7 Bahaya Terlalu Banyak Minum Kopi

7 Bahaya Terlalu Banyak Minum Kopi

Posted on

Kopi adalah salah satu jenis minuman yang sangat popular di dunia sejak zaman dahulu. Minum kopi juga memang kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang di dunia ini termasuk orang Indonesia. Di Indonesia sendiri jenis kopi sudah banyak dan yang paling menjadi minat adalah kopi luwak. Kopi mengandung senyawa kafein yang berbentuk kristal dan mempunyai rasa pahit. Kopi bekerja untuk menghasilkan diuretik ringan dan psikotonik yang kuat. Pada dasarnya manfaat meminum kopi adalah baik untuk tubuh dan bisa meningkatkan energi.

Kopi diaggap bermanfaat untuk kesehatan, tapi meminum kopi terlalu banyak juga bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Hal ini disebabkan karena kandungan kafein yang terdapat pada kopi. Umumnya, kopi bahan kimia yang terkandung dalam kopi bisa maningkatkan kolestrol. Dan terlalu banyak kafein juga bisa menyebabkan insomnia, mudah marah, dan gangguan pada pencernaan. Berikut ini adalah bebrapa bahaya terlalu banyak minum kopi.

1. Kematian Dini

Kematian Dini

Jika seseorang mengkonsumsi kopi lebih dari 4 cankir per hari, hal ini akan berkaitan dengan kematian dini. Karena kopi itu mengandung banyak bahan kimia yang seharusnya memang tidak dikonsumsi terlalu banyak. Orang yang senang minum kopi akan beresiko pada kematian yang disebabkan karena penyakit jantung. Selain itu juga ada penyakit lain seperti gangguan pernapasan kronis, diabetes, dan bunuh diri.

2. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan Darah Tinggi

Dalam sebuah study diterangkan bahwa kafein itu akan meningkatkan kekauan arteri besar dengan cepat ada orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Kafein bisa meningkatkan tekanan darah. Dengan mengkonsumsi kopi yang sepenuha berkafein bisa meningkatkan tekanan darah secara substansial. Kandungan kafein juga bisa meningkatkan detak jantung. Oleh karena itu, bagi penderita darah tinggi lebih baik menghindari untuk mengkonsumsi kopi yang terlalu banyak.

3. Meningkatkan Kolesterol

Meningkatkan Kolestrol

Terlalu banyak meminum kopi dapat meningkatkan kolestrol. Meningkatnya kolestrol di akibatkan oleh minyak yang terdapat dalam kopi bisa disebut terpene. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa kafein dapat mempengaruhi metabolisme tubuh. Sementara studi lain mengatakan bahwa minum kopi lebih dari 4 cangkir per hari bisa meningkatkan kadar kolestrol darah hingga sebesar 8 persen. Kandungan kafein yang bersifat bisa menyerap vitamin dan  mineral serta cairan dalam tubuh. Sehingga daya tubuh menjadi lemah karena kekurangin cairan. Maka lebih baik minu air putih yang banyak setelah minum kopi.

4. Menyebabkan Penyakit Jantung

Menyebabkan Penyakit Jantung

Telah banyak penelitian yang menemukan fakta bahwa minum kopi bisa menyebabkan penyakit jantung koroner. Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui hubungan kafein yang dikonsumsi dalam kopi dengan penyakit jantung koroner.

5. Gangguan Pada Pencernaan

Gangguan Pada Pencernaan

Orang yang terlalu banyak mengkonsumsi kafein bisa menyebabkan gangguan pada pencernaanya. Penyebabnya adalah karena minum kopi saat keadaan pelut masih kosong. Kebiasaan minum kopi di pagi hari seelah bangun tidur itu tidak baik. Kandungan kafeinnya bisa meningkatkan kadar asam lambung yang bisa menimbulakan sakit maag. Tidak hanya itu, kopi juga bisa mengakibatkan seseorang susah utnuk buang air besar yang lancar.

6. Menjadikan Penyakit Diabetes

Menjadikan Penyakit Diabetes

Kopi bisa meningkatkan kadar gula darah. Sebuah penelitian menujukkan bahwa dampak negatif terhadap control gula darah dari satu porsi kopi sama dengan mengandung 100 mg kafein itu. Pada intinya adalah study itu mengatakan bahwa kafein juga dapat meengakibatkan meningkatnya kadar gula darah yang beresiko menjadi penyakit diabetes.

7. Menjadikan Penyakit Ginjal

Menjadikan Penyakit Ginjal

Produksi urin menjadi meningkat. Kafein yang bisa mningkatkan aliran darah ke ginjal, sehingga orang yang mengkonsumsinya akan lebih sering buang air kecil. Selain itu ginjal juga bisa menjadi tegang karena kafein. Kafein bisa menjadi stimulant dan bisa merangsang pada aliran darah. Sehingga tekanan darah menjadi meningkat dan ginjal menjadi stress. Kafein yang dikonsumsi dalam jangka panjang bisa mengakibatkan penyakit gagal ginjal kronis. Hal ini berkaitan dngan terbentuknya batu ginjal dengan kalsium ekskresi dalam utin yang meningkat karena mengkonsumsi kafein.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply