Stop Pamer! Ada Akibatnya Lho

Posted on

Akibat Sok Pamer

riya-itu-dosa
tanda-tanda riya’

Kata pamer mungkin tidak asing ditelinga anda akan tetapi apakah anda tahu bahwa pamer itu dosa, mengapa hal ini terjadi? Coba fikirkan dengan baik apakah suatu hal yang dosa itu patut untuk dilakukan? Saya rasa tidak karena disemua agama selalu menganjurkan untuk berbuat yang baik dan menghindari dosa, karena dosa akan membawa kita ke neraka. Pasti teman-teman semua tidak inginkan masuk kedalam neraka. Selain dosapun pamer jug dapat membahayakan diri anda sendiri, kenapa bisa begitu karena pamer adalah sifat yang tidak disenangi oleh tuhan kita. Nah disini saya akan memberitahukan apa akibat sok pamer.

Mendorong pada Riya’ dan Ujub

Riya’ adalah memamerkan sesuatu agar dia disanjung oleh orang lain. Ujub adalah membanggakan diri sendiri. Kedua hal inilah yang sering terjadi diantara petemanan karena seorang yang riya’ atau ujub agar dia merasa dialah yang paling hebat, sebenarnya tidak apa-apa membagikan kebahagian kita akan tetapi niatnya jangan sampai riya’atau ingin di puji oleh orang lain.

Merugikan Diri Sendiri

Kenapa merugikan diri sendiri? Karena mungkin banyak orang yang merasa iri dengan kebahagian yang anda pamerkan sehingga anda akan dicaci maki atau bahkan dibully oleh mereka, dan secara tidak sadar anda merugikan orang lain karena mereka akan berfikir untuk menyaingi anda dan untuk memamerkanya kepada anda sehingga akan terjadi pertengkaran.

Bisa Merusak Pertemanan atau Persahabatan

pertengkaran-sahabat
pertengkaran sahabat

Sering terjadinya pertengkaran dalam persahabatan yaitu karena ejek-ejekan, karena yang satu merasa paling hebat sehingga mengejek yang belum hebat atau bahkan tidak hanya mengejek bisa jadi menghina dan merendahkan, hal inilah yang memicu pertengkaran. Harusnya lebih diingat bahwa nikmat yang tuhan berikan kepada kita itu tidaklah sama.

Bisa Mendorong Orang Lain pada Dosa

Jika kita sering pamer maka akan mendapatkan dosa bukan hanya kita yang mendapatkan dosa tapi orang lain juga akan mendapatkan dosa karena iri atau dengki. Karena sifat iri atau dengki juga tidak disenangi oleh tuhan kita bahkan bukan hanya dosa iri atau dengki kita tidak akan tahu adakah dosa-dosa hati yang lainnya atau tidak.

Bisa Menjadikan Kita Kufur Nikmat Kepada Allah

Jika kita diberikan kenikmatan lebih oleh Allah maka hal yang seharusnya kita lakukan adalah bersyukur sebanyak-banyak bukan malah memamerkan apa yang kita dapat sehingga membuat orang lain iri. Kenapa bisa kufur nikmat? Karena ketika sudah pamer berarti sudah tidak bersyukur lagi kepada Allah itulah yang disebut kufur nikmat. Dan itu bisa menyeret kita masuk ke dalam neraka.

a
selalu bersyukur

Incoming search terms:

  • akibat tidak bersyukur kepada allah
  • pamer dosa
  • pamer riya
  • riya pamer
  • sifat riya
  • ujub penyakit hati
Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply