8 Manfaat dan Kandungan Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil

Posted on

Kacang hijau yang bernama latin Vigna Radiata adalah tumbuhan kacang-kacangan yang berprotein tinggi, tumbuhan ini dapat diolah menjadi berbagai masakan sedap yang pastinya sering anda jumpai. Rasanya yang khas dengan kandungan nutrisi yang banyak memiliki manfaat untuk tubuh anda, pasti sangat dibutuhkan untuk perkembangan tubuh anda. Selain diolah menjadi berbagai makanan, kacang hijau juga memiliki manfaat khusus untuk para ibu hamil.

Beberapa kandungan kacang hijau yang memiliki manfaat untuk tubuh anda :

  • Karbohidrat

Kacang hijau mengandung sekitar 19-100 karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh anda, tubuh akan mencerna makanan lebih lama dari biasanya tapi energi yang dihasilkan tetaplah seperti biasanya, oleh karena itu anda akan merasakan kenyang yang cukup lama walaupun anda hanya mengkonsumsi kacang hijau.

  • Protein

Kandungan protein sangatlah penting untuk tubuh anda, apalagi jika digunakan untuk membentuk otot dan sel tubuh anda. Selain itu masih banyak manfaat dari kandungan protein kacang hijau, seperti menangani rambut rontok, menyembuhkan luka dalam jangka waktu yang cepat.

  • Vitamin

Kacang hijau memiliki banyak kandungan vitamin untuk tubuh, seperti vitamin B1 yang digunakan untuk memaksimalkan kerja syaraf dan meningkatkan nafsu makan, vitamin B2 berguna untuk memudahkan pencernaan protein, vitamin A dapat membantu penglihatan mata lebih maksimal dan vitamin C yang berfumgsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah terkena kanker.

  • Serat

Kandungan serat dari kacang hijau sangatlah penting untuk mengatasi penyakit sembelit.

  • Lemak

Kandungan lemak tak jenuh pada kacang hijau dapat menyehatkan jantung anda.

  • Asam folat

Bagi wanita hamil, kandungan asam folat sangatlah penting untuk tubuh mereka, asam folat berkembang untuk membentuk sel darah merah dan membantu perkembangan janin anda.

  • Mineral

Kandungan mineral dari kacang hijau sangatlah penting dalam pertumbuhan tulang dan perkembangan tulang anda.

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil

Inilah beberapa khasiat kacang hijau untuk ibu hamil :

  1. Pasokan energi

Pasti ibu hamil membutuhkan tenaga lebih untuk melakukan aktivitas kesehariannya, kandungan karbohidrat dari kacang hijau dapat memberikan energi yang cukup untuk si bunda.

  1. Asupan nutrisi dan gizi

Mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi sangatlah penting untuk ibu hamil, selain gizi yang digunakan untuk kebutuhan tubuhnya sendiri juga digunakan untuk menjaga janin agar tetap sehat. Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh kacang hijau sudah diperkaya mampu membantu si ibu untuk memenuhi kebutuhannya dan janinnya selama mengandung.

  1. Melancarkan pencernaan

Banyak ibu hamil yang sering merasakan sulit ketika hendak BAB, hal ini terjadi dikarenakan kurangnya kandungan serat yang dikonsumsi oleh si ibu. Selain kesulitan BAB, biasanya kekurangan asupan serat dapat menggangu sistem penyerapan ibu hamil.

  1. Mencegah terjadinya kecacatan

Kurangnya kandungan asam folat ketika hamil dapat menyebabkan bayi yang dilahirkan menderita cacat, seperti bibir sumbing dan kelainan jantung.

  1. Mencegah gangguan tulang

Zat besi yang dikandung oleh kacang hijau dapat membantu perkembangan janin dan mencegah terjadinya ostheoporosis.

  1. Mencegah anemia

Terjadinya gejala anemia ketika anda sedang hamil, sangatlah fatal bagi kandungan anda. Keguguran atau pendarahan yang terjadi ketika anda sedang melahirkan akan terjadi jika selama mengandung anda kekurangan asam folat dan vitamin B1 dan B2.

  1. Mencegah lahirnya bayi prematur

Banyak faktor yang dijadikan sebagai penyebab lahirnya bayi prematur dalam kehidupan ini, seperti ibu yang menderita anemia dan janin yang kurang sehat. Semua ini bisa ditangani dengan mengkonsumsi vitamin A selama masa kehamilan.

  1. Mencerdaskan janin

Kandungan asam folat dari kacang hijau dapat membantu perkembangan otak didalam janin anda, membuat janin anda lebih cerdas dan mencegah terjadinya kecacatan.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply