Bencana Alam Terbesar di Indonesia Sepanjang Sejarah

Bencana Alam Terbesar di Indonesia Sepanjang Sejarah

Posted on

Posisi Negara Indonesia sesuai dengan letak geografisnya terdapat pada pertemuan antara 4 lempeng tektonik. Oleh karena itu, Negara Indonesia termasuk wilayah yang sangat rawan terjadi bencana. Pernyataan itu memang benar, sepanjang sejarah di Indonesia ada beberapa bencana alam terbesar yang dampaknya tidak hanya dirasakan oelh Indonesia melainkan juga dirasakan oleh Negara lain yang dekat dengan Indonesia. Berikut ini adalah beberapa bencana alam terbesar di Indonesia yang pernah terjadi sepanjang sejarah bangsa Indonesia yang tentunya juga mengakibatkan kerusakan cukup banyak dan korban jiwa cukup besar.

  1. Bencana Tsunami Ende, Flores-NTT
Bencana Tsunami Ende, Flores-NTT

Gempa bumi yang terjadi di lepas pantai utara bagian timur pulau Flores ini berkekuatan mencapai 7,8 SR. gempa yang terjadi pada ukul 05:29 GMT atau pukul 13:29 waktu setempat tepatnya tanggal 12 Desember 1992. Getaran yang dihasilkan akibat gemba ini juga terasa sampai pulau Bali. Tidak hanya gempa yang dahsyat, kejadian ini juga menyebabkan terjadinya tsunami. Pusat gempa terdapat di jarak sekitar 35 km barat laut Maumere yaitu kota terbesar yang ada di pulau Flores. Jumlah total dari korban jiwa yang meninggal dunia ada sekitar 2.000 orang. Selain korban jiwa kerusakan rumah yang dialami juga sangat merugikan yaitu terdapat sekitar 18.000 rumah yang rusak.

  1. Bencana Gunung Kelud Meletus, Kediri-Jawa Timur
Bencana Gunung Kelud Meletus, Kediri-Jawa Timur

Bencana alam akibat letusan gunung kelud yang terjadi pada tahun 1919 adalah letusan terdahsyat yang dihasilkan oleh aktivitas gunung Kelud di sepanjang sejarah. Orang yang meninggal dunia akibat peristiwa ini ada sekitar 5.160 orang. Letusan gunung kelud terjadi di tengah malam pada tanggal sekitar 19-20 Mei 1919. Letusan ini ditandai dengan suara dentumyang sangat keras. Bahkan, suara dentuman tersebut juga terdengar sampai Kelimantan. Kemudian hujan abu yang semakin menyebar ke arah timur karena tertiup angin. Akibatnya pengendapan abu ada di mana-mana.

  1. Bencana Gempa Bumi, Sumatera Barat
Bencana Gempa Bumi, Sumatera Barat

Gempa bumi yang terjadi di lepas pantai Sumatera Barat dengan kekuatan yang sangat tinggi mencapai 7,6 SR pada pukul 17:16 WIB tanggal 30 September 2009. Bencana alam ini juga menyebabkan kerusakan parah pada di beberapa wilayah yang ada di Sumatera Barat. Ada banyak korban yang meninggal yaitu sekitar 6.234 orang. Ara korban tersebut tersebar di tiga kota dan empat kabupaten yang ada di Sumatera Barat. Adapun korban yang mengalami luka berat sebanyak 1.214 orang, yang mengalami luka ringan ada sekitar 1.688 orang dan korban yang tidak ditemukan hanya satu. Sedangkan untuk kerugian akibat kerusakan yang terjadi ada sektar 135.448 rumah yang mengalami rusak berat, 65.380 rumah yang mengalami rusak sedang dan sekitar 78.604 rumah yang mengalami rusak ringan.

  1. Bencana Gempa Tektonik, Yogyakarta
Bencana Gempa Tektonik, Yogyakarta

Gempa yang pernah mengguncang kota Yogyakarta ini juga memakan banyak korban jiwa meskipun hanya selama 57 detik saja pada pukul 05:55 WIB tanggal 27 Mei 2006 yang berkekuatan mencapai 5,9 SR. namn, gempa yang pernah terjadi sepanjang sejarah ini menewaskan lebih dari 5.700 korban. Ada puluhan ribu orang yang terluka dan ratusan ribu rumah yang hancur akibat gempa. Posisi gempa sebenarnya ada pada jarak 25 km arah selatan-barat daya kota Yogyakarta. Karena kejadiannya di pagi hari belum banyak orang yang beraktivitas keluar rumah sehingga banyak korban yang terjebak di dalam rumah. Mayoritas korban adalah orang yang berusia lanjut dan anak-anak yang mungkin belum semat keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

  1. Bencana Tsunami, Nanggroe Aceh Darussalam
Bencana Tsunami, Nanggroe Aceh Darussalam

Inilah bencana alam tsunami terdahsyat sepanjang sejarah di Indonesia. Dampak yang tidak hana dirasakan oleh bangsa Indonesia saja melainkan juga dirasakan oleh beberapa Negara lain yang terkena imbasnya. Gempa bumi tektonik disertai dengan gelombang tsunami mencapai ketinggian hingga 35 meter ini berkekuatan dahsyat mencapai 8,5 SR terpusat di Samudera Hindia. Gelmbang dahsyat tersebut mampu melahap semuanya yang dilaluinya tidak terkecuali wilayah di Indonesia yaitu Aceh dan Sumatera Utara. Selain itu Negara lain yang juga terkena dampaknya adalah Bangladesh, Maladewa, Malaysia, India, Sri langka dan Thailand. Menurut PBB jumlah korban yang dihasilkan akibat bencana ini mencapai 127.672 orang dari 13 negara. Namun, untuk korban yang meninggal di Asia Tenggara, Asia Selatan dan Afrika Timur belum diketahui sebenarnya hanya diperkirakan sekitar 150.000 orang.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply