Tips-tips Foto Di Bawah Air

Tips Mengambil Foto Di Dalam Air Menggunaka Action Camera

Posted on

Bagi kawan-kawan yang suka  memotret ada kabar gembira buat kalian karena aku akan memberikan beberapa tips/cara memotret di dalam air dengan baik.

Foto Di Bawah Air
Foto Di Bawah Air

Split underwater atau foto di bawah air yang sekarang ini sedang sangat populer di kalangan para pecinta fotografi. Foto dua alam di dalam satu frame ini bisa sangat membuat foto kawan-kawan akan lebih menarik. Tentu saja ada beberapa cara/tips yang bisa kawan-kawan gunakan agar foto kawan-kawan lebih keren. Berikut beberapa cara yang bisa kawan-kawan gunakan !

  1. Siapkan peralatan

Sebelum memulai untuk memfoto, kawan-kawan lebih baiknya menyiapkan beberapa peralatan seperti action camera dan juga aksesoris yang mendukung untuk memfoto di bawah air. Hal ini untuk membuat kamera tetap terjaga dan tidak terkena air. Selain itu foto akan jauh lebih indah dan semakin menarik jika semakin lengkap aksesoris yang kawan-kawan bawa maka akan semakin banyak kreativitas yang dapat dilakukan sehingga kinerja action camera kawan-kawan lebih maksimal dan mengagumkan. Terkadang kita butuh mengambil view yang berbeda, hal ini pastinya membutuhkan perubahan baik itu dalam pengaturan ataupun posisi kamera, hingga aksesoris lainnya dibutuhkan. aksesoris berbeda dapat membuat view berbeda pula serta kesan yang berbeda pula.

  1. Tes Menggunakan tisu

Sebelum kawan-kawan memasukkan Action Camera ke air, ada lebih baiknya gunakan tisu terlebih dahulu untuk memastikan bahwa housing tidak mudah rembes air. Pastikan semuanya kedap air. Tutup rapat housing terlebih dahulu tanpa ada action camera di dalamnya. kemudian masukkan kedalam air dengan kedalama secukupnya atau sekitar 30 m. setelah itu angkat kembali housing dari dalam air, buka housing tersebut.  yang harus kawan-kawan lakukan mengambil selembar tisu kemudian lap bagian dalam housing. jika tisu yang kawan-kawan lapkan ke bagian dalam housing basah berarti housing anda ada kebocoran dan tidak aman untuk di selipkan kamera dan memotret di bawah air.

  1. Memastikan suhu

maslah di atas sebenarnya bisa di atasi dengan menggunakan alat anti fog. Anti fog ini berfungsi untuk menghilangkan embun saat kalian menggunakan Action camera di bawah air. benda ini sangat kecil mungkin hampir seperti kapas yang sedikit padat.

  1. Lakukan percobaan

Jangan langsung mengambil gambar yang kawan-kawan inginkan. Ada lebih baiknya lakukan percobaan dan latihan terlebih dahulu. untuk menguasi cara penggunaan.Saya sarankan untuk mencobanya di kolam renang sebelum kawan-kawan memulai liburan. Sehingga kamera sudah terbiasa dan kawan-kawan sudah terlatih. karena di kolam renang rumah sepertinya lebih aman dan anda akan lebih cepat menguasai cara pemakainnya. jika kalian langsung membawanya liburan dan diajak bekerja menangkap gambar atau video itu terlalu beresiko. gelombang dan tekanan yang di sana tidak seramah di kolam rumah. bahkan jika kalian memaksa memungkinan dapat membahayakan kamera kesayangan kalian.

  1. Hindari bintik-bintik air

hal lain yang terkadang tidak disadari saat bermain action camera di air adalah bintik air. saat kita menyelam di kedalaman air dan terlalu senang terkadang kita lupa melihat bagian depan lensa atau housing action kamera saat kita di permuakaan. terkadang masih ada sisa bintik air yang menempel disana, dan ini sangat menggangu view yang akan kita ambil di permukaan. Untuk mendapatkan foto yang bagus, pastikan bahwa lensa dome sudah terhindar dari bintik-bintik air. Jika terdapat bintik air, gunakan sabun bayi agar bintik air hilang. Untuk mengatasi hal ini kalian harus sabar dan jangan tergesa-gesa.

  1. Harus bisa berenang

Jika kawan-kawan ingin mengambil split underwater, hal mendasar yang harus kawan-kawan ketahui adalah berenang. Hal ini untuk membuat foto agar lebih bagus di dasar air yang cukup dalam. misalkan kawan-kawan berenang di laut. biasanya semakin dalam kalian menyelam maka semakin besar persentase yang akan dapatkan tentang hal menakjubkan yang ada di sana. ada bebagai keindahan layaknya terumbu karang dan ikan unik yang dapat menjadi objek berbeda bagi kalian. namun hal ini tidak dapat dilakukan jika kalian tidak dapat berenang. karena mungkin anda hanya akan terapung dengan pelampung tanpa dapat menikmati keindahan dibawah kedalaman laut.

  1. Fokus pada obyek tertentu

Ketika ingin mengambil gambar, kawan-kawan aku sarankan untuk fokus di area atau objek yang ingin kawan-kawan abadikan dengan action camera. Hal ini untuk menghasilkan gambar yang jernih dan jelas serta tidak blur.jika kita hanya sekedar membawa action camera tanpa bisa fokus pada objek yang kita ambil akan menyebakan kurang maksimalnya hasil tembakan. mun gkin karena tamak menganggap semua yang sedang terjadi perlu di abadikan kita kehilangan fokus hingga momen berharga anda sama sekali tidak ada yang tertangkap dengan jelas. jika memang banyak objek yang harus di abadikan lebih baik selesaikan satu persatu dengan maksimal.

  1. Rileks

Salah satu tips yang bias di gunakan agar gambar menjadi lebih bagus adalah rileks. Jangan terlalu grogi jika tidak, maka grogi bisa membuat foto yang Anda abadikan bisa buram. Usahakan rileks dan menikmati suasana di bawah air tersebut. karena gugup akan menghasilkan gambar yang tidak bagus. gugup biasanya akan membuat tangan kita bergetar dan ini tidak baik bagi action camera yang hanya menggunakan mount biasa yang tanpa di lengkapi stabilizer yang cukup canggih. bukankah tujuan kawam-kawan bersenang-senang dan mengabadikannya kenapa harus gugup, kalian tidak sedang di medan perang. Ayolah Have fun.

  1. Ambil kala siang hari

Untuk mendapatkan split undewater, waktu yang pas adalah siang hari tapi jika kalian lebih suka malam hari itupun juga bisa asalkan dengan aksesoris/alat pendukung . Pasalnya di siang hari sinar matahari bisa membantu kawan-kawan untuk mendapatkan foto yang terang dan cerah. seperti kita ketahui bahwa kelemahan action camera adalah di cahaya rendah. ini akan menjadi masalah besar bagi kualitas jepretan kalian. noise tidak bisa dihindari saat kalian mengambil di cahaya rendah seperti . mungkin flash ekternal cukup membantu namun jika diperhatikan kembali hal itu tidak cukup untuk menghasilkan gambar atau video sejernih di kala siang hari.

Semoga beberapa trik/cara dariku dapat membuat kalian mendapatkan hasil sesuai yang kalian inginkan. Jika ada kesalahan dalam menulis mohon untuk di maklumi yaa… Sampai jumpai di artikel yang lain.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang penuh akan keingintahuan dan ingin mencobanya. walaupun aku belum bisa melakukannya, maka aku tidak akan pernah menyerah untuk selalu mencobanya sampai berhasil. jika kalian tertarik ingin berbagi pengalaman/ilmu denganku silahkan berhubungan dengan saya... :)

Leave a Reply