12 Cara Mengatasi Anemia Secara Alami dan Ampuh

Posted on

Penyakit anemia atau yang lebih dikenal dengan kurang darah telah diderita oleh banyak orang, baik kaum pria maupun wanita, baik usia masih muda maupun sudah tua. Jika anemia ini terjadi pada wanita, mungkin hal ini sudah wajar terjadi sebab wanita memiliki siklus menstruasi tiap bulannya yang menyebabkan wanita selalu kehilangan darah.

Anemia juga bisa terjadi karena kurangnya asupan zat besi pada tubuh anda yang membuat penderitanya menjadi pucat, lesu dan lemas. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi penyakit anemia :

12 Cara mengatasi anemia secara mudah dan alami
  1. Periksakan darah anda

Sebaiknya anda memeriksakan kadar gula anda secara rutin jika memang anda seorang penderita anemia, jika memang kadar gula anda sudah dibilang rendah sebaiknya anda selalu melakukan anjuran dokter.

  1. Lakukan senam

Kebanyakan para penderita anemia pasti memiliki fisik yang mudah capek dan lemah, apalagi untuk melakukan olahraga pasti anda tidak akan percaya bahwa anda akan berhasil melakukan senam hingga senam selesai. Bagi penderita anemia sebaiknya meruntinkan olahraga yang tidak terlalu melelahkan agar otot tubuhnya semakin lama semakin kebal.

  1. Waktu istirahat yang cukup

Dengan berisitirahat yang cukup ketika malam hari, anda tidak akan mudah lelah keesokan harinya. Biasanya untuk orang dewasa, seharinya dibutuhkan waktu istirahat sekitar 6-8 jam pada malam hari.

  1. Jalan kaki di pagi hari

Selain meruntinkan olahraga, berjalan kaki dipagi hari juga memiliki manfaat bagi penderita anemia. Berjalan kaki beberapa meter saja itu sudah cukup bagi penderita anemia, selain bermanfaat untuk menghilangkan penyakit anemia jalan kaki dipagi hari juga dapat meningkatkan kualitas tidur yang baik di malam hari.

  1. Vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat sudah terkenal sebagai asupan yang paling ampuh untuk mengatasi penyakit sariawan, vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan dan beberapa jenis makanan lainnya. Vitamin C inilah yang membantu zat besi menjadi mudah terserap oleh tubuh.

  1. Zat besi

Zat besi adalah sebuah zat yang sangat dibutuhkan untuk tubuh anda, lebih tepatnya pada jumlah darah anda. Paru paru akan selalu membutuhkan zat besi untuk mengangkut oksigen yang akan disuplai menuju paru paru, oleh karena itu zat besi sangat dibutuhkan untuk menambah kandungan darah didalam tubuh anda. Biasanya para penderita anemia selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung asupan zat besi yang tinggi.

  1. Buah jeruk

Buah jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C yang sangat berguna untuk menyerap zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Bagi anda penderita anemia, anda bisa menangani penyakitnya dengan cukup mudah hanya dengan  mengkonsumsi buah jeruk setiap harinya.

  1. Pepaya

Buah yang sudah dikenal ampuh untuk menyembuhkan penyakit BAB ini ternyata juga bisa menyembuhkan anemia dengan kandungan vitamin C dan asam folat yang dimilikinya.

  1. Jambu biji

Selain kandungan vitamin C buah jambu biji yang sudah terbilang tinggi, buah jambu biji juga dapat memproduksi sel darah merah yang dapat menggantikan posisi obat penambah darah anda, jika dibandingkan buah jeruk, buah jambu biji lebih unggul khasiatnya.

  1. Buah tomat

Buah tomat mengandung banyak kandungan likopen dan vitamin C yang banyak untuk tubuh anda, selain itu buah tomat juga dapat membantu kerja sistem penyerapan zat besi didalam tubuh, apalagi jika dikonsumsi secara langsung pasti rasanya akan lebih nikmat.

  1. Buah strowberry

Buah yang lezat dan nikmat ini ternyata juga dapat menyembuhkan penyakit anemia dengan kandungan zat besi yang dimilikinya.

  1. Beras merah

Beras merah sudah dipercaya sebagai beras putih terbaik, apalagi dikalangan pendiet pasti beras ini sudah umum bagi mereka, kandungan zat besi yang dimiliki oleh buat ini dapat meningkatkan kandungan hemoglobin didalam tubuh anda.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply