8 Tips Sederhana Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Mudah

Posted on

Mengatur keuangan rumah tangga adalah tugas seorang wanita, sebab wanitalah yang paling tau apa saja yang keluarga mereka butuhkan. Bekerja atau tidak, mereka akan tetap mendapatkan uang dari suami mereka dan sudah menjadi kewajiban mereka untuk mengaturnya sesuai kebutuhan keluarga mereka. Namun, ternyata masih ada beberapa wanita yang masih belum tau bagaimana cara mengatur keuangan keluarga dengan baik.

Cobalah dengan mencatat semua pengeluaran dan pemasukan kalian secara teliti, sebab biasanya seorang ibu pasti ingin tau kemana saja keuangan yang telah mereka keluarkan selama ini, seperti apa wujudnya? Selain itu, kalian juga bisa lebih menghemat dengan cara seperti ini, pasti kalian akan tau mana yang kurang bermanfaat hingga yang sangat bermanfaat untuk anda. oleh karena itu, cobalah beberapa tips untuk mengatur keuangan keluarga dengan baik ini :

Tips sederhana mengatur keuangan keluarga dengan mudah
  1. Menabung ketika awal gajian

Ini adalah saat yang tepat untuk menabung, sebab disaat seperti ini biasanya kalian tidak bisa mengontrol keinginan kalian untuk membeli ini itu, hal ini dikarenakan kalian melihat bahwa semuanya akan cukup cukup saja. Cobalah menyisihkan uang untuk menabung terlebih dulu dan sisanya kalian gunakan untuk kebutuhan kalian yang lainnya. Cobalah sekitar 30% dari hasil gajian kalian, apa salahnya mencoba? Mungkin bulan depan kalian bisa menabung lebih banyak lagi setelah kalian tau apa saja yang selalu kalian butuhkan sehari hari.

  1. Evaluasi harian

Walaupun terlihat seperti meremehkan, padahal mencatat semua pengeluaran dan pemasukan setiap hari sangatlah penting untuk anda. Kegiatan ini dapat mengantisipasi anda yang terlalu boros dengan uang akan berubah menjadi pengatur keuangan yang baik setelah anda tau mana yang benar benar dibutuhkan dan mana yang tidak terlalu dibutuhkan untuk anda.

  1. Tujuan keuangan

Tancapkan keinginan kalian selama ini, misalnya kalian ingin membeli motor atau mobil, tetapkan prinsip ini dalam kehidupan anda agar anda bisa lebih semangat lagi untuk menabung.

  1. Investasi uang

Sudah banyak jasa investasi uang yang ditawarkan dimana-mana, mulai dari bentuk pasar uang, saham, pendapatan tetap, syariah, campuran bahkan ada juga investasi dengan cara logam mulia. Oh ya, jangan gunakan tabungan 30% anda untuk investasi ini lho. Gunakan uang anda yang lainnya, biasanya ketika anda pergi ke mall membawa uang 400 pasti habis kan? So, cobalah yang lebih bermanfaat dan mendatangkan hasil ini.

  1. Coba pikirkan alternatifnya

Setelah kalian menentukan tujuan kalian untuk menabung, misalnya untuk membeli mobil tapi jika tabungan anda masih belum cukup, cobalah cari alternatif lainnya seperti mengambil dengan cara mengangsur atau mencicil. Coba tanyakan dulu berapa Dpnya dan cicilannya lalu pikirkan matang-matang dengan pendapatan anda dan tabungan anda selama ini.

  1. Kurangi pemakaian kartu kredit

Cobalah untuk tidak selalu mengandalkan kartu kredit anda, gunakan saja untuk beberapa transaksi tertentu dan jika sudah usahakan anda mengembalikan uangnya lagi kedalam tabungan anda.

  1. Apresiasi

Apa salahnya ketika anda sekeluarga sudah mulai jenuh dengan kegiatan sehari hari yang sangat menyibukkan, cobalah untuk mengadakan makan makan, pertemuan keluarga ataupun liburan sekeluarga. Pasti semua orang memiliki cara tersendiri untuk mengapreasisasikan kehidupannya masing-masing, tapi sesuaikan dengan kondisi keuangan kalian saat itu ya!

  1. Disiplin

Biasanya godaan seorang wanita adalah diskon, percaya atau tidak semua wanita pasti sangat tergiur dengan berbagai diskon apalagi diskon peralatan rumah tangga. Memang tidak salah jika anda membelinya tapi tetap sesuaikan dengan keuangan anda saat itu.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply