10 Cara Ampuh dan Alami Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat pada Wajah
10 Cara Ampuh dan Alami Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat pada Wajah

10 Cara Ampuh dan Alami Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat pada Wajah

Posted on

Cara menghilangkan bekas jerawat bisa dibilang lebih sulit daripada menghilangkan jerawatnya, karna diperlukan perawatan yang intensif dan rutin agar kulit wajah anda kembali mulus. Dalam dunia kedokteran flek hitam biasa disebut dengan ephelis yaitu merupakan kumpulan pigmen alami yang berisi melanosome, dan pigmen inilah yang menyebabkan kulit wajah anda mengeluarkan bintik-bintik hitam. Sebenarnya bintik-bintik hitam ini keluar dari wajah saja, sebagian orang bahkan memiliki noda hitam di daerah lengan, bahu, dan punggung. Namun untuk flek yang muncul di daerah tersebut biasanya disebabkan oleh faktor gen (bawaan lahir) dan faktor lingkungan. Pemicu munculnya flek ini sebenarnya bervariasi, seperti penggunaan kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit, faktor hormon yang meningkat, faktor usia, paparan matahari yang berlebihan, dan bekas luka atau jerawat. Jika anda saat ini masih binung bagaimana cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat di wajah secara cepat dan aman, simak ulasan berikut ini!

Beberapa Bahan Alami Yang Dapat Menghilangkan Bekas Jerawat
Beberapa Bahan Alami Yang Dapat Menghilangkan Bekas Jerawat

Cara cepat untuk menghilangkan flek hitam bekas di wajah ini tidak perlu menggunakan perawatan yang mahal seperti suntik vitamin C, laser, dan perawatan salon lainnya. Cukup dengan menggunakan beberapa bahan alami berikut yang tentunya tidak akan membutuhkan banyak biaya serta tidaka kan menimbulkan efeksamping, kulit anda akan kembali mulus seperti sedia kala:

1.Bengkoang

Kebanyakan orang tentunya sudah tahu manfaat dari buah bengkoang, salah satu umbi-umbian ini mengandung mineral alami yang lengkap yang dapat digunakan untuk mencerahkan kulit wajah, selain itu, bengkoang juga mampu untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat yang ada di wajah anda.

Cara menggunakannya adalah:

  • Kupas dan parut buah bengkoang yang masih segar.
  • Peras hasil parutan tadi sampai menghasilkan air yang cukup banyak.
  • Endapkan air hasil perasan tadi selama 2 sampai 3 jam.
  • Ambil endapannya lalu gunakan sebagai masker wajah, sebelum mengaplikasikannya ke wajah basuh terlebih dahulu wajah anda menggunakan air bersih.
  • Lakukan cara ini secara rutin setiap hari setelah selesai mandi.

2.Jeruk Nipis atau Lemon

Anda bisa mneggunakan salah satu dari dua macam jeruk ini, karna keduanya memiliki khasiat yang sama-sama ampuhnya. Salah satu khasiatnya adalah dapat mengangkat sel kulit mati hyang menyebabkan timbulnya flek hitam di wajah. Selain itu jeruk nipis dan lemon juga mampu mengecilkan pori-pori wajah yang melebar.

Cara menggunakannya adalah:

  • Belah lemon atau jeruk nipis yang masih segar menjadi dua bagian.
  • Lalu gosok-gosokkan potongan jeruk tersebut pada area wajah yang ada flek hitamnya, namun sebelum digosok dengan jeruk, wajah harus dalam kondisi bersih terlebih dahulu.
  • Lakukan pengosokkan tersebut secara lembut dan perlahan selama kurang lebih 20 menit, setelah itu bilas wajah anda menggunakan air hangat, lakukan cara ini ddengan rutin.

3.Madu

Manfaat madu bagi kesehatan dan kecantikan sangat luar biasa. Kandungan vitamin E yang terdapat dalam madu sangat dipercaya dapat membatu mempercepat regenerasi sel kulit baru, mengencangkan kulit, mencegah keriput, dan merawat kulit secara alami.

Cara menggunakannya adalah:

  • Oleskan madu murni pada kulit wajah anda yang terdapat flek hitamnya.
  • Diamkan selama kurang lebih 25 menit, lalu bilas wajah anda menggunakan air dingin.
  • Lakukan cara ini dengan rutin

4.Susu

Susu merupakan minuman kaya nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, namun tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja, susu juga sangat baik untuk menutrisi kulit tubuh.

Cara menggunakannya adalah:

  • Campur susu sapi tawar dengan madu murni.
  • Oleskan campuran tersebut pada area wajah yang sudah dibilas menggunakan air bersih.
  • Agar kandungan dalam susu dapat meresap ke dlam kulit, diamkan dulu selama kurag lebih 30 menit.
  • Setelah itu bilas wajah anda menggunakan air dingin, lakukan cara ini secara rutin minimal 2 hari sekali.

5.Mentimun

Mentimun mengandung kalium dan vitamin E yang cukup tinggi sehingga dapat memudarkan flek hitam bekas jerawat. Bahkan dengan menggunakan masker mentimun dengan rutin, kulit wajah yang awalanya kering akan menjadi lembab.

Cara menggunakannya adalah:

  • Cuci dan blender timun yang masih segar (blender beserta kulit dan bijinya).
  • Setelah halus, aplikasikan timun tersebut ke wajah anda seperti halnya masker.
  • Diamkan beberapa saat sampai wajah terasa kaku, setelah itu bilas wajah anda dengan air hangat. Jangan lupa untuk melakukan cara ini secara rutin yaitu satu kali sehari.

6.Tomat

Bukan hanya timun saja, tomat ternyata juga memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Vitam E memiliki banyak manfaat di antaranya mengatasi jerawat, mengatasi tanda-tanda penuaan di wajah, mencegah peradangan kulit, dan meregenerasi sel kulit baru.

Cara menggunakannya adalah:

  • Belah buah tomat yang masih bagus dan segar.
  • Gosokkan belahan buah tomat tadi pada wajah anda secara merata, lalu diamkan kurang lebih sampai 1 jam agar kandungan dalam buah tomat dapat meresap pada kulit.
  • Setelah selesai, bilas wajah anda menggunakan air hangat. Lakukan cara ini dengan rutin yaitu 3 atau 4 kali seminggu.

7.Semangka

Selain nikmat dan menyegarkan tenggorokan, ternyata buah semangka juga memiliki kandungan kalium tinggi yang dapat menghilangkan flek hitam bekas jerawat di wajah lho.

Cara menggunakannya adalah:

  • Blender buah semangka yang masih segar, lalu campurkan dengan madu murni sampai agak kental.
  • Oleskan campuran tersebut pada area wajah dengan disertai pijatan-pijatan lembut.
  • Diamkan sampai kering, lalu bilas wajah anda menggunakan air dingin. Lakukan cara ini secara rutin 2 kali sehari.

8.Pepaya

Salah satu manfaat buah pepaya untuk kecantikan adalah memudarkan flek hitam bekas jerawat di wajah. Hal ini dikarenakan buah pepaya memiliki kandungan vitamin E tinggi yang sangat baik untuk meregenerasi kulit.

Cara menggunakannya adalah:

  • Siapkan satu mangkok buah pepaya matang yang sudah dihaluskan.
  • Kemudian campurkan dengan 1 sendok makan susu dan madu murni.
  • Setelah anda mandi, oleskan campuran tadi ke seluruh bagian wajah anda, diamkan sampai masker pepaya mengering.
  • Jika sudah kering, bilas wajah anda menggunakan air dingin hingga bersih. Lakukan cara ini dengan rutin yaitu 3 kali seminggu.

9.Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera lebih dikenal masayarakat dengan khasiatnya yaitu menumbuhkan dan melebatkan rambut. Namun ternyata beberapa peneliti mengungkapkan bahwa lidah buaya juga mampu menyamarkan flek hitam atau noda hitam di wajah. Namun anda juga harus hati-hati saat menggunakannya, jangan sampai terkena getahnya karna  dapat menyebabkan kulit gatal

Cara menggunakannya adalah:

  • Ambil lidah buaya yang masih segar atau yang masih baru dipetik.
  • Lalu ambil gelnya, setelah itu oleskan pada seluruh bagian wajah terutama yang ada flek hitamnya.
  • Agar kandungan dalam lidah buaya dapat meresap dengan baik ke kulit, diamkan sampai kurang lebih 1 jam. Setelah itu bilas wajah anda menggunakan air bersih. Lakukan cara ini dengan rutin 3 hari sekali.

10.Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan asam kaprat, asama laurat, dan asam kaplirat yang mampu menyamarkan dan menghilangkan flek hitam di wajah. Cara pemakaiannya cukup dengan mengoles-oleskannya pada wajah yang disertai dengan pijatan-pijatan lembut selama beberapa menit. Untuk mendapatkan hasil yang cepat lakukanlah cara ini secara rutin minimal sehari sekali sehari.

Semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply