8 Macam Tanaman Herbal yang Dapat Menyembuhkan Penyakit Secara Ampuh

Posted on

Semakin berkembangnya zaman, semakin dilupakan juga tanaman herbal yang memiliki khasiat dapat menyembuhkan berbagai penyakit tubuh anda. Apalagi negara Indonesia adalah negara yang memiliki iklim tropis, pasti beragam tanaman tersimpan didalamnya, seperti rempah-rempah yang sudah menjadi ciri khas dari negara ini.

Keadaan telah berubah, semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi membuat semakin beragamnya obat obatan yang sudah diracik untuk menyembuhkan segala penyakit baik penyakit luar maupun penyakit dalam. Beberapa orang sudah melupakan kegunaan tanaman herbal ketika mereka sedang sakit, mereka memilih membeli obat langsung jadi yang sudah banyak beredar disekitar kita, padahal masih banyak kandungan berbahaya yang dapat menimbulkan datangnya penyakit lain setelah mereka mengkonsumsi obat tersebut, padahal mereka bisa mengambil cara aman dengan merutinkan pengobatan dengan tanaman herbal yang ada disekitarnya. Inilah beberapa jenis tanaman herbal yang mampu mengobati penyakit tubuh anda :

  1. Temulawak
Tanaman herbal temulawak

Khasiat yang dihasilkan dari tanaman ini dapat melancarkan sistem pencernaan, menjaga kesehatan hati, menyehatkan jantung, mengobati gangguan ginjal dan lainnya. Cobalah untuk mengaplikasikan tanaman ini dengan tanaman lain, pasti hasilnya akan lebih maksimal untuk menyembuhkan penyakit ini. Terdapat sebuah bagian dari temulawak yang sangat sering dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal, yaitu akar atau yang lebih sering disebut dengan rimpang.

  1. Belimbing wuluh
Tanaman herbal belimbing wuluh

Belimbing wuluh atau yang lebih sering dikenal sebagai belimbing sayur adalah salah satu tanaman herbal yang sering sekali anda jumpai disekitar anda, biasanya belimbing ini digunakan sebagai bumbu dapur sebab rasa asam yang dihasilkan oleh belimbing ini sangatlah kuat. Selain sebagai bumbu dapur, belimbing wuluh juga dapat diaplikasikan sebagai obat herbal yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit tubuh anda, seperti gusi berdarah, gondokkan, rematik, pegal linu, sariawan dan penyakit gigi lainnya. Banyak bagian dari belimbing wuluh yang dapat anda jadikan sebagai obat, seperti bunganya, buahnya, batang bahkan daunnya pun bisa.

  1. Daun beluntas
Tanaman herbal daun beluntas

Tidak heran jika sudah banyak orang yang kenal tanaman ini, tapi banyak juga orang yang belum tau apa manfaat dari tanaman ini. Daun beluntas adalah tanaman yang mempunyai banyak cabang dan lebih sering dijadikan sebagai pagar rumah. Selain itu, tanaman ini juga bisa digunakan sebagai obat penyakit keputihan, pegal linu, bau badan, bau mulut, perut kembung, rematik dan nyeri pinggang lho.

  1. Daun cincau
Tanaman herbal daun cincau

Tanaman yang sering diolah sebagai cendol ini juga memiliki beragam khasiat untuk menyembuhkan penyakit anda, seperti demam, radang lambung, types, diabetes melitus dan lainnya. Daun cincau dibedakan menjadi 2 macam, ada cincau hijau dan ada juga cincau hitam.

  1. Lidah buaya
Tanaman herbal lidah buaya

Banyak orang yang mengatakan bahwa lidah buaya adalah tanaman yang memilki sejuta manfaat, selain sebagai penghilang jerawat, merawat rambut tetap sehat, ternyata tanaman ini juga dapat mengobati sembelit, radang tenggorokan, diabetes dan penyakit jantung lainnya.

  1. Kumis kucing
Tanaman herbal kumis kucing

Tanaman yang bernama latin Orthosiphon Aristatus sudah lama dikenal sebagai tanaman herbal yang dapat meluruhkan kencing batu yang menyebabkan saluran kemih menjadi lancar. Selain itu tanaman ini juga dapat mengobati asam urat, rematik, masuk angin, hipertensi, diabetes dan batuk batuk. Apalagi jika anda bisa mengaplikasikan tanaman ini dengan takaran takarannya yang pas pasti anda bisa lebih banyak mengetahui khasiat yang lain.

  1. Daun jarak
Tanaman herbal daun jarak

Daun jarak atau yang lebih sering disebut tanaman apotik hidup ini sudah lama dikenal dapat menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari biji jaraknya, daun bahkan buahnya semua bisa digunakan sebagai obat herbal. Khasiat yang diberikan oleh daun jarak seperti, luka yang berdarah, rematik, jamur, bengkak karena luka, gatal gatal dan perut kembung.

  1. Daun dewa
Tanaman herbal daun dewa

Daun dewa adalah sebuah tanaman yang hidup di ketinggian 200-800 diatas permukaan laut, banyak masyarakat jawa yang menyebut tanaman ini sebagai daun sambung nyowo, sebab banyak penyakit kronis yang mampu disembuhkan oleh tanaman ini, seperti tekanan darah tinggi, kanker, daibetes melitus, wasir dan pendarahan.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply