuk membantu tugas manusia utamanya.

Saat ini, banyak sekali robot baru dengan kemampuan yang canggih bermunculan. Macamnya yang juga semakin banyak dengan kecanggihannya menjadikan harga juga menjadi mahal tentunya. Persaingan teknologi dalam robot kini semakin menjadi, banyak sekali orang yang melirik kemampuan robot-robot jaman sekarang dan senang melihat tingkahnya yang lucu dan membuat orang terkagum dan terhibur. Karena keberadaan robot banyak sekali membantu tugas manusia. Sehingga membuat orang semakin ingin menciptakan robot yang memiliki keahlian sama seperti manusia.

Ingin tahu seperti apa robot-robot tercanggih di dunia ini? Berikut ini adalah beberapa daftar robot canggih yang bisa kamu baca.

  1. Human Support Robot
Human Support Robot

Robot pintar ini adalah robot buatan Jepang yang di desain khusus untuk menemani pasien yang ada di rumah sakit. Dengan keberadaan robot ini bisa menemani pasien yang sakit dan merasa kesepian. Namun, tugas si robot bukan membantu dokter seperti perawat melainkan menghibur pasien agar tidak merasa kesepian dan jenuh di rumah sakit. Salah satu keunggulan robot ini adalah mampu melayarkan video atau film 3D dari perutnya.

  1. Asimo Robot
Asimo Robot

Nama Asimo merupakan kependekan dari Advenced Step in Innovative Mobility. Robot yang diperkenalkan pertama kali oleh Perusahaan Honda di tahun 2000. Asimo di desain sedemikian rupa untuk dapat beradaptasi di dunia nyata dan bisa berjalan mengunakan kedua kakinya. Asimo mampu mengenali suara, objek yang bergerak, bahkan wajah manusia. Terdapat dua buah  kamera yang diserupakan mata untuk mendeteksi lingkungan dan menentukan arah atau jarak ke  tempat tertentu. Asimo bisa mengikuti seseorang dan mendeteksi perintah suara juga gerakan tangan. Jadi, Asimo akan mampu merspon jika ada yang ingin berjabat tangan dengannya.

  1. Topio Robot
Topio Robot

Topio Robot merupakan robot humanoid yang di desain mampu menjadi atlet ping pong yang handal. Robot yang berasal dari jepang ini dapat menjadi lawan yang cukup berat di meja ping pong bagi atlet ping pong yang sebenarnya. Para atlet sungguhan boleh berlatih dengan robot asal Jepang ini. Kepanjangan dari nama Topio sendiri adalah Tosy Ping Pong Playing Robot. Topio memang sengaja diciptakan dengan keahlian bermain ping pong. Topio memiliki kecerdasan buatan yang cukup maju di jaman sekarang ini sehingga bisa meningkatkan keahliannya jika terus-terusan bermain ping pong.

  1. Murata Robot
Murata Robot

Murata Girl adalah robot yang berasal dari Jepang. Bentuk tubuh robot yang diciptaan oleh Perusahaan Murata Manufacturing ini sebagaimana anak kecil yang sedang bersepeda. Murata memiliki semacam sensor untuk bisa menjaga keseimbangan tubuh agar tidak jatuh, sehingga mampu mengendalikan sepeda yang hanya memiliki roda satu ke arah depan dan belakang. Murata Boy adalah saudara dari Murata Girl, robot ini sama-sama diciptakan dari Perusahaan Murata Manufacturing pada tahun 2005. Namun, Murata Boy sepertinya masih kalah canggih daripada Murata Girl karena dia hanya mampu mengendalikan sepeda roda dua saja. Sebuah mata elektronik robot ini terbuat dari sensor ultrasonik yang akan memberitahu robot supaya tidak menabrak sesuatu saat sedang bermain bersepeda. Sementara untuk mengubah arah sepeda dibantu oleh otak robotiknya.

  1. Violin Robot
Violin Robot

Sesuai dengan namanya, violin robot adalah robot canggih yang bisa memainkan biola. Pencipta robot ini adalah dari Perusahaan Toyota yang, produsen mobil raksasa asal Jepang. Jari-jari robot ini bisa sangat lincah saat memainkan biola dan melantunkan nada yang harmonis. Robot dengan tinggi 152 cm itu bisa berjalan dengan tegak. Bahkan, sebelum dia mulai bermain biola, dia bisa memberikan salam dengan melambaikan tangan kepada para penonton yang hadir untuk melihatnya bermain biola.

  1. HRP-4C Robot
HRP-4C Robot

Inilah robot yang tidak hanya bisa berbicara dan menyapa para hadirin, robot cantik ini bernama HRP-4C yang deprogram sedemikian rupa sehingga gerak gerik tubuhnya sangat mirip dengan model manusia sungguhan. Robot ini dirancang sebagai model untuk peragaan busana. Robot ini memilii tinggi sekitar 158 cm. fisik dari HRP-4C sangat mirip dengan perawakan wanita Jepang pada umumnya. Memang sengaja dibuat seperti itu, menurut para pembuatnya, bentuk robot terinspirasi oleh karakter tokoh yang ada di komik manga. Nasional Institute of Advanced Industrial Science and Technology adalah pengembang robot ini.

  1. Yurina Robot
Yurina Robot

Robot Yurina ini dirancang untuk membantu para manusia. Robot yurina atau robot kesehatan, pembuatnya yaitu Logie Machine, dia menyatakan bahwa robot ini sudah digunakan di rumah sakit Osaka, di mana dia bisa mengangkut pasien ke tempat lain. Dia juga bisa membantu pasien mandi dan mengganti popok. Si robot pintar ini bisa diperintah dengan layar sentuh atau suara. Pengoperasiannya juga sangat mudah, bahkan orang yang sudah lanjut usia pun bisa mengoperasikannya.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply