olahraga yoga
olahraga yoga

Manfaat Yoga Bagi Kesehatan

Posted on

Senam Yoga merupakan salah satu olahraga yang membutuhkan ketenangan, konsentrasi, dan kondisi tubuh yang  santai atau rileks di saat melakukannya . Yang mengkombinasikan bagian tubuh. Gerakan Yoga ini telah ada kira – kira 2000 tahun sebelum Masehi. Yoga sendiri berasal dari bahasa sansekerta, yang didalamnya mengandung arti memusatkan konsentrasi dan pikiran agar dapat mengendalikan panca indra.

Olahraga Yoga
Olahraga yoga

Di Indonesia, yoga mulai di kenal pada tahun 1990- an. Banyak orang yang meminati olahraga ini, karna memiliki manfaat yang saangat banyak. Tanpa harus mengeluarkan kekuatan fisik yang berlebih.

Olahraga ini dapat di lakukan oleh semua  umur, teutama pada ibu hamil, para manula, dan orang – orang yang mempunyai  berbagai gangguan  kesehatan lainnya.

Manfaaat berolahraga  yoga :   

  • Dapat mengurangi dan mencegah stress

Karna, ketika anda melakukan yoga ini memerlukan ketenangan, sehingga bisa mengurangi beban pikiran. Ketika anda melakukan ini anda akan di bawa kealam relaksasi. Sehingga pikiran negative akan keluar dengan sendirinya.

  • Sebagai media relaksasi.

gerakan-gerakan yoga ini merupakan bentuk gerakan tubuh dan anggota badan secara perlahan-lahan. Gerakan yang seperti ini membuat tubuh menjaadi rileks.  selain itu, biasanya pada saat melakukan yoga diiringi dengan music yang bertempo lambat atau bisa juga hembusan angin dan suara aliran air, yang membuat anda menjadi sangat rileks.

  • Dapat Menambah stamina.

Pernapasan serta gerakan – gerakan tubuh  yang di lakukan secara teratur dan rutin akan membuat stamina anda bertambah.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh.

yoga juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang menyerang daya tahan tubuh anda.

  • Menjaga kebugaran tubuh.

Dengan melakukan olahraga  ini, secara otomatis anda akan merasakan sehat dan lebih bugar. Ini di karenakan, selain  tubuh yang ter-relaksasi dan juga gerakan – gerakan yoga ini menstimulasi tubuh anda agar bergerak aktif sehingga tubuhakan menjadi lebi sehat dan bugar dari sebelumnya.

  • Mengembangkan emosi positif

ketika anda melakukan yoga, anda lebih mudah untuk mengatur emosi, terutama emosi negative, nah ketika emosi negative ini keluar. Otomatis emosi positif akan muncul, seperti tersenyum, bahagia, senang, tertawa dan sebagainya. Hal ini timbul di karenakan proses relaksasi yang di lakukan pada saat yoga.

  • Dapat melancarkan peredaran tubuh.

yoga dapat melancarkan peredaran darah, hal ini dapat membantu anda untuk terhindar dari penyakit. Misalnya : penyakit penyumbatan pembulu darah dan penyakit jantung.

  • Dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Ketika anda melakukan yoga, anda memerlukan konsentrasi yang tinggi agar dapat melakukan gerakan – gerakan yoga yang benar dan baik. Konsentrasi  dapat meningkatkan daya ingat seseorang. Ketika anda dapat melakukan konsentrasi maka secara otomatis daya ingat anda akan menjadi lebih baik.

  • Baik bagi ibu hamil.

Melakukan yoga secara rutin sangat baik untuk ibu hamil, yang dapat membantu sang ibu agar lebih rileks saat melakukan persalinan.

Besar sekali dari melakukan gerakan yoga ini, meski terlihat sederhana ternyata memiliki manfaat yang besar untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Jika Anda memiliki waktu senggang tidak ada salahnya mencoba gerakan yoga ini.

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply