Penyebab Mimisan Anak
Penyebab Mimisan Anak

Ketahui 10 Penyebab Mimisan Pada Anak Berikut!

Posted on

Apakah anak anda sering mimisan dan apa yang anda ketahui tentang mimisan? Mimisan yang dalam istilah medis disebut epistaksin adalah suatu gejala keluarnya darah dari bagian hidung. Mimisan bisa terjadi pada siapa saja, baik itu anak-anaka maupun orang dewasa. Biasanya mimisan akan terjadi secara tiba-tiba dan dalam jangka waktu yang sebentar, bahkan hanya selama beberapa detik saja. Seseorang yang mengalami mimisan akan merasa aneh karna ada darah segar yang keluar dari lubag hidungnya, namun ia tidak merasa ada bagian yang sakit sedikitpun.

Mimisan bukanlah gejala dari penyakit kronis atau penyakit yang serius, mimisan adalah hal yang wajar apalagi jika terjadi pada waktu yang normal. Oleh sebab itu, saat anak anda mengalami mimisan anda tidak perlu panik, tetap tengan dan yang terpenting adalah jangan menengadahkan muka anda karna darah mimisan akan masuk pada organ paru-paru, karna hal itu akan sangat membahayakan kesehatan . Saat anak anda mimisan, bungkukkanlah badan anak anda agar darah mimisannya dapat keluar semua.

Apa saja jenis dari mimisan?

Secara garis besar, mimisan emiliki 2 jenis utama yaitu:

  • Mimisan Anterior

Mimisan anterior merupakan salah satu jenis mimisan yang paling terjadi, mimisan jenis ini secara umum adalah mimisan yang terjadi karna adanya pendarahan yang terjadi pada gidung bagian depan.

  • Mimisan Posterior

Jenis mimisan ini jarang terjadi pada manusia, dan jika dibandingkan dengan mimisan anterior, mimisan posterior memiliki kondisi yang lebih berbahaya. Mimisan posterior bisa terjadi karna adanya pendarahan pada pembuluh darah yang tedapat pada bagian belakang hidung, yaitu antara langit-langit mulut dan rongga hidung.

Kenapa mimisan mendadak pada anak bisa terjadi?

Ada beberapa hal yang enjadi penyebab mimisan bisa terjadi, di antaranya 10 penyebab mimisan pada anak berikut:

  1. Membuang Ingus Terlalu Keras

Jika anak anda sedang flu, pasti ada cairan mengganggu pada hidungnya yang wajib dikeluarkan, namun jika anak anda terlalu kencang saat membuang ingus, bisa jadi anak anda akan mengalami mimisan.

  1. Terlalu Dalam Mengorek Hidung

Kebiasaan mengorek hidung atau mengupil memang sangat sering dilakukan oleh semua orang. Namun ada baiknya jika ia memperhatikan ketika sedang melakukan hal ini, jika anak anda terlalu dalam mengorek hidung dan tidak sengaja melukai bagian dalam hidungnya, maka dia berpotensi mengalami mimisan.

  1. Perubahan Tekanan Udara

Perubahan suhu udara merupakan salah satu faktor alam yang bisa menyebabkan mimisan. Biasanya tekanan udara yang bisa menyebabkan mimisan ada 2, yaitu udara yang terlalu panas dan terlalu dingin. Dimana kondisi kedua tekanan tersebut dapat memecah pembuluh darah, terutama pada bagian hidung yang menyebabkan terjadinya mimisan.

  1. Penggunaan Jenis Obat-Obatan

Mimisan yang terjadi pada anak anda juga dapat disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu. Hal ini dikarenakan kandungan kimia dalam obat tersebut dapat mengakibatkan pendarahan pada bagian hidung. Beberapa obat yang dapat mengakibatkan mimisan adalah antikoagulan, aspirin, dan inhaler yang dikonsumsi secara berlebihan.

  1. Muncul Tumor Pada Rongga Hidung

Tumor merupakan suatu benjolan daging yang tumbuh dengan tidak normal, dan tumor juga dapat tumbuh di semua bagian tubuh termasuk hidung. ketika tumor pada hidung semakin membesar, tumor tersebut akan menyebabkan beberapa hal seperrti menutup saluran pernapasan, dan menekan pembuluh darah pada hidung sehingga pecah.

  1. Alergi

Seseorang yang mengalami alergi terhadap ellergen dan polutan yang terdapat di udara juga dapat membuat seseorang tersebut mimisan. Polutan dan allergen yang tidak sengaja terhirup dan masuk ke dalam hidung dapat menimbulkan suatu alergi yang dapat mengakibatkan mimisan. Beberapa jenis allergen dan polutan yang dapat mengakibatkan alergi adalah pasir, debu, asap rokok, bau yang menyengat, asap kendaraan bermotor, dan bulu atau kapuk yang terdapat pada bantal dan guling.

  1. Efek atau Gejala Penyakit-Penyakit Tertentu

Beberapa jenis penyakit yang diidap juga adapat menjadi penyebab mimisan, penyakit-penyakit tersebut adalah demam berdarah, darah tinggi, kanker, tumor, dan leukemia. Untuk itu, jika anak anda sering mengalami mimisan, sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatannya.

  1. Gejala Psikosomatis

Gejala psikosomatis disebabkan oleh beberapa kondisi seperrti depresi, stress, takut yang berlebihan atau phobia, dan rasa cemas yang berlebihan. Beberapa kondisi tersebut dapat menimbulkan efek buruk pada tubuh dan salah satunya adalah mimisan. Gejala ini sangat minim terjadi pada anak-anak.

  1. Terjadi Kecelakaan

Mimisan juga dapat terjadi karna kecelakaan yang dialami oleh anak anda. Mulai dari kecelakaan ringan sampai yang berat dapat menyebabkan mimisan. Namun kecelakaan juga tidak selalu berujung pada mimisan.

  1. Adanya Suatu Kelainan Pada Sistem Pembekuan Darah

Ada beberapa orang yang mempunya kondisi yang berbeda dengan orang normal. Apabila luka yang terjadi pada orang normal akan cepat kering, berbeda halnya dengan orang yang mengalami kelainan pada sistem pembekuan darah (hemophilia), pembekuan darah akan sulit dilakukan. Dan mimisan merupakan salah satu gejala utama dari penyakit hemophilia ini.

Semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply