Cara Menghilangkan Ngantuk

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Bekerja

Posted on

Sejak kapan kamu sering merasa mengantuk? Apakah kamu sudah mengetahui penyebab-penyebabnya? Satu hal yang perlu kamu tahu, penyebab dari sering merasa mengantuk itu belum tentu karena kamu kurang tidur. Meskipun itu adalah penyebab yang paling sering, selain gangguan pola tidur yang kurang tepat ada beberapa hal lain yang juga bisa menjadi penyebab sering mengantuk. Karena biasanya, rasa ngantuk akan datang saat kamu melakukan aktivitas setiap hari secara rutin seperti sekolah, kuliah, bekerja, berkendara bahkan saat belajar.

Adapun cara menghilangkan ngantuk adalah sebagai berikut:

  1. Sarapan

Ini adalah salah satu hal yang paling sering disepelekan manfaatnya. Ada sebagian orang yang memilih untuk tidak sarapan karena alasan diet, terlalu sibuuk sampai takut telat masuk kerja. Hal yang dianggap sepele ini seharusnya tetap dilakukan sesempat mungkin, karena pada dasarnya manusia itu memerlukan energi yang cukup untuk beraktivitas di pagi hari. Ika energy dalam tubuh manusia tidak terpenuhi, maka tubuh akan menjadi kurang bisa meningkatkan metabolisme dengan optimal. Dan akibatnya, tubuh menjadi lemah dan memicu munculnya rasa ngantuk di pagi hari.

  1. Berolahraga

Ini termasuk trik jitu untuk membantu mengatasi rasa ngantuk yang sering muncul dan mengganggu aktivitas menjadi tidak bekerja secara optimal. Dengan rajin berolahraga, usahakan kamu bisa melakukan oahraga yang ringan saja tapi rutin di pagi hari. Terserah kamu ingin melakukan olahraga yang menurut kamu ringan misalna jogging atau bersepeda selama kurang lebih 30 menit saja sudah cukup.

  1. Banyak Minum Air Putih

Saran dari dokter sebaiknya manusia mengkonsumsi air putih sekitar 8 gelas per hari atau minimal 2 liter sehari. Manfaatnya, selain bisa melancarkan metabolisme dalam tubuh, mengkonsumsi air putih juga dapat meningkatkan konsentrasi manusia saat melakukan aktivitas setiap hari. Orang yang tidak terbiasa mengkonsumsi air putih yang cukup, biasanya kan merasa seperti ingin muntah jika harus meminum 2 gelas di pagi hari. Maka dari itu, untuk menghindari rasa mual, orang harus membagi waktu mengkonsumsi air putih menjadi beberapa tahap. Contohnya, kamu bisa mulai minum 1 gelas di pagi hari, kemudian 3 gelas di siang hari, 2 gelas di sore hari, dan 2 gelas sebelum tidur. Dengan cara seperti ini barangkali kamu jadi bisa rutin mengkonsumsi air putih yang cukup.

  1. Wudhu dan Melakukan Sholat

Untuk kamu yang beragama islam, ada cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari rasa ngantuk sekaligus mendapatkan pahala. Jika kamu ngantuk, segeralah berwudhu, karena air wudhu bisa membantu menyegarkan mata kamu agar kamu tidak ngantuk lagi dan lebih semangat untuk bekerja. Seringkali rasa ngantuk itu menyerang pada waktu aktif kamu untuk bekerja yaitu pukul 08.00-11.00. karena waktu tepat untuk melakukan sholat dhuha, maka kamu bisa melakukannya dan rasakan manfaatnya. Gerakan sholat juga mampu melancarkan oksigen menuju otak sehingga tubuh menjadi segar kembali.

  1. Hindari Makan Menjelang Tidur

Hindari kebiasaan mekan menjelang tidur, karena kebiasaan seperti itu hanya boleh dilakukan bagi mereka yang ingin menambah berat badan. Namun, karena kebiasaan tersebut juga bisa mengganggu kulaitas tidur kamu. Karena tubuh akan bekerja terus dalam mengolah makanan sat kamu tidur. Kondisi seperti ini mengakibatkan otak menjadi tidak rileks dan akhirnya di pagi hari kamu masih ngantuk.

  1. Ngobrol Sambil Ngemil Saat Bekerja

Inilah cara yang sering digunakan untuk kamu yang super sibuk dengan ekerjaan dan sering dilanda ngantuk. Ngobrol adalah cara paling asyik untuk menghilangkan ngantuk apalagi ditambah dengan ngemil. Cara ini juga bisa menjadi solusi dari masalah kamuyag sering ngantuk saat bekerja. Namun, jangan sampai lupa dengan pekerjaan karena terlalu asyik dengan topik yang dibicarakan dan juga makanannya yang membuat mulut kamu tidak ingin berhenti mengunyah. Ngemil sambil kerja tidak ada salahnya, kalau bisa pilihlah camilan yang kamu suka entah itu yang pedas supaya mata kamu melek asalkan jangan yang rasanya manis nantimalah bikin ngantuk setelah kenyang.

  1. Periksa Kesehatan

Cara terakhir yang harus kamu lakukan jika semua cara di atas belum berhasil membuat kamu tidak ngantuk lagi yaitu menemui pakar kesehatan. Mungkin kamu mengalami gangguan pada kesehatan yang menyebabkan kamu sering ngantuk. Konsultasilah ke dokter agar kam mengetahui penyeybabna.

Demikian adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa ngantuk saat bekerja yang sangat mengganggu.

 

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply