Penyebab dan Cara Mengatasi Kesepian

Posted on

Ada waktunya jika seseorang membutuhkan waktu untuk sendiri di tempat yang sunyi, entah itu dengan cara menyalurkan hobi seperti dengan membaca buku atau agar dapat berpikirdengan jernih. Akan tetapi kalau kita terlalu banyak menghabiskan waktu sendirian akibatnya akan menimbulkan rasa kesepian. Rasa kesepian dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental dan fisik.

Kesepian dan kesendirian adalah dua hal yang berbeda. Dilihat dari segi pengertiannya kesendirian dimaksudkan untuk situasi saat seseorang itu tidak berinteraksi dengan orang lain atas kemauannya sendiri. Kalau kesepian biasanya menuliskan rasa keasingan yang diikuti dengan keinginan yang besar untuk punya teman.

Kesimpulannya, nisajadi kesendirian itu merupakan situasi yang bermanfaat serta menyenangkan. Kalau kesepian adalah bentuk perasaan yang menyakitkan. Apa ya penyebab kesepian?

  • Hubungan yang tanpa memiliki emosi

Teknologi seakan akan telah menggantikan keinginan seseorang yang saling bertemu dan berbicara. Banyak orang yang sudah merasa cukup berrkomunikasi hanya dengan mengirim SMS saja serta malas jika diajak bertemu langsung.akan tetapi hubungan yang tanpa memiliki emosi tersebut malah akan mambuat kalian merasa kesepian.

  • Seringnya berpindah rumah

Akibat krisis ekonomi banyak memaksa orang untuk berpindah rumah karena pindah pekerjaan. Sebab pindah pekerjaan tersebutlah yang membuat mereka terpaksa harus meninggalkan sekolah tetangga, serta orang orang yang ada di sekitarnya. Lebih parahnya lagi jika mereka harus pindah ke tempat yang berbeda bahasa, budaya serta iklim. Seringkali dari mereka yang kesulitan untuk menyesuaikan diri serta tidak mempunyai teman akrab.

  • Ditinggal mati oleh orang yang dicintainya

Pastinya jika kalian ditinggalkan oleh teman hidup kalian dapat memberi kalian luka yang mendalam serta perasaan yang hampa bagi pasangan hidupnya. Terlebih lagi jika ditinggalkan untuk selamanya (meninggal) pasti perasaan kesepian semakian kuat untuk muncul.

  • Terpaksa lajang

Kadang kala rasa kesepian yang dialami oleh mereka yang belum menikah sebab belum menemukan pasangan hidup yang cocok. Perasaan kesepian itu bisa semakin kuat saat ada yang bertanya “kenapa kamunbelum nikah?”.

  • Masih usia muda

Tidak sedikit dari mereka yang masih remaja mengaku jika mereka merasa kesepian. Banyak dari mereka yang ketagihan hiburan yang biasa dilakukan sendiri. Misalnya dengan bermain game. Karena mereka sering menghabiskan waktunya sendirian sampai sampai mereka tidak mempunyai taman akrab dan sering merasa kesepian.

  • Usianya sudah tua

Mungkin para lansia sering merasa kesepian meskipun keluarga mereka memperhatikannya. Sahabat bahkan kerabat mereka mungkin biasanya mengunjunginya di waktu waktu tertentu, tapi biasanya di lain waktu itu adakalanya mereka tidak satupun yang mengunjunginya. Jadi mereka merasa kesepian sebab tidak ada yang mengunjunginya.

Lalu bagaimana sih cara menghilangkan kesepian?

Mungkin pertanyaan di bawah ini dapat membantu kalian dalam menemukan solusinya

  1. Apa perlu saya mengubah sudut pandang?

Wajar jika semua orang itu bisa kesepian. Akan tetapi masalahnya adalah saat kalian terus merasa kesepian. Mungkin ada sebuah tanda yang perlu disesuaikan dari cara sudut pandang ada pada kehidupan. Bisa saja masalah muncul dari cara kalian bersikap pada orang lain. Bisa jadi mereka merasa ganjal dengan sikap kalian tersebut lalu mereka tidak mau berteman dengan kalian.

Untuk mengatasi itu, adakalanya kalian perlu mengubah sudut pandang kalian.

  1. Apakah saya menjauhi orang lain?

Kalian bertanyalah pada diri kalian sendiri apakah saya menjauh dari orang lain? Mungkin orang lain bisa ramah jika saya juga ramah? Kalau kalian merasa ini penyebabnya dijauhi orang, maka cobalah untuk lebih ramah lagi. Berkeinginanlah kalian untuk mengajak bicara orang lain yang kelihatan kesepian juga. Bisa jadi kalau kalian memberi satu pertanyaan bisa menjadi awal dari persahabatan.

Demikian artikel yang dapat saya sampaikan tentang cara mengatasi kesepian semoga dapat bermanfaat bagi kalian, terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply