Taj Mahal, India
Taj Mahal, India

Tak Hanya Terkesan Mewah, Taj Mahal Juga Memiliki Sisi Keistimewaan Tersendiri.

Posted on

Sekarang ini siapa orang yang tak kenal dengan Taj Mahal? Karena bangunan kokoh ini ternyata sudah termasuk dalam deretan tujuh keajaiban dunia. Dan bahkan saking istimewanya Taj Mahal ini seorang pemenang nobel yang bernama Rabindranath Tagore menyebut Taj Mahal ini dengan sebutan “Setetes air mata yang telah jatuh di pipi sang waktu”. Karena melihat bangunan ini yang begitu kokoh berdiri di Agra, India.

Sebuah bangunan dari suatu makan yang dianggap suci dan dibangun dengan berhias marmer yang putih seolah menggambarkan kesan kemurnian, cinta, sekaligus rasa sakit ini dirasa tak ada satu bangunan di dunia-pun yang dapat menyerupai konsep dari Taj Mahal. Namun, tak hanya itu saja keistimewaan yang dimiliki Taj Mahal. Tetapi masih ada banyak lagi sisi keistimewaan lain yang dimiliki bangunan ini yang sangat jarang diketahui oleh banyak orang. Nah, berikut inilah beberapa keistimewaan lain yang dimiliki oleh bangunan termegah yang bernama Taj Mahal ini:

  • Taj Mahal merupakan lambang cinta yang diberikan oleh Shah Jahan kepada Mumtaz Mahal.
Lambang Cinta Shah Jahan Kepada Mumtaz Mahal
Lambang Cinta Shah Jahan Kepada Mumtaz Mahal

Keistimewaannya yang pertama ialah aslinya Taj Mahal yang dibangun oleh sang Kaisar Mugdal ini sebenarnya adalah sebuah lambang cintanya agar bisa mengingat mendiang istri yang sangat dicintainya yaitu Mumtaz Mahal. Meskipun Mumtaz Mahal aslinya adalah istri ketiga dari Shah Jahan namun rasa cinta Shan Jahan kepada Mumtaz Mahal ini begitu besar. Sehingga Mumtaz Mahal ini meninggal pada tahun 1631 setelah dari proses melahirkan akan keempat belasnya.

Di dalam legenda-pun dikatakan bahwa seorang permaisuri cantik inipun telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Shah Jahan. Sehingga setelah sepeninggalnya sang istri tak lama setelah beberapa bulan kemudian rambut dan jenggot Shah Jahan mulai tumbuh menjadi uban putih yang menandakan bahwa kematiannya juga akan segera tiba menghampirinya.

  • Dalam pembangunan Taj Mahal membutuhkan puluhan ribu pekerja.
Bangunan Dari Taj Mahal
Bangunan Dari Taj Mahal

Karena ukuran dari bangunan Taj Mahal ini begitu besar dan luas maka tak heran jika dalam masa pembangunannya Taj Mahal ini membutuhkan sekitar 20.000 pekerja yang terlibat. Para pekerja ini terdiri dari buruh bangunan, pemotong kayu, seniman bordir, pelukis, seniman kaligrafi, dan masih ada banyak lagi yang lain.

Sang arsitek dari Taj Mahal sendiri ialah seorang yang bernama Ahmed Lahauri, yan mana beliau membutuhkan sekitar lebih dari 1000 gajah untuk bisa mengusung semua batu-batu yang merupakan bahan untuk membangun Taj Mahal ini. Maka sudah tak heran bukan jika bengunan ini terkesan begitu megah dan kokoh.

  • Setiap bagian dari Taj Mahal dibangun menggunakan material yang mewah.
Material Dari Marmer Putih yang Mewah
Material Dari Marmer Putih yang Mewah

Tak heran jika Taj mahal disebut sebagai bangunan termewah yang ada di dunia, karena Taj Mahal ini menggunakan material yang mewah pada setiap bagiannya. Yang mana seluruh bagian tembok dari bangunan megah ini dibangun dengan menggunakan bahan marmer putih.

Namun, marmer putih ini bukanlah marmer biasa melainkan marmer dengan kualitas nomor satu yang didapat dari beberapa negara yaitu Afganistan, Tibet, dan Tiongkok. Tak cukup dengan hal yang itu saja, sang kisar pula juga menambahkan beberapa batu mulia lain untuk dapat menghiasi kemewahan marmer tersebut.

  • Terdapat banyak sekali prasasti yang terbentuk di dalam ukiran kaligrafi yang menghiasi Taj Mahal.
Kaligrafi Di Dekat Makam Mumtaz Mahal
Kaligrafi Di Dekat Makam Mumtaz Mahal

Dikarenakan Taj Mahal ini adalah sebuah maha karya indah yang didedikasikan untuk tempat penghormatan dari sang permaisuri yaitu Mumtaz Mahal. Maka dengan begitu akan banyak sekali prasasti dalam bentuk ukiran kaligrafi yang menghiasi setiap sudut interior maupun eksterior dari bangunan ini.

Bahkan tulisan yang meghiasi bagian makam dari Mumtaz Mahal ini merupakan sebuah kaligrafi yang berisikan kalimat pujian kepada dirinya. Dan selain itu juga, di samping dari makam sang permaisuri ini juga bertuliskan 99 jumlah dari nama Allah.

  • Taj Mahal telah menjadi bangunan paling simetris yang pernah ada di dunia.
Taj Mahal Terlihat Begitu Simetris
Taj Mahal Terlihat Begitu Simetris

Keistimewaan Taj Mahal yang terakhir adalah bangunan ini telah dinobatkan menjadi sebuah bangunan yang paling simetris di dunia. Hal ini dapat terjadi karena dilihat dari struktur bangunan ini yang memiliki empat sisi identik yang sangat sempurna. Ini dapat terjadi berkat ketelitian dari sang arsitektur yang mana beliau menerapkan perinsip replikasi dan simetri ke dalam sisi geometrid dan arsitekturnya.

Jika diperhatikan dengan jelas maka separuh dari bangunan ini akan menjadi suatu cermin dari sisi bangunan yang lain. Namun, letak perbedaannya di dalam bangunan ini mempunyai dua buah makam yang berbeda. Yaitu dua buah bagian yang membedakan antara makam untuk laki-laki dan makam untuk perempuan. Tak hanya itu saja empat menara yang dibangun menjorok keluar agar tak menimpa struktur utama bangunan jika ambruk ini juga menambah kesan keistimewaan yang dimiliki Taj Mahal.

Itulah tadi beberapa keistimewaan yang dimiliki Taj Mahal. Jika menurut kamu Taj Mahal ini juga memiliki sisi keistimewaan yang lain, kamu bisa menambahkannya sendiri di kolom komentar. Cukup sekian yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Selalu tertarik akan sesuatu yang baru, Terobsesi untuk mengetahui perkembangan dunia, dan Selalu bercita-cita untuk sekses dengan usaha sendiri.

Leave a Reply