pemijatan
Lakukan Pemijatan

Tips Mencegah Datangnya Stress, Untuk Kamu yang Sering Mengalaminya!

Posted on

Stress adalah kondisi dimana melibatkan beban rohani seseorang disaat berhadapan dengan berbagai permasalahan hidup. Karena datangnya beban rohani inilah orang tersebut harus bertindak, menyesuaikan dan juga harus mengontrol segala macam hal supaya seimbang. Stress sendiri normal terjadi karena adanya tekanan pada hidup seseorang yang mengalaminya. Karena itulah, semua orang pernah mengalaminya entah itu dari yang dewasa, remaja, bahkan ank-anak sekalipun juga pernah dan bisa.

Terjadinya stress ini karena otak yang memberikan tanda-tanda kepada tubuh supaya melepaskan hormon setelah mengalami kejadian tertentu. Adanya pelpasan hormon ini supaya tubuh lebih memiliki energi lebih dari cukup untuk menghadapinya.

Stress sering diakibatkan dari suatu permasalahan hidup dan tubuh akan mendapatkan energi sebenarnya ini sangatlah baik untuk meningkatkan kemampuan seseorang. Akan tetapi, di zaman sekarang ini tekanan hidup datang lebih mengenai dan mempengaruhi psikologis seseorang. Sehingga, dengan datangnya yang terus-terusan malah membuat tubuh seseorang semakin lemah. Dan ini mengakibatkan seseorang sulit untuk berpikir jernih. Bahkan bisa menyebabkan interaksi sosial, kualitas hidup orang itu sendiri, serta kesehatan orang tersebut juga bisa mengalami kesulitan. Karena itulah untuk mencegah stress harus mengetahui cara menanganinya, supaya tubuh juga lebih bisa merespon dengan baik pada situasi apapun. Dan cara menganinya seperti di bawah ini.

1. Sering Melakukan Hobi

hobi
Hobi Bermain Basket

Cara yang bisa dibilang mudah ini adalah mengatasinya dengan melakukan hobi yang ingin kamu lakukan. Hobi adalah salah satu kegiatan yang bisa dipercaya bisa menenangkan pikiran seseorang. Tujuannya pun juga supaya bisa mendapatkan kesenangan jadi bisa menjadi hiburan tersendiri baik dari segi pikiran maupun jiwa. Jika saja kamu melakukan hobi tentunya kamu akan lebih bersemangat sesudah kamu melakukannya meski sebenarnya sangatlah melelahkan. Dan untuk hobi pun akan berbeda-beda dari satu orang ke orang lainnya karena setiap orang memiliki apa yang mereka sukai sendiri.

2. Komunikasi

empati
Berkomunikasi dan Menceritakan Masalah yg Ada

Hal ini sangatlah baik untuk mengurangi beban yang sudah dialami seseorang dan juga mengatasi stress yaitu dengan adanya seseorang berkomunikasi dan menceritakan permasalahan yang bisa membuat dirinya stress kepada seseorang yang dipercaya. Selain hati menjadi lebih lega sesudah menceritakan kamu juga akan mendapatkan solusi yang baik dari orang yang kamu percaya tersebut. Bahkan sebuah penelitian menjelaskan bahwa seseorang yang suka menutup diri lebih rentan mengalami stress dari pada mereka yang membuka diri serta menceritakan masalahnya untuk mendapat solusi yang baik.

3. Berteriak Sekencang-Kencangnya

berteriak
Berteriaklah Dengan Lepas dan Lantang

Biasanya jika kita berteriak disaat stres akan lebih membantu seseorang untuk mencegah datangnya stress. Setiap orang tentunya pernah merasakan sesuatu yang mengganjal di hati. Karena itulah jika saja dilepaskan tentu akan membuat hati lebih tenang dan lega. Nah, untuk melakukannya lakukanlah di tempat yang sepi dan juga luas seperti di pantai atau di atas tebing supaya tidak ada yang memarahimu ketika berteriak sekencang-kencangnya. Jika kamu melakukan teriakan yang lepas dan dengan suara yang lantang akan membuatmu lebih rileks tentunya.

4. Lakukanlah Pemijatan

pemijatan
Lakukan Pemijatan

Untuk merelaksasikan dan menormalkan tekanan darah akan sangat baik jika melakukan pemijatan, sebab jika kamu melakukan pemijatan, kualitasmu tidurmu akan lebih baik dan stres yang sedang dirasakan pun juga akan berkurang. Manfaatnya pun juga sangat bagus dan menurut beberapa penelitian setelah tubuh mendapat sentuhan tangan dari pemijatan stres akan terusir dan akan terjadi perubahan biokimia tubuh. Bukan hanya itu saja para peneliti juga menjelaskan bahwa hormon stres jadi bisa berkurang sampai 53% sesudah melakukan pembuktian dari 500 pria, wanita, dan juga anak-anak yang sedang mengalami stres.

5. Selalu Berpikir Positif

berfikir-positif
Selalu Berpikir Positif

Cara untuk mengurangi stres yang terlihat mudah namun kenyataannya sulit dilakukan adalah dengan berpikir positif. Reaksi ini akan sangat sulit diterima oleh kebanyakan orang karena bagi dirinya harus menerima beban yang diberikan padanya dan dirinya itu harus menerimanya seorang diri. Dan dengan datangnya beban tersebut orang tersebut harus bisa melihat dengan pandangan yang baik terhadap bebanyang telah dia terima dan selalu berpikir bahwa disetiap kejadian pasti ada hikmahnya. Dan selalu bersabar karena semua beban yang telah menimpa adalah ujian dari Tuhan untuk hambanya.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply