Inilah Beberapa Penyebab Kanker Usus.

Posted on

Tahukah anda apa itu penyakit kanker usus?  Penyakit kanker usus ialah suatu jenis penyakit kanker yang biasa menyerang usus besar ataupun menyerang bagian terakhir pada sistem pencernaan manusia. Penyakit kanker usus yang satu ini dapat diidap oleh segala usia loh guys, dan meskipun 90 persen itu penderitanya berusia di atas 60 tahun.

kenalilah penyebab kanker usus

Meskipun kebanyakan dalam kasus kanker usus ini biasanya berawal dengan membentuknya gumpalan-gumpalan sel yang berukuran kecil yang sering disebut dengan polip adenoma. Gumpalan ini kemudian akan menyebar secara tidak terkendali dengan seiring berjalannya waktu.

Dan adapun Penyebab penyakit kanker usus antara lain:

  • Adanya darah yang terdapat pada kotoran atau bahkan terjadi pendarahan di bagian anus.
  • Menurunya berat badan.
  • Nyeri ataupun kram terjadi pada bagian perut.
  • Perut akan terasa kembung.
  • Terjadi perubahan tekstur kepadatan kotoran.
  • Hilangnya nafsu makan.
  • Meningkatnya frekuensi buang air besar ataupun diare.

Semua gejala tersebut tidak akan semuanya dirasakan oleh si penderita penyakit kanker usus ini loh guys. Karena sebagai ada yang ia sering buang air besar dengan disertai darah pada kotorannya dan juga sebagian ada yang tidak disertai dengan darah, namun ia akan merasakan nyeri pada bagian perutnya. Untuk kejadian seperti ini anda segeralah periksa ke dokter jika anda merasakan gejala-gejala seperti itu di setiap harinya. Dan anda harus berwaspada juga jika merasakan gejala ini ketika anda sudah berada di dalam usia 50 tahun ke atas. Karena nantinya penyakit ini akan sangat beresiko bagi anda yang sudah berumur 50 tahun ke atas ini.

Penyebab kanker usus

Tahukah anda dengan terjadinya pertumbuhan sel yang ia berada di dalam area tubuh tertentu yang sifatnya tidak terkendali dan juga merusak ini merupakan penyebab terjadinya penyakit kanker loh. Karena pertumbuhan tersebut bermula di dalam gumpalan sel yang ia berada pada bagian lapisan usus dalam, dan kemudian akan menjalar dan juga akan menghancurkan sel-sel yang berada di dekatnya nanti, ataupun bahkan ia akan merusak hingga pada beberapa area tubuh anda nantinya.

Dan meskipun banak orang yang ia tidak mengetahui penyebab penyakit kanker usus ini, ada beberapa faktor berikut ini yang dapat meningkatkan resiko seseorang yang ia terkena penyakit kanker usus tersebut, antara lain:

  • Kekurangan serat.
  • Terlalu banyak mengkomsumsi daging merah.
  • Mengalami kelebihan berat badan atau yang sering kita ketahui dnegan nama obesitas.
  • Menderita diabetes.
  • Menderita sindrom Lynch.
  • Menderita suatu masalah genetik.
  • Menderita penyakit gangguan pencernaan.
  • Mengkomsumsi minuman beralkohol.
  • Berusia 60 tahun ke atas.
  • Kurangnya berolahraga.

Tahapan perkembangan penyakit kanker usus

Di dalam tahapan ini ada 4 tahapan  yang nantinya ia akan menentukan tingkat akan keparahan penyakit kanker usus itu, antara lain:

  1. Stadium 1, pada tahan ini kanker stadium 1 ini akan mulai tumbuh di dalam usus, namun pada stadium ini belum menyebar karena masih terhalang oleh dinding usus.
  2. Stadium 2, pada tahap ini kanker telah menyebar ke seluruh dinding usus, dan bahkan bisa menembusnya.
  3. Stadium 3, pada tahap ini kelenjar getah bening yang ia berada dekat dengan usus telah digerogoti oleh kanker.
  4. Stadium 4, pata tahap ini merupakan tingkatan kanker yang paling parah dari penyebaran akan kanker usus ini. Karena pada tahap ini kanker telah semakin jauh dan juga sudah menyebar dan akan menyerang ke organ-organ tubuh lainnya, misalkan menyerang pada hati dan juga pada paru-paru.

Peluang hidup akan penderita kanker usus

Peluang sembuh akan penderita penyakit kanker usus ini juga akan tergantung pada seberapa parahnya kanker yang sedang ia derita, apakah kankernya sudah menyebar pada saat terdiagnosis atau belum. Dan diperkirakan 80 persen penderita penyakit kanker usus ini masih memiliki peluang akan hidup, meskipun hanya satu tahun setelah ia terdiagnosis akan penyakit kanker usus ini.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply