5 Cara Sederhana Supaya Rajin Mengerjakan Sholat 5 Waktu

Posted on

Salah satu kewajiban umat islam adalah sholat 5 waktu. Sebagai orang islam sudah tentu tahu tentang hal ini. Tapi, sayangnya banyak sekali rintangan atau godaan yang membuat kita malas untuk mengerjakan sholat 5 waktu. Akhirnya ini berdampak pada kalian yaitu kalian suka melalaikan sholat 5 waktu.

Pastinya kalian ingin keluar dari masalah tersebut kan. Kalian ingin rajin megerjakan sholat 5 waktu, kalian ingin sholat 5 waktu itu bagian dari aktivitas sehari hari kalian. Buruknya, keinginan tersebut  ternyata hanya keinginan belaka. Kalian sering melalaikan sholat 5 waktu. Bukanoah itu menjengkelkan?

Kalian jangan menyerah. Kalian pasti bisa untuk melaksanakan shalat 5 waktu dengan rajin kok. Untuk membantu kalian dalam mewujudkan sholat 5 waktu berikut ini adalah 5 cara sederhana supaya rajin sholat 5 waktu antara lain:

  1. Ketahuilah sebab mengapa kalian diwajibkan untuk mengerjakan sholat 5 waktu

Cara yang pertama yaitu ketahuilah sebab mengapa kalian diwajibkan untuk mengerjakan sholat 5 waktu. Jika kalian lupa, maka saya akan memberitahukannya. Sholat 5 waktu wajib dikerjakan sebab amalan yang paling pertama kali dihisab pada hari perhitungan nanti. Sholat 5 waktu juga merupakan tiangnya agama, kunci untuk masuk surga, dapat menghapus dosa dosa. Dan jika sholat 5 waktu ditinggalkan maka itu merupakan dosa besar.

  1. Pahamilah manfaat dari sholat

Cara yang kedua yaitu pahamilah manfaat dari sholat 5 waktu yang akan kalian dapatkan jika kalian mengerjakannya. Manfaat ini dapat kalian lihat dari segi psikologis dan kesehatan.

Dilihat dari segi psikologis orang yang rajin dalam mengerjakan sholat 5 waktu yaitu mempunyai hati yang tentram, selalu ingat pada Allah,  terhindar dari perbuatan keji, munkar, selalu sabar serta selalu bersyukur pada Allah. Dilihat dari segi kesehatan yaitu orang yang rajin dalam mengerjakan sholat 5 waktu memiliki wajah yang bercahaya, selalu bersemangat, serta mempunyai tubuh yang sehat.

Tapi sebaliknya, orang yang tidak melaksanakan sholat 5 waktu akan memiliki pikiran yang rumit, stress, mempunyai sifat dengki ke sesama, selalu cemas, emosional dan lain sebagainya. Kondisi psikologis yang seperti itu dapat merusak daya tahan tubuhnya.

  1. Ingatlah jika di dunia ini sifatnya sementara

Mungkin kalian malas mengerjakan sholat 5 waktu karena sibuk dalam mengejar kehidupan diniawi saja. Meskipun itu, ingatlah jika kalian di dunia ini sifatnya itu hanya sementara. Semuanya yang ada di dunia ini pasti akan mati. Kita pasti akan kembali ke asal kita yaitu akhirat. Yang kita bawa hanyalah amalan amalan yang kita kerjakan selama kita hidup di dunia. Yang kita bawa bukanlah mobil atau kekayaan yang kita punya selama di dunia.

Dengan menggingat kalau kita hidup di dunia ini hanya sementara, kalian pasti akan menyadari jika kalian itu harus mempersiapkan diri untuk menuju kehidupan yang kekal di akhirat nanti. Dengan demikian, kalian akan tergerak untuk melaksanakan sholat 5 waktu serta sholat sholat sunah lainnya.

  1. Lakukanlah ini secara bertahap supaya bisa menjadi kebiasaan

Mestinya cara yang pertama sampai ketiga bisa membuat anda rajin dalam mengerjakan sholat 5 waktu. Tapi, jika ketiga cara tersebut belum bisa berdampak pada kalian itu tidak masalah. Intinya rajin tidaknya seseorang dalam mengerjakan sholat adalah dipengaruhi oleh keimanannya serta kebiasaanya.

Terkait dengan kebiasaan, kalian dapat melakukannya secara bertahap. Contohnya, hari ini kalian melakukan sholat dzuhur dan ashar. Hari selanjutnya ditambah dengan melakukan sholat maghrib, isya dan subuh. Hari berikutnya ditambah lagi dengan sholat sholat yang lainnya sehingga kalian dapat melaksanakan sholat 5 waktu dalam setiap harinya.

  1. Janganlah menunda waktu sholat

Usahakan kalian jangan menunda nunda sholat. Ketika kalian mendengar suara adzan berkumandang, berhentilah mengerjakan sesuatu dan bersiaplah untuk mengerjakan sholat. Jika kalian menunda nundanya, mungkin nanti kalian akan lupa karena terlalu sibuk. Selain itu juga, tidak ada jaminan masuk surga jika selama hidupnya suka menunda nunda sholat.

Demikian artikel yang dapat saya tulis tentang 5 cara sederhana supaya rajin mengerjakan sholat 5 waktu semoga dapat bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa untuk mencoba 5 cara di atas, terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply