Sariawan Tak Kunjung Sembuh! Ini Nih Cara Alami Menanggulangi Sariawan
Sariawan Tak Kunjung Sembuh! Ini Nih Cara Alami Menanggulangi Sariawan

Sariawan Tak Kunjung Sembuh! Ini Nih Cara Alami Menanggulangi Sariawan

Posted on

Cara menyembuhkan sariawan di lidah dan di bibir bagian dalam merupakan satu diantara problem kesehatan pada rongga mulut yang banyak di alami. Sariawan sering diawali dengan peradangan pada daerah rongga mulut. Seperti munculnya bibir kering disertai bibir pecah-pecah. Sebenarnya sariawan adalah luka pada mulut yang berupa bulat cekung berwarna kemerahan dan juga terasa nyeri saat tersentuh makanan. Sariawan akan menyebabkan rasa yang perih sampai membuat kamu mengurungkan nafsu makan.

Sariawan Tak Kunjung Sembuh! Ini Nih Cara Alami Menanggulangi Sariawan
Sariawan Tak Kunjung Sembuh! Ini Nih Cara Alami Menanggulangi Sariawan

Penyebab munculnya sariawan     

Sariawan dalam bahasa medis dimaksud dengan stomatitis, yaitu satu pembengkakan atau peradangan yang terjadi di daerah seputar mulut dan ludah. Cara menyembuhkan sariawan yang baik yakni dimulai dengan mengetahui penyebab sariawan, sebagai berikut :

  • Kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, vitamin B 12, dan juga vitamin C yang berguna menjaga kesehatan mulut.
  • Mulut tergigit yang disebabkan makan terlalu cepat atau saat mengobrol.
  • Mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas atau terlalu asam.
  • Produk pembersih mulut yang tidak cocok seperti pasta gigi, pencuci mulut atau bulu siakt gigi yang tidak pas.
  • Dampak bakteri, sariawan dapat terjadi akibat bakteri yang telah ada saat penderita mengalami sakit tenggorokan atau penyakit lain, sehingga bakteri dengan mudah menjalar ke bagian mulut.
  • Dampak virus, sariawan ini di sebabkan oleh beberapa virus yang ada didalam tubuh, penyebabnya seperti demam pada kelenjar, herpes, dan juga penyakit mulut yang lain.
  • Dampak jamur, sariawan ini muncul kala seorang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah atau masalah kesehatan lain yang kemungkinan butuh penggunaan antibiotic dosis tinggi.
  • Sariawan ini juga bisa diakibatkan terdapatnya masalah dalam organ pencernaan, kekurangan vitamin, dan riboflavin.
  • Kebanyakan munculnya sariawan ini dari terjadinya luka pada mulut yang berulang-ulang, dan sang penderita yang masa bodoh terhadap kondisi ini, maka sariawan dapat muncul dengan mudah.

Biasanya sariawan dapt pulih dengan sendirinya, saat penyakit tersebut sudah berlansung selama 10 sampai 14 hari. Namun sariawan ini akan menyebabkan rasa ynag tidak nyaman disertai rasa nyeri saat bersntuhan dengan makanan.

Cara alami mengobati sariawan

Di jaman sekarang sudah banyak produk obat-obatan untuk menyembukan sariwan, namun langkah ini beresiko tinggi karena tak semua pdokuk sariawan menggunakan bahan-bahan yang aman. Bukanya sembuh malah memperburuk sariawan kamu?. Kamu pastinya tak mau mengalami kondisi ini bukan! Berikut ini cara penyembuhan sariwan secara alami. Yuk, check this out!

  1. Air kelapa muda

Ambilah air kelapa muda, lalu pakailah kumur dan bisa juga ditelan. Hal tersebut merupakan cara mengobati sariawan yang mudah kamu lakukan sekaligus lezat namun juga ampuh.

  1. Kulit batang jambu air

Ambilah kulit batang jambu air yang muda 10 gr. Lalu bersihkan kulit batang serta haluskan, setelah halus campurkan ½ gelas air mendidih, saring airnya dan pakai air saringan untuk kumur.

  1. Bubuk kopi

Ambilah bubuk kopi secukupnya lalu berikan pada mulut yang sariawan. Biarlah beberapa menit, lalu kumurlah dengan air. Lakukan hal ini sampai sariawan tak terlihat.

  1. Air garam

Ambilah garam secukupnya lalu campur dengan air masak, kumurlah dengan air garam ini 3 kali sehari. Garam mengandung cairan yang mampu menarik luka sariawan dan juga memperceapt pengobatan.

  1. Yogurt

Yogurt membantu keseimbangan bakteri pada mulut dan juga tubuh, hal ini bisa mempercepat pengobatan dan membantu menghindari sariawan.

  1. Bawang dan Pepaya

obat sariawan alami selanjutnya yakni kamu bisa menggunakan bawang merah/putih yang mentah, papaya / bubuk teh.

  1. Temulawak

Pada umumnya temulawak digunakan sebagai campuran jamu tradisional yang berguna untuk menambah nafsu makan. Namun ternyata temulawak juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati sariawan.

  1. Tomat

Cara mengatasi sariawan selanjutnya yakni dengan memanfaatkan tomat kamu dapat memakan tomat secara langsung atau dengan meminum jus tomat sebagai menanggulangi sariawan.

Oke sobat gedubar.! mungkin sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kamu.

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply