SONY DSC

Wisata Kuliner Cirebon yang Tidak Ada Duanya!

Posted on

Siapa sih tidak memgetahui dengan Kota Cirebon? Cirebon ini merupakan salah satu kota yang ia berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia.Kota Cirebon ini juga berada di pesisir utara Pulau Jawa yang sering terkenal dengan nama Jalur Pantura yang ia menghubungkan Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya. Tapi tahukan anda kalau Kota Cirebon ini mempunyai wisata kuliner yang wajib anda coba jika main ke Kota Cirebon ini. Apa saja sih Kuliner Kota Cirebon ini?

kuliner khas Cirebon

Oke guys, berikut in ada 6 wisata kuliner Cirebon yang wajib anda kunjungi, antara lain:

  1. Nasi Jamblang

Jika anda main ke Cirebon tidaklah lengkap jika anda tidak mencicipi kuliner lokal yang satu ini loh guys. Adapun nasi jamblang ini semacam nasi campur, nasi putih yang dimakan dengan berbagai macam lauk yang tentunya bisa anda pilih karena lauknya juga sudah tersedia di depan anda. Dan yang lebih uniknya lagi nasi ini di bungkus dengan porsi yang kecil-kecil dengan menggunakan daun jati. Dan jika anda main ke Kota Cirebon ini anda akan banyak menjumpai penjual nasi jamblang loh guys, karena nasi jamblang sendiri ini di Kota Cirebon sangatlha terkenal.

  1. Nasi Lengko

Mungkin bagi anda nasi lengko ini sudah biasa dan bisa anda dapatkan dimana saja. Tapi jika anda sudah mampir ke kota asalnya dilahirkan nasi lengko ini, anda harus mencobanya loh guys. Nasi lengko ini enak dan juga sangatlah cocok bagi anda vegetarian. Karena nasi lengko ini hanyalah nasi putih dengan dikasih potongan toge, temped an kucai, dan juga disiram dengan kuah kacang dan juga kecap manis. Gimana guys, penasaran dengan rasanya? Langsung aja anda main ke Kota Cirebon ini dan jangan lupa berwisata kuliner juga di kota ini.

  1. Empal Gentong dan empal Asem

Mungkin empal yang satu ini bisa juga dibilang sebagai sotonya kota Cirebon. Karena Empal Gentong ini menggunakan kuah santan kuning yang gurih dan sedangkan dengan Empal Asem itu menggunakan kuah yang bening dan juga memiliki citarasa segar karena terdapat belimbing wuluh di dalamnya ini.

  1. Tahu Gejrot

Mungkin Tahu Gejrot yang satu ini bisa juga dibilang sebagai salah satu cemilan khas Kota Cirebon. Tahu Gejrot ini hanya berupakan tahu yang di goring tawar yang sudah dipotong-potong dan kemudian ditambah dnegan bumbu mentah dan juga disiram dnegan kuah sehingga menciptakan rasa yang nano-nano (asam, asin, manis, paedas).  Jika anda ngin mencobanya anda bisa saja main ke Kota Cirebon dan berwisata kuliner ke Kota Cirebon ini.

  1. Bubur sop

Mungkin dari namanya anda juga sudah bisa menebak bahwa bubur sopini ialah bubur nasi yang disiram dengan kuah sop. Dan rasanya  pun memang akan berbedaseperti anda sedang memakan bubur ayam yang dikombinasikan dnegan soto ayam. Dan bubur juga pastinya akan pas banget bagianda yang lagi laper, apalagi disaat hujan, pastinya akan lebih enak bnaget dimakan pada saat malam-malam.

  1. Bubur Toha

Dan kuliner Cirebon yang terakhir ini ialah Bubur Toha, buat anda yang suka merasa kelaparan pada saat malam hari, makanan yang satu ini sangatlah cocok memakan Bubur Toha ini. Karena mereka menjual bubur 24 jam non stop. Dan selain bubur ayam disini juga terdapat bubur kacang hijau dan juga bubur ketan loh guys.

Oke guys, gimana dengan beberapa wisata kuliner Cirebon yang ada di atas tadi, apakah annda  tidak penasaran dengan kuliner Cirebon tersebut? Jika iya, maka luangkan waktu anda untuk berwisata kuliner ke Kota Cirebon yang satu ini yah.

 

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply