Buah Dan Sayur
bio fresh fruits and vegetables

Makanan Beracun yang Tidak Banyak Diketahui

Posted on

Makanan beracunmakanan berracun ini dapat kita jumpai pada sebagaian tumbuhan.  Banyak orang yang tanpa sengaja meracuni dirinya sendiri, hal ini terjadi Karena memakan bagian tumbuhan yang salah. Tidak semua

bagian tumbuhan ini dapat di makan, karna ada beberapa tumbuhan yang pada bagian tertentunya yang tidak dapat di makan karna mengandung racun yang dapat mematikan. Berikut ini bebrapa tumbuhan yang tanpa kita sadari ternyata mengandung racun :

  1. Ceri

Ceri ini termasuk buah yang sangat popular. Tapi taukah anda, ceri ini mengandung racun  pada daun dan bijinya. Ketika biji dan daun ini di kunyah atau di gigit atau bahkan sedikit rusak . ini akan menghasilkan asam prusik yang mengandung racun berbahaya. Jika keracunan ini, dapat menimbulkan efek samping jangka pendek di antaranya : pusing, mual, bahakan bisa tidak sadarkan diri. Sedangkan efek samping jarak panjang dapat menimbulkan sesak napas, gagal ginjal dan tekanan darah tinggi. Tapi anda tidak perlu cemas dengan ini, karna yang beracun hanyalah daun dan bijinya. Jika tidak sengaja menelan biji buah ceri, hal ini tidak akan menimbulkan efek samping yang signifikan. Jadi ketika anda memakan buah ceri ini, pastika memakan buah yang benar – benar matang dan berwarna merah.

Buah Ceri

2. Kentang

Kentang ini mengandung racun pada bagian daun dan batangnya. Bahkan didalam buah kentang sendiri jika di biarkan terlalu lama akan berubah warna, menjadi warna hijau. Perubahan warna tersebut di karenakan adanya racun lifo alkaloid. Sebenarnya kentang ini tidak bercun, yang menyebabkan kentang ini beracun karna penyimpananya yang tidak benar. Jika kentang iini disimpan dalam keadaan basah atau dingin. Ini dapat bertahan lama. Namun jika di simpan di tempat kering dan terkena cahaya maka kentang iini akan berubah warna.

Kentang

3. Apel

 

Buah yang beracun selanjutnya adalah buah apel. Sama halnya dengan buah ceri, biji buah apel ini  juga mengandung zat beracun yaitu prusik. Namun kandungan prusik dalam buah apel ini lebih kecil di bandingkan buah ceri. Memakan biji buah apel dalam porsi sedikit tidak akan menimbulkan efek samping.Maka, ketika anda memakan buah apel ini usahakan jangan memakan biji apel terlalu banyak.

Selain bijinya, buah apel ini juga mengandung zat yang beracun yang berasal dari luar. Menurut penelitian apel ini merupakan urutan pertama sebagai tumbuhan yang tercemar pestisida. Pestisida ini ketika di makan akan menyerang pada syaraf sehingga dapat  mengakibatkan  kanker. Dan juga dapat mengakibatkan gangguan otak pada anak. Pestisida ini di hasilkan dari pembasmi jamur yang di semprotkan pada pohon apel.

Buah Apel
Buah Apel
  1. Tomat

Buah beracun yang terakhir yaitu Tomat. Tomat ini biasa di gunakan penamabh citra rasa pada masakan, minuman bahkan di makan secara langsung. Sama halnya seperti kentang, tomat ini memiliki zat yang beracun yang terdapat pada daun dan batangnya.

Buah Tomat
Buah Tomat

Gravatar Image

. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply