Tips Agar Hidup Hemat

Belanja Bulanan Membengkak? Ini Nih Cara Supaya Kamu Lebih Hemat Dari Sebelumnya!

Posted on

What? Belanja bulanan membengkak? Terus bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Memang gagal berhemat merupakan hal yang sangat menjengkelkan. So, kali ini saya kan memberikan tips untuk kamu tentang bagaimana cara menghemat uang bulanan kamu supaya pengeluaran yang dilakukan tidaklah membengkak.

Hidup Boros? Ayo Berhemat
Hidup Boros? Ayo Berhemat
  1. Belanja sesuai kebutuhan kamu saat itu

Saat setelah kita mendapatkan uang bulanan, terkadang menjadikan kita lupa daratan untuk membelanjakan semuanya. Sehingga barang yang sebenarnya tidak perlu untuk dibeli, akhirnya menjadi terbeli. Nah, mulai saat ini cobalah untuk berbelanja bijak, yaitu hanya membeli barang barang yanng memang benar-benar dibutuhkan saja. Jangn mudah tergoda dengan membeli barang-barang keinginan.

Berbelanja Sesuai Kebutuhan Saat Itu Juga Sangatlah Membantu
Berbelanja Sesuai Kebutuhan Saat Itu Juga Sangatlah Membantu
  1. Rajinlah untuk mensurvei harga tempat makan

Hemat nggak menutup kemungkinan untuk makan enak kok, dengan hal ini kamu bisa makan enak tanpa harus menguras kantong kamu. Syaratnya jangan malas untuk melakukan survei harga makanan. Kamu bisa melakukan survei dengan membaca blog-blog yang sudah tersedia, atau kamu bisa bertanya kepada orang tentang tempat makan tersebut. So, kamu tetap akan bisa makan enak, murah, dan pastinya tetap update.

  1. Tentukan secara pasti hari apa kamu akan mengembil uang

Kamu selalu mengambil uang dia ATM setiap hari? Ubahlah kegiatan tersebut. Kenapa? Karena itulah yang membuat uang kamu semakin menipis. Kondisikan untuk selalu mengontrol penarikan uang. Nah, untuk itu tentukan hari apa saja kamu harus mengambil uang, agar keuangan kamu lebih terkendali dan tidak membengkak. Percaya deh, pastilah kamu akan lebih hemat dari sebelumnya.

  1. Cucilah baju sendiri

Nah, kamu jangan meremehkan mencuci baju. Mencuci baju sendiri itu lebih efektif untuk menghemat uang yang kamu miliki. Bayangkan saja jika kamu laundry, kamu paling tidak harus menyediakan uang 150 ribu rupiah per bulannya. Coba bayangkan uang 150 ribu rupiah itu tidaklah sedikit, mungkin bisa dibuat untuk belanja yang lain yang lebih kamu butuhkan saat itu. Dan juga anggaplah bahwa mencuci juga akan memperkuat otot lenganmu, hitung-hitung sih olahraga.

Mmencuci Baju Sendiri Juga Akan Sangat Menghemat Uang Bulananmu
Mmencuci Baju Sendiri Juga Akan Sangat Menghemat Uang Bulananmu
  1. Jangan tergoda diskon

Bagi kamu penggila belanja, mulai sekarang mendingan kamu harus mengurangi kebiasaan kamu yang ini. Karena apa? Karena dengan kamu gila belanja kamu akan mudah tergoda dengan diskon-diskon yang menggiurkan, membuat kamu selalu ingin belanja lagi dan lagi. So, daripada membeli barang yang sebenarnya nggak penting walapun itu diskon mending uangnya ditabung untuk dibelikan kebutuhan yang lebih penting dari itu semua.

  1. Nggak usah malu beli barang bekas

Gengsi? Udah nggak jaman kali. Kamu jaman sekarang hidup ngandelin gengsi kamu nggak akan bisa hidup. Untuk itu jangan malu untuk membeli baranng bekas. Karena belum tentu barang bekas memiliki kualitas yang buruk. Barang bekas itu lebih murah, jadi jika kamu ingin menghemat pengeluaranmu jangan pernah malu untuk membelikan barang bekas. Selagi barang itu masih bagus dan masih bisa dipakai kenapa harus malu?

Nggak Usah Gengsi Beli Barang Bekas Jika Memang Barang Itu Masih Layak Digunakan
Nggak Usah Gengsi Beli Barang Bekas Jika Memang Barang Itu Masih Layak Digunakan
  1. Berpuasalah

Berpuasa selain menjadikan badan lebih sehat, juga bisa menjadikan dompet lebih sehat. Sudah hemat, sehat, dapat pahala juga. Tapi tetap saja semua harus diniati karena Allah, jangan diniati untuk menghemat larena itu akan menghilangkan pahala kamu. So, rutinlah untuk melakukan puasa senin kamis, itu sudah cukup membantu kamu dalam menghemat uang jatah kamu selama sebulan.

Nah, itu dia beberapa hal yang dapat membantu kamu supaya lebih hemat dan pengeluaranmu akan lebih terjaga dan tidak membengkak. Hidup hemat mulai sekarang agar kamu tidak menyesal di masa depan. Good Luck!

Gravatar Image
Mimpimu hari ini akan menjadi kenyataan di hari esok. Inilah prinsip yang saya pegang sampai sekarang dan memacu semangat saya supaya terus berkembang..Tetap semangat jadi yang terbaik diantara yang baik baik

Leave a Reply