5 Tips Menghemat Uang Bulanan

Posted on

Jika kamu tinggal berpisah dengan orang tua, mungkin kamu akan sering kelabakan di akhir bulan. Karena uang bulanan yang diberi orang tua sudah hampir habis. Keinginan berhemat itu ada, akan tetapi selalu gagal untuk dipenuhi. Sebenarnya apa saja sih cara agar uang bulanan kita itu nggak habis sebelum waktunya. Bisa jadi kita gagal berhemat karena cara menghemat kita salah. Kali ini saya akan memberikan berbagai tips yang tepat untuk kamu bagaimana cara menghemat uang bulananmu. Mari yuk kita simak 5 tips menghemat uang bulanan!

  1. Belanja sesuai dengan kebutuhan

Sudah sering saat kita sudah menerima kiriman uang dari orang tua kita, biasanya kita langsung pergi ke swalayan untuk berbelanja bulanan. Akan tetapi kalian tahu nggak jika kebiasaan itu malah membuatmu menjadi boros?

Ketika kita berbelanja bulanan seakan akan kita menganggap seluruh barang yang kita butuhkan itu habis dan kita perlu untuk membeli persediaan itu. Padahal persediaan yang kita butuhkan itu masih cukup untuk persediaan pertengahan bulan atau malah mungkn akhir bulan. Belum lagi bebbelanja di awal bulan kemungkinan besar kita akan tergoda untuk membeli barang barang yang sebenarnya tidak kita perlukan. Misalnya membeli camilan camilan yang berbungkus, minum kaleng serta mie instan.

Mulai sekarang lebih baik kalian berbelanjalah jika kalian itu memang membutuhkan barang tersebut.

  1. Kalian jangan malas untuk mensurvei harga di tempat makan

Siapa bilang jika hemat itu tidak boleh makan makanan yang enak? Kalian tetap bisa kok untuk makan makanan yang enak serta mencoba cafe atau restorant baru yang ada di sekitarmu. Tapi ada sayaratnya kalian jangan malas untuk mensurvei harganya.

Kalian bisa survei harganya dengan cara membaca blognya orang atau nanya pada teman yang pernah pergi ke sana. Selain bisa mengatur budget makanmu, kalian juga nanti bisa tahu review orang orang tentang tempat makan itu. Jadi kalian tidak akan pernah menyesal deh untuk makan di sana. makan makanan enak, serta hemat.

  1. Menentukan hari untuk mengambil uang bulanan

Setiap kali kalian perlu uang, kalian mengambil uang bulanan di ATM, yuk pelan pelan untuk mengubah kebiasaan ini. Karena kenapa? Sebab setiap hari kalian pasti perlu menggunakan unang bulanan tersebut untuk makan atau membeli bensin.

Setiap kali makan atau membeli bensin memakai uang bulanan akan membuatmu menjadi boros sebab penarika uang yang tidak terkontrol. Sebisa mungkin nih, tentukanlah pada hari apa kamu mengambil uang bulananmu itu. Gunakanlah uang kalian itu dengan sebaik baiknya sampai untuk hari penarikan selanjutnya.

  1. Cucilah baju kalian sendiri

Memang mencuci itu kedengarannya mengahbiskan waktu yang banyak. Akan tetapi, dengan mencuci baju sendiri adalah salah satu cara untuk menghemat uang secara efektif. Jika kalian menyediakan uang 100 ribu setiap bulannya untuk laundry saja, cobalah pikirkan jika uang kalian itu kamu ubah menjadi uang makan? Lumayan kan untuk menambah budget makan di restoran.

  1. Kalian jangan tergoda oleh diskon

Memang yang satu ini pasti sulit. Hanya diskon 10% saja rasanya tidak bisa untuk dilewatkan. Memang susah, tapi kalian harus bisa menahan diri dari diskon tersebut. Biasanya diskon hanya akan membuat kalian membeli barang barang yang sebagian besar tidak kalian gunakan atau butuhkan. Selain itu, kebanyakan model yang dijual diskon adalah model lama serta harga sudah dinaikkan dulu sebelum dijual. Rugi kan? Daripada membelii barang barang diskon, lebih baik tabung saja uangmu. Siapa tahu nanti ada barang yang mirip serta berkualitas dan harganya lebih murah.Demikian artikel yang dapat saya sampaikan tentang 5 tips menghemat uang bulanan semoga bermanfaat untuk kalian, terima kasih.

Gravatar Image
Saya adalah orang yang pantang menyerah. Apapun tantangan yang dihadapi seberat apapun tantangan itu SAYA akan selalu siap menghadapinya. Untuk itu jangan gampang putus asa.

Leave a Reply