Fungsi Sistem Operasi Pada Komputer

Posted on

Setelah kalian semua mengetahui perangkat-perangkat keras computer yang ada kali ini saya akan menjelaskan fungsi system pada computer. Karena kalian harus tahu bagaimana sih system computer itu berjalan. Nah saya kali ini akan menjelaskan kepada kalian semua tentang bagaimana sih computer itu bisa beroprasi sedemikian hingga bisa befungsi dengan baik.

System operasi adalah sebagai penghubung antara hardware/perangkat keras dan pengguna (user). System operasi juga memiliki fungsi sebagai program yang mengendalikan dengan tujuan agar menghindari kesalahan dari si pengguna computer serta mengatur pengelolaan sumber daya yang ada pada system computer dan menyediakan layanan bagi sang pengguna sehingga dapat memudahkan user dalam menggunakannya.

Fungsi system operasi computer secara umum adalah berikut ini:

Fungsi Sistem Operasi Yang Ada Pada Komputer

  • Resource manager, merupakan pengelolahan sumber daya dan mengalokasikannya, contohnya: memori, Disk Drive, CPU, dan hardware lainnya.
  • Interface atau tatap muka, merupakan perantara antara pengguna dengan perangkat keras dengan memberikan tampilan kepada sang pengguna yang lebih gampang dan bersahabat juga (user friendly).
  • Coordinator adalah yang mengkondisikan serta menyediakan fasilitas-fasilitas sehingga aktifitas dapat di atur dan diproses secara berurutan.
  • Guardian, merupakan system yang menyediakan akses control yang berfungsi untuk melindungi file dan juga memberikan pengawasan pada data program yang ada.
  • Gate keeper, merupakan system yang berfungsi sebagai pengendali HA (hak akses) oleh user yang mengendalikan siapa saja yang berhak memasuki ke dalam system dan mengawasi apa ajah yang di lakukannya.
  • Optimizer, merupakan system pendjadwal masukan atau input oleh sang user, pengolahan basis data, proses komputassi serta penggunaan.
  • Accountant, merupakan system yang berfungsi untuk mengatur waktu computer, penggunaan pada memori, pemanggilan I/O, disk storange, serta waktu koneksi terminal.
  • Server merupakan system yang berfungsi untuk melayani pengguna computer yang ada.

Demikianlah penjelasan yang bisa saya bagikan mengenai fungsi system operasi pada computer. Semoga artikel saya ini bisa bermanfaat bagi nakamaka semuanya.

Gravatar Image
Ohayo minna san saya adalah pemuda yang penuh akan keinginan untuk mempelajari hal hal yang menurut saya bisa bermanfaat untuk kehidupanku. juga saya senang berfantasi yang hal itu tidak bakal terjadi. hobi saya nonton Anime dan main Games.

Leave a Reply