kebiasaan sehari-hari yang membahayakan kesehatan
Waspadalah Dengan 10 Kebiasaan Sehari-Hari Berikut yang Dapat Membahayakan Kesehatan!

Waspadalah Dengan 10 Kebiasaan Sehari-Hari Berikut yang Dapat Membahayakan Kesehatan!

Posted on

Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang kita sering melakukan beberapa hal yang tanpa kita sadari ternyata dapat membahayakan kesehatan. Mulai dari kebiasaan membawa tas yang terlalu berat hingga kebiasaan melewatkan sarapan. Dan berikut ini beberapa kebiasaan sehari-hari yang ternyata dapat membahayakan kesehatan kita:

  1. Mengemudi Dengan Jendela Terbuka

Saat kita menjelajahi jalan tol menggunakan mobil dengan jendela yang terbuka, mungkin kita akan merasa puas karna angin kencang akan berhembus pada wajah dan rambut kita. Namun ternyata hal itu dapat mengganggu kinerja paru-paru kita. Sebuah studi dari University of Southhern California mengungkapkan bahwa berkendara selama 1 setengah jam dengan jendela yang terbuka akan dapat menyebabkan tubuh terkena 45% polutan yang kita hadapi dalam 24 jam. Polutan itu sendiri merupakan bahan atau zat yang menimbulkan pencemaran. Di daerah perkotaan, mengemudi dengan jendela yang terbuka sangat tidak disarankan karna dapat memberi ancaman besar terhadap kesehatan organ dalam kita, terutama paru-paru.

  1. Membawa Tas Tangan yang Terlalu Berat

Disarankan untuk tidak memasukkan barang-barang yang tidak terlalu penting ke dalam tas tangan kita. Hal tersebut dikarenakan membawa beban yang terlalu berat dapat menyebabkan punggung kita mengalami kejang-kejang, leher kita juga akan mengalami masalah, menyebabkan penyakit degenerasi (penyakit yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan atau kehancuran jaringan atau organ tubuh), radang sendi, dan postur tubuh juga akan terganggu. Dan untuk menghindarkan tubuh kita dari resiko berbagai macam penyakit tersebut, sebisa mungkin bersihkan handbag kita dari barang-barang yang tidak terlalu dibituhkan, atau juga bisa dengan mengganti handbag dengan ukuran yang lebih kecil agar barang yang kita bawa tidak terlalu banyak.

  1. Olahraga Terlalu Lama

Kita pasti sering berpikiran bahwa olahraga dengan waktu yang lama akan dapat membuat tubuh semakin sehat. Namun pada kenyataannya, melakukan aktivitas seperti olahraga yang terlalu lama akan memacu tubuh kita untuk bekerja terlalu keras sehingga dapat menyebabkan perubahan hormon yang tidak normal (salah satu akibatnya adalah dapat memicu kenaikan berat badan), imun atau sistem kekebalan tubuh semakin rendah, beberapa gangguan otot, dan beberapa masalah pada tulang kaki dan punggung. Oleh sebab itu, jangan terlalu berlebihan dalam berolahraga agar tubuh kita dapat mendapatkan manfaat dari berolahraga.

  1. Tidur Hanya Sebentar

Waktu yang kita gunakan untuk beraktivitas dalam sehari sudah cukup banyak, oleh karna itu istirahat yang cukup sangat diperlukan oleh tubuh. penelitian ilmiah menujukkan bahwa saat kita kurang tidur, kita akan terlihat kurang bersemangat dan kurang menarik. Namun efek kurang tidur terhadap penampilan tidak sebanding dengan efek terhadap kesehatan. Orang yang sering meleeatkan jam tidur akan lebih beresiko terkena penyakit jantung dan stroke.

  1. Menghindari Timbangan

Menghindari timbangan merupakan salah satu cara untuk mengabaikan masalah berat badan. Jika kita merasa bahwa berat badan kita bertambah atau berkurang, sebaiknya kita hadapi saja hal tersebut. Karna pada dasarnya ketika anda mengetahui berat badan anda, anda akan dapat melakukan berbagai upaya untuk menstabilkannya.

  1. Kekhawatiran Dalam Hati

Kita seringkali mengkhawatirkan berbagai hal yang tidak menutup kemungkinan akan mambuat kita jadi stress karna terusan-terusan memikirkannya. Terlalu banyak stress akan merusak kesehatan anda. Oleh karna itu, kontrolah kondisi hati anda untuk tidak terlalu memikirkan hal-hal yang dapat menimbulkan stress. Rasa khawatir yang tak kunjung usai juga akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti sakit perut, tekanan darah tinggi, nyeri dada, dan kurang tidur.

  1. Berhenti Minum Obat Sebelum Waktunya

Sebagian besar dari kita pasti pernah melakukan hal ini. Ketika kita merasa lebih sehat, tak jarang kita akan berhenti minum obat sebelum waktunya, namun tiba-tiba penyakit yang kita derita ternyata muncul lagi dan lebih parah daripada sebelumnya. Menurut anda, seberapa besarkah resiko kesehatan yang akan anda dapatkan dari kebiasaan ini? Tergantung dari obat yang anda konsumsi. Berhenti minum obat sebelum waktunya akan dapat menimbulkan beberapa penyakit yaitu kejang tiba-tiba, sakit kepala, dan penyakit lama akan kambuh namun dengan kondsisi yang lebih parah.

  1. Lupa Membersihkan Gigi Menggunakan Benang Gigi

Membersihkan gigi dengan benang gigi merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Namun banyak dari kita yang terkadang malas untuk melakukannya karna kita berpikiran bahwa membersihkan gigi menggunakan benang gigi tidak ada bedanya dengan sikat gigi. Padahal, membersihkan gigi menggunakan benang akan dapat membersihkan plak yang terdapat pada sela-sela gigi, yang tentunya berbeda dengan sikat gigi yang tidak terlalu dapat membersihkan plak yang ada di sela-sela gigi. Dan jika plak yang terdapat pada sela-sela gigi tersebut tidak segera dibersihkan, plak akan menyebabkan peradangan kronis dan meningkatkan resiko penyakit stroke, jantung, dan kanker karna bakteri yang terdapat dalam plak gigi masuk ke dalam aliran darah.

  1. Melewatkan Sarapan

Melakukan aktivitas sehari-hari tanpa sarapan terlebih dahulu sama saja dengan mengendarai kendaraan dengan bahan bakar yang sudah habis. Memang pada awalnya kita akan merasa baik-baik saja, namun kemudian aktivitas yang kita kerjakan akan menjadi lamban. Itu dikarenakan otak dan tubuh tidak memiliki asupan untuk melakukan aktivitas. Resiko penyakit yang dapat timbul dari kebiasaan melewatkan sarapan adalah diabetes dan obesitas. Oleh karna itu, jika anda menyayangi tubuh anda, jangan sampai melewatkan sarapan.

  1. Minum Air Dari Keran Air Panas

Para ilmuan mengungapkan bahwa meminum air dari keran air panas dapat meracuni tubuh. Zat timbal yang terdapat dalam air keran akan masuk ke dalam tubuh dan dapat menyebabkan kerusakan otak, terutama pada anak-anak. Meskipun ilmuan mengungkapkan bahwa resiko keracunan ini cukup kecil, namun kita tetap disarankan untuk meminum air yang sudah direbus atau air galon yang sudah disuling.

Sekali lagi, lebih perhatikan kebiasaan anda! Semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply