mengatasi tidur mendengkur
mengatasi tidur mendengkur

7 Cara Ampuh Mengatasi Kebiasaan Mendengkur

Posted on

Mendengkur merupakan salah satu masalah tidur yang cukup mengganggu kenyamanan tidur, suara dengkuran terssebut terdengar sangat berisik dan membuat teman tidur anda menjadi terganggu dan tentunya teman anda merasa tidak nyaman. Kebiasaan mendengkur ini biasanya terjadi saat tubuh kita kelelahan setelah melakukan aktivitas seharian. Namun ada juga dengkuran yang telah menjadi kebiasaan saat anda tidur. Jika anda mengalami masalah ini sebaiknya segera di atasi. Karena hal ini selain tidak baik bagi kesehatan kita dan juga agar teman tidur kita tidak merasa terganggu.

Mendengkur sendiri, terjadi karena adanya sebuah getaran jaringan pada saluran pernapsan bagian atas.  Orang yang mendengkur ini sering kali mengalami sesak napas secara spontan dan tersedak. Maka dari itu segeralah untuk mengatasi hal yang satu ini, kali ini saya akan mengulas beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi tidur mendengkur :

mengatasi tidur mendengkur
mengatasi tidur mendengkur
  1. Mengubah posisi tidur

Posisi tidur anda bisa saja menjadi salah satu factor yang menyebabkan terjadinya dengkuran. Posisi tidur yang sebaiknya perlu anda hindari adalah dengan tidur terlentang dan tidur tengkurap. Ketika anda tidur dengan terlentang maka kondisi lidah anda akan tertekan ke dinding belakang tenggorokan, hal seperti inilah yang akan menyebabkan ersumbatnya saluran udara dan akan mengakibatkan suara dengkuran. Sedangkan jika  anda melakukan tidur dengan posisi tengkurap, hal ini akan membuat perut, dada, dan leher anda menjadi tertekan, yang hal ini akan menyebabkan udara menjadi tertekan dan membuat udara sulit untuk mengalir, ubahlah posisi anda untuk ke posisi miring, terutama miring pada sebelah kanan.

  1. Melakukan diet

Jika anda memiliki berat badan yang berlebih maka anda harus melakuakn det, hal ini bisa menjadi solusi untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur, hal ini di karenakan orang yang memiliki tubuh gemuk lebih memiliki potensi yang lebih tinggi untk muah mendengkur. Ini semua di sebabkan karena lemak terutama lemak yang ada pada leher ini lah yang dapat mempersempit diameter tengorokan sehingga menyebabkan aliran udara menjadi terhalangi. Maka mulailah dari sekarang untuk melakukan diet untuk mengatasi tidur yang mendengkur.

  1. Berhenti merokok

Merokok, selain dapat merusak berbagai organ tubuh manusia, juga dapat menjadi salah satu faktor trejadinya dengkuran. Karena merokok dapat menimbulkan iritasi pada selaput lender  pada saluran pernapasan, sehingga hal ini akan menimbulkan pembengkakan dan mingkatkan produksi yang sangat berlebihan, kemudian ha tersebut juga dapat menyumbat saluran pernapasan dan akhirnya mengakibatkan dengkuran saat tidur.

  1. Dengan melakukan istirahat yang cukup

Aktivitas pekerjaan yang kita kerjakan sehari- hari harus kita imbangi dengan istirahat yang cukup, ketika tubuh kita merasa kelelahan maka otot- otot yang ada dalam tubuh kita akan bekerja dengan tidak maksimal sehingga hal ini dapat memicu timbulnya dengkuran.

  1. Mandi dengan air hangat

Pada saat kondisi tubuh kita sedang tidak sehat, makan proses pertukaran udara menjadi terganggu, agar saluran pernapasan itu tidak tersumbat, hal ini bisa di atasi dengan cara mandi dengan mengguanakan air hangat.

  1. Banyak minum air putih

Ketika seseorang mengalami dehidrasi, proses pelepasan lender pada hidung dan pada langit – langit lunak menjadi terasa lengket. Hal itu dapat membuat anda menjadi tidur mendengkur. Maka dari itu, mulai sekarang perbanyaklah mengkonsumsi air putih.

  1. Hindari mengkonsumsi alcohol dan obat- obatan

Mengkonsumsi alcohol an juga obat- obatan merupakan pola hidup yang tidak sehat, dan akan berdampak buruk pada kondisi kesehatan anda dalam waktu jangka panjang. Dengan mengkonsumsi alcohol an juga obat- obatan mampu membuat syaraf dan otot pada bagian belakang tenggorokan menjadi lebih rileks, hal ini akan menyebabkan tenggorokan tidak bekerja dengan maksimal, dan akan menimbukan suara dengkuran yang sangat mengganggu.

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply