9 Cara Ampuh Mencegah dan Mengatasi Rambut Mengembang
9 Cara Ampuh Mencegah dan Mengatasi Rambut Mengembang

9 Cara Ampuh Mencegah dan Mengatasi Rambut Mengembang

Posted on

Memiliki rambut yang rusak seperti rambut yang terasa kering dan mengembang merupakan salah satu masalah rambut yang cukup serius. Rambut merupakan salah satu bagian penting seseorang karna rambut dapat mempengaruhi penampilan seseorang. Dengan memiliki rambut yang mengembang, tentu saja anda apsti merasa tidak nyaman atau kurang percaya diri. Bagi anda yang tidak ingin memiliki rambut yang kering serta mengembang, berikut merupakan cara ampuh dan alami untuk mencegah dan mengatsi rambut mengembang:

  1. Menggunakan Susu

Susu merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah rambut, salah satunya adalah rambut mengembang dan kering. Cara menggunakannya juga cukup mudah, yaitu dengan membasahi rambut anda menggunakan susu murni yang tawar. Dan jika semua bagian rambut anda sudah terbasahi oleh susu, diamkan rambut anda selama kurang lebih satu jam. Setelah itu bilas rambut anda menggunakan air bersih dan shampoo. Lakukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Gunakan Santal Kental

Selain digunakan untuk bahan masakan, santal kental juga dapat digunakan untuk mencegah dan mengatasi rambut yang mengembang. Caranya yaitu siapkan satu mangkuk besar santan kental lalu campurkan dengan beberapa tetes air perasan jeruk nipis. Aduk sampai rata kemudian oleskan pada seluruh rambut anda, tunggu sampai 1 jam lalu bilas rambut anda menggunakan air bersih dan shampoo, lakukan cara ini secara rutin satu kali seminggu.

  1. Gunakan Madu

Madu memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, kulit, maupun rambut. Salah satu manfaat madu bagi rambut adalah mengatasi rambut mengembang. Caranya sediakan madu secukupnya lalu gunakan sebagai masker rambut. Diamkan selama 1 jam lalu bilas rambut anda menggunakan air bersih. Cara ini dapat anda lakukan secara rutin yaitu 3 kali sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Gunakan Air Dingin

Mulai sekarang Hilangkanlah kebiasaan anda membilas rambut dengan air hangat, dan gantilah dengan menggunakan air dingin. Ini dikarenakan air dingin mampu menjaga kelembaban rambut anda sehingga rambut anda tidak akan mudah mengembang.

  1. Jangan Terlalu Sering Mengikat Rambut

Jangan terlalu sering mengikat rambut jika anda ingin terbebas dari rambut yang mengembang. Lepaskanlah ikatan rambut anda ketika anda tidur agar rambut anda dapat bernafas. Rambut yang terlalu sering diikat akan mudah mengalami kerusakan, salah satunya adalah rambut mengembang.

  1. Hindari Penggunaan Alat Rambut

Alat-alat rambut seperti hair driyer, alat catok dan alat pengeriting rambut hanya akan membuat rambut anda rusak dan mengembang. Hindari penggunaan alat-alat tersebut secara berlebihan agar rambut anda tetap terjaga kesehatannya.

  1. Jangan Terlalu Sering Keramas

Jika anda keramas setiap hari, bukan rambut bersih yang anda dapatkan tapi rambut yang kering dan kusam serta mengembang. Keramaslah setidaknya 2 hari sekali untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut anda.

  1. Jangan Menyisir Rambut yang Masih Basah

Rambut yang masih dalam keadaan basah memiliki kondisi yang sangat rapuh, oleh sebab itu jangan sisir rambut anda ketika masih basah karna rambut anda akan mudah rontok dan mengembang.

  1. Berikan Perhatian Lebih Untuk Rambut yang di Cat

Jika anda mewarnai rambut anda, maka rawatlah dengan cara yag tepat agar rambut anda tidak mudah rusak. Gunakanlah kondisioner sehabis keramas untuk menjaga rambut anda agar lembab dan tidak kering.

Semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply