Waspada! Gejala Lupus dan Penyebab Penyakit Lupus yang Cenderung Menyerang Perempuan
Waspada! Gejala Lupus dan Penyebab Penyakit Lupus yang Cenderung Menyerang Perempuan

Waspada! Gejala Lupus dan Penyebab Penyakit Lupus yang Cenderung Menyerang Perempuan

Posted on

Hy sobat gedubar, Tahukah kamu apa itu lupus? Penyakit lupus yaitu peradangan kronis yang terjadi tatkala system kekebalan tubuh menyerang organ dan jaringan tubuh.  peradangan yang disebabkan lupus bisa berdampak pada berbagai system di dalam tubuh, diantaranya sendi, kulit, sel darah, ginjal, paru-paru dan jantung. Penyakit ini cenderung terjadi pada perempuan, meskipun tidak jelas penyebabnya. Ada 4 jenis lupus yakni systemic lupus erythematosus, drug-induced lupus erythematosus, discoid lupus erythematosus dan neonatal lupus. Diantara lupus tersebut yang paling umum dan paling serius adalah systemic lupus erythematosus. Dengan melakukan diagnosis dan perawatan terhadap lupus bisa memberikan perbaikan pada tubuh.  bagi mereka yang terjangkit penyakit lupus, perawatan membantu mereka bisa hidup lebih nyaman dan efektif.

Waspada! Gejala Lupus dan Penyebab Penyakit Lupus yang Cenderung Menyerang Perempuan
Waspada! Gejala Lupus dan Penyebab Penyakit Lupus yang Cenderung Menyerang Perempuan

Gejala penyakit lupus

Gejala lupus kerap datang dengan tiba-tiba atau berkembang secara perlahan, bisa ringan atau parah dan juga bisa bersifat sementara atau peramanen. Banyak dari mereka yang terkena lupus memiliki karakteristik episodic dengan tanda dengan gejala yang memburuk untuk sementara waktu lalu membaik atau bahkan hilang untuk sementara waktu pula.

Gejala lupus secara umum antara lain :

  • Merasa lelah
  • Demam tinggi
  • Berat badan tak stabil, kadang naik dan kadang turun
  • Munculnya ruam yang berbentuk semacam kupu-kupu pada wajah yang menutupi hidung dan pipi.
  • Timbulnya luka pada kulit dan semakin parah bila terkena sinar matahari.
  • Peradangan pada bagian mulut.
  • Rambut rontok parah
  • Kuku dan jari yang memutih atau membiru tatkala terkena dingin saat stress.
  • Terasa nyeri pada dada.
  • Mata menjadi kering.
  • Nafas pendek.
  • Kulit mudah memar.
  • Mudah merasa gelisah
  • Amnesia sementara, bahkan kalau parah bisa amnesia selamanya.
  • Depresi berlebihan.

Penyebab munculnya penyakit lupus

Lupus merupakan penyakit autoimun yang muncul tatkala tubuh terkena zat asing tertentu, seperti bakteri dan virus. Selanjutnya system imun ini juga menyerang jaringan tubuh yang sehat. Hal demikian menyebabkan peradangan dan kerusakan berbagai bagian tubuh, diantaranya kulit, sendi, paru-paru, jantung, pembuluh darah, ginjal dan otak.

dokter tidak mengetahui apa yang menyebabkan penyakit lupus ini. Lupus merupakan kombinasi factor genetic dan factor lingkungan. Banyak dari penderita lupus dari kecenderungan turunan, menagalami lupus hanya tatkala mereka terkena sinar sesuatu di dalam lingkungan yang bisa memicu lupus seperti virus dan bakteri.

Faktor resiko terkena penyakit lupus :

  1. Faktor Jenis

Pada umumnya lupus menyerang kaum perempuan

  1. Faktor Usia

Walaupun lupus bisa berefek pada semua usia termasuk bayi, anak-anak dan orang dewasa. Namun lupus paling umum menyerang pada mereka yang berusia antara 15 hingga 40 tahun.

  1. Faktor Ras

Umumnya lupus terdapat dan berasal dari ras afrika, asia, dan Hispanics.

  1. Faktor Sinar

Terkena sinar matahari bisa membawa pada lupus kulit atau memicu respon internal pada mereka yang memiliki kulit rentan terhadap penyakit.

  1. Faktor Obat

Obat tertentu digunakan dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan drug-induced lupus. Bnayak obat yang secara potensial bisa memicu penyakit lupus., sebagai contoh antara lain yakni antipsychotic chlorpromazine: obat hipertensi, seperti hydralazine: pbat tuberculosis isonoazid dan obat jantung procainamide. Biasanya memerlukan jangka waktu penggunaan dalam beberapa bulan sebelum gejala muncul.

  1. Faktor Terinfeksi virus Epstein-barr

Infeksi virus ini merupakan virus yang biasanya tertidur didalam sel dari system kekebalan tubuh penderita meskipun tidak jelas alasan mengapa dan apa yang membuat virus ini aktif kembali.

  1. Faktor Terkena zat kimia

Beberapa penelitian menunjukan bahwa mereka yang bekerja dan rentan terkspos merkuri dan silica mempunyai peningkatan resiko penyakit lupus. Factor merokok jug adapt meningkatkan resiko terjadinya penyakit lupus.

Nah sobat gedubar, itulah beberapa informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat  bagi kamu.

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply