Cara Mudah Mengusir Nyamuk dengan Bahan Alami

Posted on
Nyamuk Berbahaya
Nyamuk Yang Mengganggu dan Berbahaya

Nyamuk merupakan salah satu serangga berbahaya yang berterbangan di sekitar kita, nyamuk dikategorikan serangga berbahaya karna dapat menimbulkan dan menularkan beberapa penyakit. Jika sekarang rumah anda menjadi sarang nyamuk dan anda ingin mengusirnya, anda tidak perlu menggunakan obat anti nyamuk pasaran karna ada beberapa bahan alami di sekitar anda yang dapat digunakan untuk mengusir nyamuk, di antara lain adalah:

1.Kulit Jeruk

Kulit jeruk tidak disukai nyamuk karna berbau wangi, maka dari itu kulit jeruk sudah sejak lama digunakan untuk mengusir nyamuk. Jika anda ingin mencobanya, caranya adalah taruh beberapa kulit jeruk kering di ruangan anda. Tunggulah beberapa saat,  nyamuk yang ada di ruangan anda akan segera terbang menjauh.

 2.Bunga

Sama halnya dengan kulit jeruk, nyamuk juga sangat tidak menyukai bunga karna berbau wangi. Ada beberapa macam bunga yang baunya tidak dapat ditahan oleh nyamuk yaitu bunga krisan, rosemary, lavender, dan bunga geramary. Anda cukup hanya menanam salah satu bunga tersebut di pot kecil dan letakkan di ruangan anda.

 3.Minyak Lavender dan Ragi

Anda bisa meracik sendiri obat nyamuk dari bahan alami dengan menggunakan minyak lavender dan ragi. Caranya: siapkan minyak lavender yang sudah dilarutkan dengan air sekitar 10% dari banyaknya minyak lavender, campur dengan ragi dan aduk sampai menjadi cairan. Masukkan cairan yang sudah jadi ke botol semprot dan semprotkan cairan tersebut ke ruangan anda.

4.Daun Serai

Cara menghilangkan nyamuk dengan serai adalah: blender serai dengan air sampai halus, lalu diamkan serai selama kurang lebih setengah hari. Setelah itu saring serai yang sudah didiamkan sampai yang tersisa hanya cairan saja. Masukkan cairan serai tadi ke dalam botol semprot dan semprotkan ke ruangan anda. Kalau cara di atas terlalu lama, anda bisa menggunakan ekstrak serai yang  berupa minyak.

5.Bawang Putih

Selain bau wangi, nyamuk juga sangat menghindari bau pedas dan kuat dari bawang. Cara mengusir nyamuk dengan bawang adalah: rebus beberapa siung bawang yang sudah dipotong kecil-kecil. Setelah cukup lama direbus, angkat dan masukkan air rebusan bawang tadi ke botol semprot lalu semprotkan ke ruangan yang menjadi sarang nyamuk. Jika anda tidak terlalu bermasalah dengan bau bawang, anda bisa langsung mengoleskan air rebusan bawang ke kulit anda.

6.Minyak Kayu Putih dan Lemon

Minyak kayu putih dan lemon mengandung zat aktif yaitu antiseptik dan penolak serangga saat dioleskan di kulit. Cara membuatnya adalah: campurkan minyak kayu putih dan tetesan lemon dengan perbandingan yang sama, lalu oleskan ke kulit anda.

7.Kapur Barus

Cara mengusir nyamuk dengan kabur barus adalah: masukkan beberapa butir kapur barus ke dalam gelas yang berisi air, letakkan gelas tersebut ke sisi ruangan yang biasanya menjadi sarang nyamuk.

8.Bubuk Kopi

Cara mudah mengusir nyamuk terakhir adalah dengan menggunakan bubuk kopi, caranya: taburkan bubuk kopi ke genangan air yang terdapat banyak jentik-jentik nyamuk. Jentik-jentik nyamuk akan terikat dengan bubuk kopi dan akan terangkat ke permukaan air. Cara ini bisa meminimalisir perkembangbiakan nyamuk di rumah anda.

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply