Penyakit Mata Kuning
Penyakit Mata Kuning

9 Penyebab Mata Kuning dan Cara Mengatasinya

Posted on

Mata kuning merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karna adanya perubahan yang terjadi pada sklera mata atau bola mata yang awalnya memiliki warna putih berubah menjadi kuning. Dalam istilah medis mata kuning biasa disebut dengan Scleral Icterus yang menjadi gejala beberapa penyakit seperti gangguan pada organ hati dan empedu. Pada umumnya mata yang berubah warna menjadi kuning merupakan tanda bahwa penyakit-penyakit tersebut sudah parah dan masuk kategori mengehawatirkan.

Selain menjadi pertanda penyakit dalam, mata kuning juga biasanya menjadi pertanda penyakit yang disebabkan karna adanya masalah psikis seperti stress, kelelahan, kurang tidur, dan lain-lain. Oleh sebab itu, anda tidak boleh menganggap remeh apabila mata anda mengalami perubahan warna. Pada artikel kali ini saya akan mencoba untuk membagikan beberapa penyebab mata berubah warna menjadi kuning  dan cara alami untuk mengobatinya.

Berikut Beberapa Penyebab Mata Kuning:

  1. Gejala Penyakit Kuning

Gejala yang paling umum terjadi pada penyakit kuning ini adalah perubahan warna bola mata. Penyakit yang dalam bahasa medis disebut Jaundice ini merupakan salah satu penyakit yang menyerang organ hati. Umumnya para penderita penyakit kuning ini juga mengalami perubahan warna pada telapak tangan dan kaki. Dan apabila tidak segera ditangani, penyakit ini akan sangat membahayakan tubuh. Gejala lain penyakit kuning adalah penderitanya biasanya mengalami panas tinggi dan tidak dapat makan dan minum dengan baik (dia akan langsung muntah-muntah setelah menelan makanan, ini dikarenakan hati sudah tidak bisa berfungsi lagi untuk membunuh racun-racun yang ada dalam makanan).

Selain obat-obatan medis, ada beberapa bahan tradisional yang juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit kuning ini secara perlahan, di antaranya:

  • Bangle
  • Buah mengkudu
  • Daun kelor, daun keji beling, dan daun pare
  • Temulawak
  • Aur kelapa muda dan madu
  1. Gejala Sirosis Hati

Gejala penyakit kedua yang ditandai dengan sklera mata berubah menjadi kuning adalah penyakit sirosis hati. Penyakit sirosis hati merupakan penyakit yang disebabkan karna adanya kerusakan hati, penyakit ini menyerang jaringan-jaringan hati  sehinngga yang awalnya sehat menjadi tidak berfungsi. Dan apabila sirosis hati dibiarkan saja dan tidak segera ditangani, penyakit ini akan menjadi gagal hati. Penyakit sirosi hati umunya juga disebabkan oleh Virus Hepatitis B dan C, serta terus-terusan mengkonsumsi alkohol. Adapun gejala lain penyakit sirosis hati adalah:

  • Adanya tanda-tanda memar pada tubuh.
  • Tubuh selalu merasa letih.
  • Terjadinya pembengkakan pada bagian-bagian tubuh seperti kaki, sendi, dan perut.
  • Tidak nafsu makan.
  • Kulit terasa sangat gatal.
  • Berat badan mengalami kenaikan dan penurunan secara tiba-tiba.
  • Muntah darah (untuk kondisi yang sudah parah)
  1. Gejala Penyakit Batu Empedu

Penyakit batu empedu ini juga merupakan salah satu penyakit yang ditandai oleh prubahan warna pada sklera mata, penyakit ini menyerang kantung empedu pada hati. Biasanya orang yang menderita penyakit ini akan mengalami keram perut dan perut sering terasa sangat sakit. Penyakit batu empedu juga disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

  • Penurunan gerakan kantong empedu.
  • Kelainan genetika pada jaringan hati.
  • Penurunan fungsi kantong empedu yang tidak dapat mengkosongkan cairan empedu dengan baik.
  • Kadar kolesterol yang tinggi pada kantong empedu.
  • Diet yang terlalu ekstrim.
  1. Gejala Penyakit Kelainan Darah

Penyakit kelainan darah merupakan salah satu penyakit yang sampai sata ini belum ditemukan obat untuk menanganinya. Contoh penyakit kelainan darah yang sangat dikenal masyarakat adalah HIV AIDS, penyakit ini disebabkan karna adaya kelainan pada sel darah merah sehingga dapat dengan mudah pecah. Penyakit kelainan darah lain adalah Anemia Hemolitik atau yang dalam istilah sederhananya adalah penghancuran sel-sel darah merah yang terlalu dini, penyakit ini juga disebabkan karna mengkonsumsi obat dengan cara yang tidak benar.

  1. Mata Lelah

Salah satu penyebab psikis yang mengakibatkan perubahan warna bola mata adalah tubuh yang mengalami keletihan yang sangat parah. Hal ini biasanya disebabkan karna mata yang tidak segera diistirahatkan setelah melakukan banyak aktivitas, mata yang terlalu lama berada di depan layar elektronik seperti laptop, komputer, handphone, dan televisi, dan juga mata yang melakukan interaksi yang terlalu berlebihan.

  1. Waktu Istirahat yang Tidak Cukup

Dunia kesehatan sudah menganjurkan bahwa semua orang harus mencukupi waktu tidur yang mereka butuhkan, yaitu untuk usia 6 sampai 22 tahun dianjurkan untuk tidur selama 8 setengah jam perharinya, dan untuk usia 23 tahun ke atas dianjurkan untuk tidur selama minimal 7 jam perharinya. Waktu tidur yang tidak dapat kita penuhi juga menjadi salah satu penyebab warna bola mata berubaha menjadi kuning.

Beberapa Cara Pencegahan Mata Kuning Agar Tidak Semakin Parah:

  1. Mengkonsumsi Beberapa Tanaman Herbal

Tanaman herbal seperti temulawak dan mengkudu sangat baik untuk mengatasi mata kuning. Walaupun memerlukan waktu yang cukup lama, namun obat-obat herbal tersebut sangat aman untuk dikonsumsi dan tentunya tidak menimbulkan efek samping.

  1. Melakukan Pengecekan Kesehatan Secara Rutin

Apabila timbul gejala mata kuning, sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan anda ke dokter. Dan apabila tidak ditemukan penyakit yang berbahaya dalam tubuh anda, disarankan untuk tetap memeriksakan tubuh anda sampai warna bola mata anda kembali normal.

  1. Mengatur Pola Tidur dan Aktivitas dengan Baik

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk mengurangi terjadinya perubahan warna sklera mata adalah dengan mengatur pola tidur dan aktivitas dengan benar. Jangan sampai aktivitas sehari-hari anda terlalu berlebihan sehingga mengganggu waktu tidur anda. Bekerja di depan layar komputer disarankan hanya 10 jam sehari, karna jika mata kita berada di depan layar monitor komputer selama lebih dari 10 jam maka mata kita akan mengalami kelelahan yang sangat dan bis saja jaringa-jaringan mata kita juga akan rusak.

Semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply