Macam-Macam Penyakit Kista Beserta Penyebab dan Cara Penangannya

Posted on

Penyakit kista adalah salah satu jenis tumor jinak yang hanya terjadi pada wanita, penyakit ini datang dari hasil ovulasi tiap bulannya. Ovulasi adalah pelepasan sel sel telur yang tidak dibuahi dan biasanya ovulasi terjadi setiap bulan. Penyakit ini berupa kantung yang berisi cairan, tapi anda jangan terlalu takut sebab penyakit ini dapat hilang dengan sendirinya. Tapi, ada juga kista yang semakin berkembang dan semakin banyak ketika ovulasi sedang terjadi lalu terbentuklah seperti bantal bagi embrio yang akan tumbuh kelak. Sedangkan bantalah empuk tersebut berisi jaringan lemak, pembuluh darah dan kantung yang berisi banyak sekali cairan.

Biasanya kista yang menganggu kehamilan ibu hamil itu sebesar 15 cm, ukurang tersebut mampu menghancurkan rahim wanita, oleh karena itu lakukanlah pemeriksaan sejak awal yang berguna sekali untuk mengetahui apakah anda juga terkena penyakit ini? biasanya dokter akan mengoperasi pasien ibu hamil yang terkena kista tersebut pada trimester 3, bisa juga penyakit ini terjadi sebab faktor keturunan.

Penyakit kista

Penyebab penyakit kista

Kista adalah sebuah kantong yang berisi cairan seperti nanah tapi kental, jenis dari penyakit ini juga bermacam macam, ada yang berbentuk seperti buah anggur ada yang hanya berkantung kantung. Rasa nyeri pada perut ataupun pinggul, haid yang tidak teratur, darah haid yang keluar banyak, rasa nyeri yang sangat ketika haid dan waktu haid yang melewati batas, semua itu adalah awal terjadinya penyakit kista, biasanya perut si penderita terlihat lebih besar layaknya orang hamil. Ada beberapa penyebab penyakit kista yang harus anda ketahui :

  1. Faktor keturunan
  2. Perut yang semakin buncit
  3. Siklus haid yang tidak teratur
  4. Sulit hamil
  5. Menstruasi tidak pada waktunya
  6. Penderita hipotiroid
  7. Penderita kanker payudara yang sudah melakukan kemoterapi

Jenis jenis penyakit kista

Banyak jenis dan jalan bagi pertumbuhan kista didalam perut manusia, tidak hanya diperut kista juga dapat menyerang ginjal, payudara dan hati. Namun kista lebih sering terjadi pada bagian organ dalam seorang wanita. Secara lebih umum kista dibagi menjadi 2 : kista fungsional dan kista sel abnormal. Namun, secara rinci kista dibagi menjadi beberapa jenis seperti, kista folikel, kista korpus leteum dan kista dermoid.

Pengobatan alami untuk penderita kista

Penyakit kista yang mengancam anda dapat anda obati dengan ramuan alami yang cukup berkhasiat untuk anda, caranya dengan mencampurkan benalu teh , temu mangga, daun dewa dan daun sambiloto.

Faktor umum penyebab penyakit kista

  • Kista sel abnormal

Kista dari jenis ini muncul sebab tumbuhnya sel sel tidak normal didalam tubuh seseorang dan sebagian penyakit kista bersifat sebagai kanker.

  • Kista fungsional

Kista dari jenis ini biasanya disebabkan karena faktor menstruasi, mungin jika kista ini masih membenjol kecil pasti tidak apa apa, tapi jika benjolan dari kista ini sudah membesar hingga bisa mencapai 5 cm, oleh karena itu periksakanlah kesehatan anda sejak awal ke dokter.

  • Kista dermoid

Kista ini berasala dari sel sel yang belum berkembang menjadi telur, oleh karena itu sel ini mampu berubah menjadi jaringan apapun pada tubuh anda seperti, darah, kulit, gigi, tulang dan lemak. kista dermoid ini termasuk jenis kista abnormal yang biasanya terjadi ketika usia wanita menginjak 40 tahun. Kista dermoid bukanlah kista ganas, tapi kista ini dapat membesar menjadi ukuran 20 cm.

  • Kista adenoma

Kista adenoma adalah penyakit kista yang terjadi pada wanita berusia lebih dari 40 tahun, kista ini terbentuk diluar area ovarium dan kista ini dapat dipecahkan dengan sebuah gejala gejala tertentu.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply