12 Tips Cara Membeli Motor Bekas

Posted on

Mungkin anda mempunyai motor itu adalah sebuah kewajiban, meskipun anda harus kredit ataupun anda harus membeli motor yang bekas. Untuk hal yang satu ini tidak menutup kemungkinan pastinya hampir semua keluarga sekarang itu sudah banyak yang mempunyai kendaraan sepeda motor tersebut. Karena sepeda motor sendiri ini sudah menjadi suatu kebutuhan primer guna melakukan aktivitas dalam kegiatan sehari-hari tentunya. Ntah itu untuk bekerja, mengantar anak pergei ke sekolah dan masih banyak lagi tentunya. Oke guys, dan disini saya akan membagi beberapa tips mengenai bagaimana sih cara membeli motor bekas dengan baik, agar anda juga bisa mendapatkan kualitas barang yang baik pula.

jangan lupa mengecek semua kondisi motor yang akan anda beli nantinya

Oke guys, jika anda ingin mempunyai sebuah motor bekas dan anda ingin membeli motor tersebut dan juga bisa mendapatkan kondisi motor itu dnegan baik, dan mungkin dalam hal seperti ini tidaklah semua orang bisa melakukannya dan juga bisa memilihnya loh guys. Dan akan tetapi di zaman sekarang ini sudahlah sangat berbeda dengan zaman dahulu, dimana semua harga hampir semuanya sudah naik, dari mulai harga sembako, kebutuhan sehari-hari, harga bahan bakar. Di dalam kondisi yang seperti ini anda juga perlu mempertimbangkan hal ini, guna bisa membeli sebuah motor yang baru, tapi jika anda ingin sedikit mengirit uang, anda bisa ko memilih untuk membeli motor yang bekas dibandingkan anda membeli motor yang baru.

Dan oleh karena itu, pilihlah motor bekas dengan tepat yah guys. Carilah motor bekas yang sesuai dengan keadaan kantong anda tentunya. Dan berikut ini ada beberapa tips untuk anda cara membeli motor bekas, antara lain:

  1. Cek harga pasaran

Sebelum anda akan melakukan pembelian motor bekas, cobalah anda melakukan check terlebih dahulu, bisa melalui check via internet atau melalui media apapun. Misalkan anda menggunakan via internet anda bisa menggunakan google.com guna mencari harga motor yang ingin anda beli nantinya. Misalkan anda ingin membeli motor  revo 123 bekas, maka anda cukup menulis keyword harag revo 123 bekas, dan jika anda sekarang sedang berada di Surabaya, anda juga bisa tambahkan lokasinya saja.

  1. Cek nomor rangka dan mesin motor

Sebelum anda deal akan motor bekas yang anda beli nantinya, cobalah anda cocokan dahulu nomor mesin motor yang akan anda beli dengan nomor yang tertera di STNK dan juga yang berada di buku hak milik. Dan pastikanlah nomor rangka itu orisinal dan belum di utak atik sama sekali.

  1. Cek kondisi oli motor

Dalam hal ini, pastikanlah anda juga bisa mengechek atau melihat ooli yang ada di motor tersebut, apakah olinya kebanyakan atau malah olinya kering (tidak ada olinya). Karena kalau oli yang ada di dalam motor tersebut kebanyakan itu akan membuat suara mesin berbunyi berisik atau bunyi kasar, dan jika sebaliknya olinya itu tidak kebanyakan hal ini akan membuat suara motor yang akan anda beli itu mengeluarkan bunyi yang halus.

  1. Cek kondisi fisik motor

Sebelum anda membelinya atupun deal. Cobalah anda lakukan pemeriksaan kondisi body motor, spion, ban motor, mesin motor, dan juga lain sebagainya. Apakah ada bagian  part yang masih orisinil atau tidak ada cacat sedikitpun. Dan saran saya hal ini harusa anda lakukan sebelum nantinya anda malah menyesal karena sudah membeli motor bekasa yang tidak memuaskan bagi anda.

  1. Cek langkah gigi atau perpindahan gigi motor

Jalankanlah kendaraan dan juga perhatikanlah posisi perpindahan gigi motor, apakah terasa sulit ataukah tidak. Jika perpindahan gigi itu terasa sulit berarti hal ini menandakan kompas kopling motor tersebut akan segera habis dan anda haruslha segera menggantinya dengan yang baru. Dan jika anda mendengar suara mendesir pada saat motor itu dijalankan, kemungkinan besar gigi primer dari motor itu akan segera habis juga.

  1. Cek speedometer

Untuk yang satu ini cobalah anda lakukan bagian depan, yaitu pada bagian komponen motor yaitu speedometer. Pastikanlah speedometer itu tidak retak atau tidak ada bekas pembongkaran. Dan juga anda lihat berapa km yang telah ditempuh dari motor yang akan anda beli nantinya itu. Jika berada diatas 20.000 Km, maka hal ini akan memerlukan banyak sekali komponen mesin yang harus anda ganti nantinya.

  1. Cek rangka atau sasi motor

Sebelum anda akan membeli sebuah motor bekas, pastikanlah anda memerhatikan kelurusan roda pada motor depan dan juga pada roda motor belakang. Dan pastikan juga anda mengetahui bahwa rangka motor ataupun sasi motor yang akan anda beli itu tidak ada kebengkokan.

  1. Cek kebocoran

Untuk hal yang satu ini anda juga bisa melakuakan testing terlebih dahulu, yaitu dengan mengusahakan untuk bisa mencoba dijalanan dengan anda mengendarai kurang lebih sekitar 500 meter. Dalam hal ini perhatikanlah apakah ada terlihat kebocoran pada oli, ntah itu melalui sela-sela motor ataupun dari mana saja. Adakah air radiator yang bocor, jika motor yang akan anda beli itu berjenis menggunakan radiator.

  1. Cek kondisi kelistrikan

Jangan lupa periksa juga kelistrikan pada motor dan juga periksa lampu motor, apakah komponen itu masih bisa berfungsi ataukah mengalami kerusakan.Jika kondisinya itu baik berarti tidak ada kerusakan pada komponen tersebut ataukah aki motor yang normal maksudnya tidak memiliki kerusakan.

  1. Cek kondisi roda motor

Sebelum anda akan melakuak pembelian motor bekas, anda juga harus bisa memperhatikan hal-hal yang sepele, seperti melakukan cek pada roda motor. Dalam hal ini cobalah anda periksa kondisi roda motor tersebut, apakah terjadi kesalaha ataukah tidak, kalau misalkan motornya pernah mengalami jatuh ataupun benturan hal ini bisa mengakibatkan kebengkokan pada sasis loh.

  1. Hidupkan mesin motor

Langkah selanjutnya anda bisa menyalakan atau menghidupkan motor yang ingin anda beli nantinya. Apakah bisa stationer atau langsam, karena pada kondisi motor yang seperti ini motor yang ia langsam akan berada pada putaran kurang lebih 1500 rpm.

  1. Test ride

Dalam hal ini cobalah anda meminta ke penjual motor agar dapat memperbolehkan untuk bisa melakukan test ride atau mengendarai motor tersebut, dengan tujuan anda bisa merasakan motor tersebut layak digunakan anda ataukah tidak. Dan jangan lupa dalam hal ini anda harus memperhatikan dan juga merasakan pada handling, akselerasi motor dan juga tenaga power pada motor tersebut.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply