Makanan Untuk Bayi Sehat Dan Mendukung Kecerdasan Otak Bayi
Makanan Untuk Bayi Sehat Dan Mendukung Kecerdasan Otak Bayi

Makanan Untuk Bayi Sehat Dan Mendukung Kecerdasan Otak Bayi

Posted on

Bunda, Ada beberapa kebutuhan bayi yang harus di cukupi, salah satunya yakni makanan bayi yang memberi kesehatan sekaligus mendukung kecerdasan sang bayi. Sebenarnya bayi masih memiliki jangka waktu pertumbuhan yang panjnag sebab bayi bisa tumbuh dan berkembang sampai dewasa nanti. Tetapi pada masa awal tumbuh kembang bayi yaitu masa yang paling baik untuk mempersiapkan masa depan bayi. Sesaat setelah lahir bayi sudah harus mendapatkan makanan untuk bayi cerdas yakni berupa air susu ibu. Setelah bayi lahir, kelenjar susu ibu memiliki kandungan kolostrum yang sangat tinggi. Kolustrum ini harus segera diberikan kepada bayi supaya makanan untuk bayi cerdas pertama kali di berikan sesaat bayi lahir. Kolustrum mengandung zat yang bisa membantu mencerdaskan otak anak. Itulah mengapa tatkala bayi lahir, proses pemberian asi setelah bayi lahir berguna agar bayi tidak kehilangan makanan yang sangat berguna bagi masa depanya. Perlu kamu ketahui juga bahwa kolustrum hanya di produksi sesaat setelah ibu hamil melahirkan dan setelah hampir satu hari, kandungan kolustrum pada air susu ibu telah hilang. Bayi yang mendapatkan kolustrum mempunyai kesempatan yang cukup besar untuk tumbuh sehat sebab kolustrum pula merupakan modal utama bayi untuk menguatkan system imun tubuh yang amsih rentan terhadap serangan berbagai penyakit.

Makanan Untuk Bayi Sehat Dan Mendukung Kecerdasan Otak Bayi
Makanan Untuk Bayi Sehat Dan Mendukung Kecerdasan Otak Bayi

Mau tahu apa saja makanan yang sehat dan mencerdaskan otak bayi ;

Susu ibu

Air susu ibu memiliki kadar gizi yang lumayan tinggi dan merupakan makanan poko bayi ejak awal bayi lahir. Pemberian air susu ibu kepada bayi harus dilakukan secara rutin sebab bayi belum bisa memakan makanan secara langsung. Pemberian air susu ibu yang baik juga disarankan pada bayi yang berusia 6 sampai 1,5 tahun. Setelah melewati masa itu kualitas air susu ibu mengalami penurunan. Jika asi tetap di berikan pada anak mak Kalsium pada susu ibu justru dapat membuat gigi bayi kropos. Kalsium pada susu selain bisa membantu pertumbuhan tulang bayi juga bisa meningkatkan kecerdasan otak. Setelah bayi berumur 1 tahun lebih, maka bayi sudah bisa diberi susu formula sebagai tambahan supaya bayi mendapatkan nutrisi yang cukup sebab susu formula juga merupakan asupan bayi.

Ikan

Pertumbuhna dan perkembangan bayi dapat diatur oleh orang tua sejak bayi berusia masih kecil. Perlakuan yang diberikan oleh orang tua terhadap bayi akan mempengaruhi pertumbuhan bayi. Bayi yang mendapatkan kebutuhan gizi yang cukup dari kedua orang tuanya, hal tersebut akan membuat bayi dapat tumbuh secara normal tanpa mengalami gangguan kesehatan. Tapi jika bayi tidak mendapatkan kebutuhan gizi yang cukup, maka pertumbuhan bayi akan terganggu. Dan efeknya dapat membuat bayi menjadi rentan terserang penyakit, tumbuh tidak normal, dan nutrisi lemah.

Selain sayuran dan buah-buahan, bayi juga membutuhkan asupan makanan yang mengandung kadar protein tinggi. Protein yang terakndung pada ikan akan bisa meningkatkan kecerdasan bayi. Jika sejak kecil bayi sudah di berikan protein yang cukup, maka pertumbuhan dan perkembangan otak bayi dapt di control.

Makanan yang mengandung vitamin dan mineral

Baik tatkala bayi amsih menyerap nutrisi yang dibutuhkan melalui asi ataupun sudah bisa mengkonsumsi makanan pendamping berupa sayuran dan buah-buahan yang merupakan sumber vitamin yang cukup tinggi. Vitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh sebab vitamin merupakan satu-satunya zar yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh. peranan vitamin sangat penting di dalam tubuh sebab vitamin beserta beberapa enzim yang ada di dalam tubuh breguna untuk mengatur kondisi tubuh seperti pada saat masa penyembuhan, meningkatkan daya kekebalan tubuh bayi, dan juga membantu menjaga sel-sel otak yang dimiliki oleh bayi.

Makanan yang baik untuk mencerdaskan bayi yaitu makanan yang menagndung vitamin dan mineral yang tinggi. Seperti sayur-sayuran, buah-biahna, dan kacang-kacangan yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Banyak orang menyarankan suapaya bayi diberikan sayuran brokoli sejak bayi sudah bisa mengkonsumsi makanan penadmping air susu ibu. Brokoli dipercaya memiliki kandungan asam folat yang tinggi yang sangat baik membantu pertumbuhan dan perkembangan otak sang bayi.

Oke bunda, mungkin sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi bunda ya.

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply