10 Cara Alami Menurunkan Berat Badan Secara Ampuh dan Mudah

Posted on

Ini baju kok semakin sempit aja? Apa mungkin aku yang semakin gemuk? Pasti semua wanita sangat pusing jika memikirkan badan yang semakin gemuk dan gemuknya tersebut sangat berlebihan atau tidak ideal. Tapi, perlu anda ingat sebenarnya menambahnya berat badan seseorang itu disebabkan oleh seberapa banyak kalori yang masuk kedalam tubuh anda. Jika anda menginginkan berat badan yang ideal, itu berarti anda harus menyeimbangkan kalori yang masuk kedalam tubuh anda dengan sejumlah kalori yang keluar dari tubuh anda.

Bila anda ingin menurunkan berat badan anda, sebaiknya anda mengurangi jumlah kalori yang biasanya anda konsumsi dan diseimbangi dengan meningkatnya aktivitas anda. Sebenarnya menurunkan berat badan itu mudah, semuanya tergantung dengan anda sendiri bagaimana anda menyikapi keinginan tubuh anda tersebut.

Mungkin anda berpfikir betapa sulitnya menurunkan berat badan menjadi ideal, walaupun tidak terlalu mudah juga, tapi anda pasti bisa mendapatkan tubuh ideal dengan beberapa langkah ini :

10 cara alami menurunkan berat badan secara mudah dan cepat
  1. Minumlah air putih sebelum makan

Jumlah kalori yang semakin meningkat atau tubuh yang semakin gemuk biasanya disebabkan oleh kebiasan buruk seseorang ketika dia sedang lapar, kebanyakan orang ketika mereka lapar mereka akan langsung menyantap makanan yang berkalori tinggi serta berbagai lauk yang mengiurkan, padahal mungkin saja yang sedang mereka  rasakan itu haus bukan lapar. Oleh karena itu, sebaiknya anda pilih meminum air putih dulu. Atau bisa saja, setelah minum air putih anda tidak merasa lapar lagi.

  1. Makan dengan porsi kecil

Cobalah untuk merubah kebiasaan anda yang menggunakan piring ketika makan menjadi mangkok ukuran kecil, percaya atau tidak bahwa hal sepele tersebut dapat mengurangi porsi makan anda dan membiasakan anda kenyang dengan porsi kecil. Atau, cobalah dengan makan tanpa terburu-buru biasakan makan dengan pelan atau lambat, sebab dengan seperti itu anda akan merasa kenyang lebih dulu sebelum makanan anda habis. Sebenarnya, makan 4 atau 5 kali sehari dengan porsi kecil lebih anda untuk anda yang sedang melangsungkan proses diet daripada makan 3 kali sehari tapi dengan porsi yang besar.

  1. Jangan lupa untuk sarapan

Banyak orang yang mengira bahwa mengurangi porsi makan atau meninggalkan waktu makan dapat membantu mereka untuk menurunkan berat badan mereka, ternyata hal tersebut justru akan menurunkan tingkat kesehatan anda, biasanya tubuh anda akan terasa lapar, lemas dan bergemetaran. Oleh karena itu, jangan pernah meninggalkan waktu makan anda, tetaplah memasukkan makanan kedalam perut anda walaupun dalam porsi sedikit.

  1. Jangan membenci makanan

Percaya atau tidak, ketika anda membenci sesuatu hal padahal sebenarnya anda menyukainya, pasti anda akan lebih sering memikirkan hal tersebut. Sama halnya dengan makanan, ketika anda membenci sebuah makanan padahal sejatinya anda sangat menyukai makanan tersebut, pasti anda akan lebih ingin memakannyakan? Jadi, jangan pernah membenci makanan tapi kurangilah.

  1. Cobalah untuk tidak makan malam

Pasti ketika malam tubuh anda jarang sekali melakukan aktivitas, oleh karena itu hindarilah untuk makan malam atau majukan saja waktunya jika anda memang tidak bisa meninggalkannya.

  1. Berikanlah waktu tidur yang cukup

Jika anda kurang tidur, tubuh anda akan lebih sering merasakan lapar daripada anda yang tidur dengan waktu yang cukup. Lalu, jika anda makan dengan porsi banyak sebab anda kurang tidur, sistem kerja tubuh anda akan bekerja tidak seperti biasanya dan hasilnya zat zat yang sudah diproses oleh tubuh lebih banyak menjadi lemak daripada menjadi energi.

  1. Kurangilah makan makanan yang manis

Banyaknya kandungan glukosa pada makanan yang manis sangat tidak baik untuk tubuh anda, walaupun energi yang anda dapatkan lebih besar. Sebaiknya kurangilah makanan manis agar berat badan anda tidak semakin naik drastis.

  1. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lada ataupun merica

Beberapa dokter menyatakan bahwa lada ataupun merica dapat membakar lemak berlebih ketika anda sedang tidur, selain itu cabe juga bisa anda andalkan untuk hal ini, sebab kedua bahan ini sama sama bisa menimbulkan rasa pedas.

  1. Gerak aktif!

Olahraga adalah cara paling ampuh untuk menurunkan berat badan anda, lemak akan terbakar dengan mudah jika anda semakin sering beraktivitas. Hal tersebut akan membuat tubuhmu menjadi ideal.

  1. Katakan pada diri anda, bahwa anda pasti sukses diet!

Berikan komitmen pada diri anda sendiri, bahwa anda pasti bisa mendapatkan tubuh yang ideal. Semua cara yang anda lakukan akan sia sia jika anda tidak memiliki komitmen bahwa anda akan sukses diet.

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply