Manfaat Di Balik Asamnya Cuka Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Manfaat Di Balik Asamnya Cuka Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Di Balik Asamnya Cuka Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Posted on

Mana yang menurut kamu lebih dahulu dikenal, cuka untuk memasak atau cuka untuk pengobatan? Ya, di Indonesia sendiri cuka mungkin lebih banyak digunakan sebagai bahan campuran salad atau sebagai bahan makanan lainya. Namun belakangan ini, kamu baru mengetahui berbagai manfaat dari cuka untuk kesehatan. Kamu pula baru mengetahui kalau cuka dapur mengandung berbagai kandungan yang dapat menyembuhkan atau pun mencegah munculnya penyakit.

Di barat, cuka sudah cukup dikenal sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit sebab kandungan penangkal penyangkit. Tahun selanjutnya, cuka dikenal sebagai bahan untuk membuat hidangan terasa lebih sedap dan lezat. Di samping manfaatnya yang menjadi mitos, ada juga manfaat dari cuka dapur ynag sudah dibuktikan oleh peneliti.

Manfaat Di Balik Asamnya Cuka Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Manfaat Di Balik Asamnya Cuka Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Mau tahu apa saja manfaatnya, check this out!

Berguna Penyerapan kalsium meningkat

Manfaat kalsium memang sudah terbukti berperan penting bagi kesehatan. Misalnya bahan makanan lainya yang tinggi asam citrit, cuka dapur termasuk pula cuka apel yang dapat membantu tubuh dalam meningkatkan penyerapan kalsium. Selain kalsium, cuka dapur juga dapat meningkatkan penyerapan jenis mineral lainya yang kamu peroleh dari sayuran atau makanan lain yang kamu makan. Kamu juga dapat mencampurkan satu sendok teh cuka dapur ke dalam salad buah atau sayur. Kamu bisa meminumnya satu sendok langsung, bisa pula dengan tambahan air putih  supaya rasanya tak terlalu asam.

Berguna mengatasi gejala gastrointestinal

Kalsium dapat kamu peroleh dengan mudah dengan mengkonsumsi susu atau susu formula. Namun ada beberapa orang yang mungkin memiliki intoleransi susu atau susu formula. Dalam kondisi ini, orang yang mengalami inteloransi laktosa ini bisa mengalami kekurangan kalsium yang bisa diperoleh di dalam kalsium. Kondisi ini juga bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti diare atau masalah gastrointestinal lainya. Sehingga mengkonsumsi cuka dapur dapat membantu tubuh menyerap kalsium-kalsium atau mineral lain yang ada pada sayuran yang dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Berguna menstabilkan gula darah

Dengan mengkonsumsi cuka sebelum sarapan atau konsumsi makanan tinggi karbohidrat lainnya bisa membantu tubuh untuk menstabilkan gula darah. Bahkan cuka disebut oleh pakar peneliti sebahgai bahan yang mempunyai kandungan yang memiliki manfaat seperti obat-obatan anti diabetes.

Berguna memperlambat proses penuaan

Para peneliti membuktikan, bahwa cuka mengandung anti oksidan. Anti oksidan dapat membantu mencegah terjadinnya proses penuaan. Selain demikian, anti oksidan di dalam cuka dapat berguna memperlambat proses penuaan dini.

Berguna mencegah kanker

Kanker adalah sebuah penyakit yang amat mematikan. Sayangnya, penyakit kanker ini masih sulit menemukan obatnya. Walaupun dengan bantuan berbagai teknologi saat ini para penderita kanker mempunyai harapan hidup lebih tinggi. Kandungan anti oksidan yang tinggi di dalam cuka dapat kamu manfaatkan untuk mencegah tubuh dari pertumbuhan sel-sel kanker yang amat mematikan.

Berguna menjaga kesehatan jantung

Cuka mengandung zat yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Cuka bisa mencegah terjadinya oksidasi lipoprotein atau yang juga dikenal LDL yang dapat mengakibatkan terjadinya keadaan dimana munculnya plak pada arteri jantung, dan menyumbat peredarahan darah. Keadaan ini bisa mengarah pada terjadinya serang jantung yang tiba-tiba.

Berguna mencegah stroke

Cuka dapat berguna untuk mencegah serangan stroke. Seperti kegunaan cuka untuk mencegah penyakit jantung, kandungan di dalam cuka dapat mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah, dan pembekuan darah yang dapat menyebabkan stroke.

Berguna mengobati infeksi

Cuka bisa membunuh bakteri. Penelitian membuktikan kalau cuka mengandung anti bakteri yang bisa bermanfaat untuk mengobati sakit tenggorokan akibat infeksi. Karena keasaman di dalam cuka yang dapat meurunkan pH pada jaringan dan mencegah tumbuhnya bakteri pada permukaan jaringan. Bahkan pada tahun 2014, sebuah penelitian menemukan kalau kandungan cuka yang membuatnya mengeluarkan aroma khas yang sedikit menyengat, dan juga asam asetiknya dapat bermanfaat sebagai non toxic desinfektan yang dapat membunuh bakteri tuberculosis.

Oke sobat gedubar, mungkin sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kamu.

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply