4 Kawasan Wisata Dieng Wonosobo Yang Wajib Anda Kunjungin

Posted on

Dieng merupakan dataran tinggi yang mempunyai tempat wisata menarik di Jawa Barat. Dan terletak di wilayah kabupaten Banjarnegara dan kabupaten Wonosobo. Kurang lebih 30 meter dari kota Wonosobo. Dan dataran tinggi Dieng berada di barat Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Menurut sejarah, Dataran Tinggi Dieng disebut tempat para dewa dewi tinggal. Dan nama Dieng itu sendiri diambil dari bahasa kawi yang diartikan sebagai tempat atau gunung dan “Hayang” yang berarti dewa. Dan Dieng yang berarti kawasan pegunungan tempat dewa dewi bersemayam.

Berada pada ketinggian 2.093 mdpl, dataran tinggi Dieng Wonosobo mempunyai udara yang sangat sejuk dan berkabut pada saat matahari tidak muncul di langit. Dan suhu disana berkisaran 15 sampai 20 derajat Celcius, dan Dieng Wonosobo mempunyai beberapa kawasan wisata yang sangat sayang untuk anda lewatkan. Berikut ini adalah 4 Kawasan Wisata Dieng Wonosobo Yang Wajib Anda Kunjungin.

  1. Candi Dieng
Candi Dieng
Candi Dieng

Candi Dieng merupakan sebuah simbol kepariwisataan yang ada di Dieng. Dan candi itulah yang menbuat Dieng itu menjadi sebuat tempat sakral. Dan di tempat ini banyak sekali terdapat Candi Hindu yang tersebar di berbagai tempat.

Candi – candi yang ada di Dieng itu diberi nama sesuai dengan tokoh Mahabarata seperti Candi Arjuna, Bima, Srikandi, Gatot Kaca, dan masih banyak lagi. Model bangunan Candi yang ada disini telah mengikutin bentuk candi yang ada di India dan dengan ciri khas arca dan relief yang telah menghiasi bangunan Candi Dieng ini.

  1. Kawah Dieng
Kawah Sikidang
Kawah Sikidang

Dataran tinggi Dieng Wonosobo mempunyai kawah yang sangat indah, seperti Kawah Candradimuka, Kawah Sikidang, dan Kawah Sileri yang masih aktif. Kawah Sikidang merupakan salah satu kawah yang dijadikan sebagai andalan tempat wisata di Dieng dan terletak di wilayah Dieng timur. Dan pemandangan di sekitar kawah ini sangatlah indah, dan hamparan bukit hijau dan tanah kapur yang ada di sekitar kawah.

Kawah Sileri
Kawah Sileri

Dan diberi nama Kawah Sikidang karena kolam magma ini sering kali berpindah-pindah seperti kidang dan dalam bahasa jawa kidang yang berarti hewan kijang. Kawah Sileri adalah salah satu kawah yang terbesar di dataran tinggi Dieng dan luas sekitar 4 hektar. Anda bisa mencapai kawah ini dengan perjalanan sejauh 7 Km dari tempat wisata Utama Dieng.

Kawah Candradimuka
Kawah Candradimuka

Dan sedangkan Kawah Candradimuka merupakan Kawah yang sangat terkenal dengan cerita legenda pewayangan. Dan dalam legenda diceritakan, Kawah ini merupakan tempat Gatotkaca dijedi ( yang berarti dimandikan dalam bahsa Jawa ) dan sehingga mempunyai kesaktian yang sangat luar biasa. Letak kawah Candradimuka ini kurang lebih 6 Km dari pusat wiasat Dieng.

  1. Bukit Sikunir
Bukit Sikunir
Bukit Sikunir

Anda ingin melihat sunrise? Anda bisa datang ke Bukit Sikunir ini. Bukit Sikunir ini merupakan bukit yang sangatlah terkenal di kalangan wisatawan dan sebagai tempat berburu sunrise. Bukit Sikunir berada di desa Sembungan adalah tertinggi di Jawa Tengah.

Dan Bukit Sikunir yang berada pada ketinggian 2.200 mdpl. Dan dinamakan bukit Sikunir dikarenakan bukit ini banyak membuat wisatawan menjadi ketagihan berburu sunrise. Warna sinar matahari yang agak kekuningan yang seperti kunir. Dan membuat masyarakat sini menamainya Sikunir. Kunir meruapakan dalam bahasa Jawanya kunyit.

  1. Telaga Warna
Telaga Warna
Telaga Warna

Telaga Warna merupakan salah satu landmark di Dieng Wonosobo ini. Dan nama Telaga warna itu sendiri diambil karena telaga ini mempunyai warna-warna yang berbeda-beda. Telaga Warna ini mempunyai cerita tersendiri. Dan menurut cerita warga yang ada di sekitar sana, warna yang mucul pada permukaan telaga itu sendiri karena dahulunya ada sebuah cincin milikinya bangsawan yang jatuh kedalam telaga tersebut. Dan secara ilmiahnya, warna yang berbeda dari telaga itu sendiri dikarenakan adanya pembiasan cahaya pada endapan belerang yang ada di dasar telaga itu sendiri.

Telaga Warna
Telaga Warna

Dan dominasi warna pada telaga ini adalah warna hijau, biru laut dan putih kekuningan. Jika anda ingin melihat keindahan warna pada telaga ini, anda bisa mendaki ke puncak bukit yang telah dikelilingin telaga tersebut. Dan di daerah tepian telaga, ada sebuah balkon yang bisa digunakan untuk duduk-duduk dan bersantai dan menikmatin keindahan pada telaga itu sendiri.

Leave a Reply