Penyebab Terjadinya Asma

Posted on

Asma adalah salah satu gangguan pernapasan kronik atau gangguan yang melibatkan berbagai sel radang yang berlangsung lama. Biasanya asma mempunyai berbagai gejala gejala pada setiap orang, yang dikibatkan oleh banyak factor. Biasanya asma membuat pnderitanya mengalami sesak napas and sulit untuk bernafas sebab terjadi peradangan pada salauran pernapasan.

Jika kalian adalah salah satu dari penderita asma, mungkin kalian sudah mengetahui sebab apa panyakit asma kalian itu bisa kambuh. Ada banyak sakali beberapa factor yang dapat menjadi penyebab asma itu timbul.

Berikut ini ada beberapa factor penyebab terjadinya asma, yang paling banyak terjadi di sekitar:

  1. Disebabkan oleh faktor genetic

Factor genetic atau factor bawaan alah satu factor yang paling sering menjadi penyebab asma itu kambuh atau terkena penyakit asma. Factor genetic ini diturunkan oleh orang tua, nenek kakek ataupun buyut. Biasanya orang yang mempunyai penyakit asma sebab keturunan mengalami gejala asma mirip dengan orang tua atau kakek neneknya dulu.

Asma yang didapat sebab factor genetic sulit untuk dihilangkan dan hanya dapat dikurangi sedikit demi sedikit gejalanya secara bertahap.

Faktor genetic selain dari factor keturunan juga terdapat factor lain yang dapat menyebabkan terjadinya asma yaitu jenis kelamin dan ras.

  1. Factor keadaan saluran pernapasan

Yang sudah diketahui sebelumnya, asma terjadi saat saluran pernapasan mengalami iritasi, sehingga saluran pernapasan tersebut menyempit dan akhirnya menyebabkan kesulitan bernapas dan itu biasa disebut dengan sesak napas. Terdapat beberapa orang yang mempunyai kondisi saluran pernapasan yang sensitive, sehingga lebih mugdah untuk terjadi iritasi pada saluran pernapasannya. Hal tersebut dapat menyebabkan seseorang lebih mudah terserang asma, sebab keadaan saluran pernapasannya mudah teriritasi.

  1. Factor dari lingkungan

Kemudian factor lain yang memepengaruhi kambuhnya asma adalah factor yang berasal dari lingkungan. Lingkungan sekitar mempunyai banyak polutan yang dapat membuat saluran pernapasan menjadi teriritasi serta mengalami penyempitan dan akhirnya akan berakibat mengalami sesak napas.

Berikut ini ada beberapa factor lingkungan yang dapat menyebabkan kambuhnya penyakit asma kalian:

  • Debu yang ada di dalam rumah mempunyai peran panting dalam meningkatnya asma, karena debu debu tersebut terhirup oleh penderita asma sehingga dapat membuat kalian menjadi sesak nafas.
  • Kondisi udara serta cuaca yang berubah ubah dapat menyebabkan kambuhnya penyakit asma.
  • Alergi makanan yang dapat menyebakan gangguan pernapasan yang akhirnya dapat berdampak pada kambuhnya penyakit asma seperti kacang kacangan.
  1. Factor dari kondisi medis

Factor factor lain yang dapat menimbulkan gejala asma adalah factor dari kondisi medis. Factor dari kondisi medis dapat berupa efek dari obat obatan tertentu atau kondisi pasien yang mengalami sakit yang dapat mempengaruhi saluran pernapasannya. Beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan terjadi kambuhnya asma:

  • Penyakit bronchitis yaitu penyakit yang menyerang paru paru sehingga penyakit ini dapat mengganggu saluran pernapasan kalian menjadi terganggu.
  • Kelahiran yang premature biasanya mempunyai pernapasan yang belum sempurna sehingga dia membutuhkan ventilator yang berfungsi untuk membantu penapasannya. Hal tersebut dapat berakibat pada kemampuan pernapasan bayi.
  1. Akibat stress

Stress telah terbukti dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan seseorang. Orang orang yang sedang stress yang tinggi, bahkan mereka juga merasa depresi  hal itu dapat menyebabkan beberapa gangguan gangguan kesehatan yang salah satunya adalah dapat meyebabkan penyakit asma serta sesak napas.

  1. Akibat olahraga yang terlalu berlebihan

Memang olahraga itu sangat baik untuk kesehatan tubuh, akan tetapi olahraga yang terlalu berlebihan itu sangat tidak dianjurkan. Terutama untuk orang yang mempunyai penyekit asma. Olahraga yang berlebihan dapat mengganggu kemampuan bernapas seseorang, sehingga seringnya terjadi gejala gejala asma dan sesak napas dan akibatnya akan sangat mengganggu aktivitas sehari hari.

Sekian artikel yang dapat saya tulis tentang penyebab terjadinya asma semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply