5 Makanan Khas dari Jawa Timur

Posted on

Indonesia adalah salah satu Negara yang paling disukai oleh wisatawan asing dari seluruh dunia, salah satu yang disukai wisatawan tersebut adalah makanan khas yang sangat lezat dan enak. Hal ini tentu akan menambah nilai plus dari Negara Indonesia selain dari tempat wisatanya yang keren, ternyata juga terdapat bermacam nacam makanan khas yang rasanya sangat luar biasa.

Memang benar jika setiap wilayah Indonesia memiliki cita rasa khas tersendiri, salah satunya yaitu provinsi yang ada di Indonesia yang terdapat berbagai makanan khas yang enak adalah provunsi Jawa Timur. Kelihatannya provinsi ini mendapatkan perhatian yang khusus dari para pencinta kuliner di seluruh Indonesia, karena provinsi ini berada di jawa serta mempunyai makanan khas dengan rasa yang sangat lezat dan enak.

Jadi, jika kalian sedang berada di Jawa Timur, tidak salah jika kalian mencoba makanan khas Jawa Timur yang pasti rasanya enak dan lezat. Mungkin kalian sudah mengetahui beberapa makanan khas Jawa Timur ini, akan tetapi kalian juga mungkin belum pernah mengetahuinya. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya akan mengajak kalian untuk membahas 5 tentang makanan khas dari Jawa Timur antara lain:

  1. Bakso malang

Makanan khas Jawa Timur yang akan dibahas sekarang adalah sebuah makanan yang sudah sangat terkenal dengan kelezatannya yaitu Bakso Malang. Bakso Malang adalah salah satu makanan khas Jawa Timur yang wajib kalian coba. Makanan khas ini sudah dapat di temukan di banyak kota, sebab banyak pedagang yang menjual Bakso Malang dengan rasa yang khas dari Malang.

Memang benar bakso Malang adalah primadona makanan yang berbentuk bakso di seluruh wilayah Indonesia. Karena bakso dari Malang ini rasanya sangat berbeda dengan bakso bakso lainnya. Jika kalian berkunjung ke Malang jangan lupa untuk mencicipi bakso Malang ini.

  1. Gado gado

Makanan khas Jawa Timur selanjutnya adalah gado gado. Gado gado adalah salah satu makanan khas dari Jawa Timur yang disajikan dengan bumbu kacang yang sangat enak. Makanan ini sudah teruji kelezatannya. Gado gado ini adalah salah satu makanan favorit orang local akan tetapi banyak juga warga asing yang suka dengan makanan ini.

Makanan khas Jawa Timur ini bahkan dinilai makanan yang cukup sehat, karena beberapa bahan yang ada di dalam gado gado berupa tahu, tempe, sayuran, kentang, dan ketupat. Rasa enak yang adapat kita rasakan dari gado gado ini adalah saus kacang yang sangat enak. Jika kalian suka pedas kalian juga bisa menambahkan cabe saat proses pembuatan dari gado gado ini.

  1. Nasi tumpang

Makanan khas Jawa Timur selanjutnya adalah nasi tumpang. Makanan ini berasal dari Kediri yang mempunyai cita rasa yang lezat. Makanan ini menggunakan kuah yang dibuat dengan menggunakan sambal tumpang. Banyak orang orang yang bertanya Tanya tentang apa sih itu sambal tumpang?

Sambal tumpang adalah sabuah sambal yang dibuat dari tempe basi. Pembuatan dari sambal tumpang yaitu dengan cara memasak tempe basi bersama dengan ayam, yang menghasilkan rasa yang lezat. Banyak orang yang penasaran dengan rasa nasi tumpang ini, apakah kalian penasaran dengan makanan ini serta ingin mencicipinya?

  1. Soto Lamongan

 

Makanan khas jawa timur selanjutnya adalah soto Lamongan. Soto lamongan adalah makanan khas dari Jawa Timur yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Karena soto Lamongan ini mempunyai cita rasa yang sangat khas.

Biasanya soto Lamongan disajikan dengan dicampur koya, yang mana koya ini merupakan salah satu pelengkap dari soto Lamongan yang berupa bubuk gurih yang terbuat dari kerupuk udang dan bawang putih.

  1. Pecel lele

Makanan selanjutnya yang paling populer adalah pecel lele. Pecel lele adalah makanan khas dari Jawa Timur yang dibuat dengan cara menggoreng lele hingga menghasilkan rasa yang gurih. Setelah lele tersebut matang, barulah mencampur lele dengan sambal khas untuk pecel lele. Lalu dihias dengan berbagai lalapan seperti daun kemangi dan mentimun.

Sekian artikel yang dapat saya tulis tentang 5 makanan khas dari Jawa Timur semoga dapat bermanfaat untuk kalian, terima kasih.

Incoming search terms:

  • oleh oleh khas jawa timur
Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply