TIPS HEMAT UANG JAJAN
Kamu Kesulitan Menghemat Uang Jajan? Yuk Simak Tips Menghematnya!

Kamu Kesulitan Menghemat Uang Jajan? Yuk Simak Tips Menghematnya!

Posted on

Tentunya sebagai manusia itu memiliki kebutuhan jajan, apalagi jika melakukan suatu kegiatan yang menyibukkan diri karena tentunya jika hanya memenuhi kebutuhan pokok saja itu tentu belum cukup. Dan tentunya malah akan sibuk dengan pekerjaannya sehingga lupa untuk memnuhi kebutuhan pokoknya, lalu langkah yang diambil untuk mengisi perut adalah menambah asupan energi lain berupa jajan yang bisa dimakan kapan saja ketika perut kosong. Biasanya yang akan dibeli adalah makanan ringan seperti camilan atau minuman botol. Nah, karena itu jugalah terkadang uang itu rasanya cepat habis yang harusnya untuk jatah satu bulan malah habis dalam satu minggu. Tentunya ini akan sangat membingungkan ketika di pertengahan bulan unag sudah tidak ada dan kebutuhan makan pun juga hampir habis. Lalu jika sudah seperti ini, apa yang akan kamu lakukan? Berhutang? Yah mungkin kebanyakn orang akan berfikir seperti itu namun itu malah akan membuatmu bertambah bingung karena terpikirkan akan hutang. Nah, kalau kamu tidak ingin seperti itu maka kamu perlu melakukan penghematan dan menguarangi uang jajanmu dalam sehari. Untuk mengetahui caranya ikuti tips menghemat uang dibawah ini.

1. Selalu Biasakan Sarapan

sarapan
Biasakan Sarapan

Mengapa kita harus sarapan terlebih dahulu? Karena dengan kita sarapan selain kenyang dan tidak lapar kita akan lebih fokus pada kegiatan yang akan kita lakukan dan juga jika kita sudah kenyang maka tak perlu lagi untuk membeli jajan dengan begitu uang jajan jadi berkurang. Karena hasrat yang paling besar untuk jajan adalah karena tubuh itu sedang lapar. Nah, ketika lapar itulah jika kita melihat jajanan kita akan lebih mudah untuk tertariknya atau memungkinan kita kepikiran akan jajanan tersebut lalu mendatangi tempat jajanan itu dijual. Karena itulah jika kamu ingin lebih hemat, sarapanlah terlebih dahulu agar tetap fokus dan menghemat uang.

2. Nggak Usah Malu Untuk Bawa Bekal

bekal
Jangan Malu Membawa Bekal

Karena kamu sudah membawa bekal jadi kamu nggak perlu membeli jajan disaat lapar, keluarin aja bekal yang sudah kamu bawa tadi sehingga yang biasanya jatah uang sehari 10.000 bisa berkurang menjadi 5.000 dan sisanya bisa ditabung. Nggak perlu gengsi untuk membawa bekal, bahkan terkadang orang juga bisa menirukan apa yang sudah kamu lakukan itu. Dan kamu bisa membawa kebaikan untuk orang lain juga selain untuk dirimu sendiri.

Nah, agar pengeluaran bekalmu tidak banyak jangan kamu isi dengan camilan seperti biasanya sama aja bohong itu. Lebih baik kamu isi dengan sesuatu makanan yang bisa mengenyangkanmu misalnya nasi dan lauk pauknya atau jika kamu tidak ingin nasi kamu juga bisa membawa roti yang dilapisi selai atau roti sandwich tapi jangan lupa untuk membawa minum juga agar kamu tidak membeli minum.

3. Jangan Biasakan Membawa Uang Tunai

uang tunai
Jangan Menyimpan Uang Tunai

Kebanyakan orang akan membeli jajan jika mereka mempunyai uang tunai di dompetnya sehingga dengan mudah untuk membelinya tanpa harus mempertimbangkannya terlebih dahulu. Sehingga dengan uang tunai itulah orang akan lebih mudah untuk membeli jajan atau apa saja yang mereka inginkan. Kemudian bagaimana jika tiba-tiba saja membutuhkan sesuatu? Nah, itu lebih baik kamu menggunakan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dan kamu akan mengambil uangnya jika benar-benar membutuhkannya.

4. Biasakan Hidup Sehat

hidup sehat
Mari Hidup Sehat Tanpa Junk Food

Jika kamu sering jajan diluar sana itu justru akan membuat tubuhmu tidak sehat dan rentan sakit. Sebab kebanyakn jajanan yang ada di luaran itu mengandung kimia yang mungkin akan berbahaya bagi tubuh. Untuk itu selalu ingat dan tekunilah untuk menjalani pola hidup yang sehat.

Nah, dengan kamu menjalani pola hidup yang sehat pengeluaran tidak semakin besar sebab kamu akan memertimbangkan apa yang pantasnya kamu beli. Dan hasrat untuk membeli jajanan tersebut akan terkalahkan dengan adanya keinginanmu hidup sehat.

5. Jika Memungkinkan Gunakanlah Fasilitas Gratisan

mahasiswa dan wifi
Nggak Usah Malu Pake yg Gratisan

Untuk kamu yang benar-benar ingin menghemat uang, jangan malu-malu untuk menggunakan semua fasilitas gratisan. Biasanya ini akan tersedia di lokasi kampus atau sekolah seperti WiFi gratis dan dringking fountain gratis. Kamu yang ingin mencari referensi untuk tugas kuliah atau PR sekolah juga bisa mencarinya di perpustakaan karena pasti disana juga akan ada buku gratis yang bisa dipinjam.

Jika kamu sudah melakukan semua itu kan uang jajanmu juga nggak terlalu banyak untuk membeli kuota internet atau membayar uang sewa warnet dan membeli buku-buku di toko buku. Kan pastinya lebih enak menggunakan yang gratisan dan juga akan menguntungkan bagimu.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply