Fokuslah Pada Jalan Hidupmu!
Fokuslah Pada Jalan Hidupmu!

Kamu Sulit Mengendalikan Emosi? Berikut Tips Ampuhnya!

Posted on

Emosi yang semakin memuncak disaat orang terdekat tak bisa mengerti akan keadaanmu dan malah membuatmu semakin tersulut emosi. Dan juga dengan banyaknya tugas-tugas yang belum selsai kamu kerjakan dan membuat keadaanmu semakin buruk. Dan saat-saat itulah emosimu sedang diuji. Karena itulah sangat penting untuk kamu mengendalikan emosimu.

Karena mengendalikann emosi itu akan sangat penting bagi dirimu. Sebab ini tidaklah baik bagi kesehatan emosi serta akan memancarkan aura yang negatif yang bisa membuat diri semakin terpuruk. Dan bisa jadi kamu nanti malah tergelincir pada situasi yang bisa merugikanmu dan orang lain ketika tidak bisa mengendalikan emosi. Karena itulah disini saya akan memberikan tips mengatasi emosi yang sangat ampuh.

1. Mencari Penyebab Munculnya Emosi

marah
Bukannya Marah Tapi Carilah Penyebabnya

Seseorang yang pandai mengatur emosi akan bisa dengan mudah mengenali penyebab emosi tersebut. Dalam hal ini ketika seseorang emosi dia harus tahu apa yang menyebabkannya emosi dan mencermati mengapa hal itu bisa terjadi, sehingga bisa tahu apa yang dapat memicu emosi. Setelah itu carilah dan telitilah gerak tubuh yang menunjukkan kamu sedang emosi. Misalnya, tangan akan muali berkeringat, jantung yang berdebar lebih kencang, kepala merasa pusing, atau yang lainnya. Karena dengan kamu mengetahui hal tersebut maka kamu bisa menghindari emosi yang mulai memuncak.

2. Biarkanlah Otak Berfikir Lebih Banyak

ruang sendiri
Biarkanlah Otakmu Berfikir Dengan Tenang

Biasanya ketika seseorang tidak bisa mengendalikan emosi maka akan melakukan banyak hal secara tiba-tiba dan ujung-ujungnya nanti malah akan menjadikan suatu penyesalan pada apa yang telah dilakukan sebelumnya. Dengan reaksi itu sebaiknya ketika sedang emosi lebih baik untuk diam sejenak dan tidak mengerjakan sesuatu selama 6 detik. Karena dengan melakukan hal ini bisa mengurangi tingkat emosi. Hal ini juga bisa menjadikan otak untuk berfikir dan belajar sekaligus mengetahui apa yang akan kita lakukan nanti menimbulkan dampak yang besar atau tidak. Dan juga untuk mengetahui apakah ini benar atau salah.

3. Lebih Fokus Pada Hal yang Bisa Kita Kontrol

Fokuslah Pada Jalan Hidupmu!
Fokuslah Pada Jalan Hidupmu!

Untuk mengendalikan emosi itu sangatlah sulit terlebih lagi jika faktor utamnya dari eksternal seperti bos di tempat kerja yang super galak, panasnya cuaca ditambah macet, atau teman kerja yang seenaknya sendiri dan ceroboh. Mereka semua adalah hal yang tidak bisa kamu kendalikan sendiri kecuali dari orang tersebut. Nah, untuk situasi ini kamu tidak perlu mengubahnya karena hal yang harus kamu ubah adalah diri kamu sendiri yaitu dengan mengerjakan sesuatu yang lebih baik, dan abaikanlah mereka yang tidak ada urusannya denganmu tetap kerjakanlah apa yang dapat kamu kerjakan.

4. Memaafkan dan Melupakan

maafkan
Maafkan dan Lupakanlah

Alasan seseorang masih dalam keadaan emosi padahal kejadiannya sudah berlalu adalah dengan mengungkit-ungkit masalah tersebut sehingga emosi yang sudah reda kembali muncul lagi. Nah, salah satu caranya agar emosi tidak terluapkan lagi adalah dengan memaafkan dan melupakan. Maafkan sajalah mereka yang sudah memberikan kamu masalah dan lupakanlah kejadiannya. Sehingga kamu bisa fokus pada hal-hal yang penting dalam hidupmu dan berdampak positif pada kehidupanmu ke depannya. Selain itu kamu juga bisa terhindar dari balas dendam.

5. Intropeksi Dirilah

cintaidirimu
Intropeksi Diri

Disetiap masalah yang ada pada dirimu yang membuatmu selalu emosi maka lakukan intropeksi. Mengapa? Karena sudut pandang diri sendiri dan sudut pandang orang lain sudah berbeda. Mungkin kamu merasa sudah benar lalu ketika orang lain melihatmu dia mengatakan hal yang kamu lakukan adalah hal yang salah lalu kamu langsung emosi. Seharusnya setelah orang lain mengatakan hal itu kamu harus langsung mengoreksi diri dan jangan takut untuk mengakui kesalahan yang sudah kamu lakukan dan bila kamu merasa melakukan sesuatu yang benar namun orang lain menyalahkanmu maka beritahulah dia dan jelaskanlah mungkin saja dia belum mengetahuinya. Jangan langsung terbawa emosi selama masalahnya bisa diatasi dengan kepala dingin.

Gravatar Image
Saya hanyalah perempuan BIASA yang jauh dari kata SEMPURNA, tapi saya tidak akan membuat hidup saya menjadi biasa-biasa saja yang jauh dari kata sempurna. Saya akan membuat perjalanan hidup saya menjadi LUAR BIASA dan menjadikannya terlihat SEMPURNA.

Leave a Reply