Kapal Hantu Terpopuler di Dunia

Kapal Hantu Terpopuler di Dunia

Posted on

Kapal laut merupakan sarana transportasi yang telah lama digunakan selama berabad-abad. Namun, dibalik manfaatnya tersebut ternyata banyak terselip kisah-kisah menyeramkan di balik kapal-kapal yang kandas berabad-abad tahun yang lalu. Dan telah diceritakan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Berikut adalah rangkuman tentang 7 kapal hantu paling terkenal di dunia.

  1. The Octavius
The Octavius

Diawali dengan kapal hantu The Octavius, kapal yang telah dilaporkan hilang selama 13 tahun lalu tersebut. Tiba-tiba saja ditemukan oleh sebuah kapal penangkap ikan paus bernama Herald Whaler pada tahun 1775 di laut Artik yang secara tidak sengaja menemukan sebuah kapal besar terapung-apung di lautan. The Octavius sendiri juga merupakan kapal penangkap ikan paus. Tidak ada tanda-tanda kehidupan di kapal tersebut. Hingga seorang kru kapal Herald memberanikan diri untuk menaiki kapal tersebut. Dan secara mengejutkan kru tersebut menemukan puluhan mayat kru kapal The Octavius tergeletak membeku. Diduga kru-kru tersebut mati kedinginan setelah lama tersesat di laut Artik dan kehabisan bekal. Setelah penemuan kapal tersebut hingga kini tersiar kabar banyak kapal-kapal penangkap ikan melihat penampakan The Octavius di lautan Artik. Namun, ketika didekati kapal tersebut mendadak menghilang di dalam kabut.

  1. The Joyita
The Joyita

Selanjutnya adalah kapal hantu The Joyita, pada tahun 1955 sebuah kapal disewa oleh sebuah kelompok nelayan yang berjumlah 25 orang yang digunakan untuk menangkap ikan di perairan pasifik selatan. Dalam persetujuan antara pihak penyewa dan pemilik kapal harus melapor setiap satu jam sekali. Tiba-tiba saja pada jam ketujuh kapal tersebut hilang kontak. Demi keselamatan para awak kapal, maka dikerahkanlah tim SAR untuk menemukan kapal tersebut. Setelah pencarian yang melibatkan semua tim SAR yang ada, akhirnya lima minggu kemudian ditemukan terapung-apung sejauh 600 mil atau 1000 km dari tempatnya menghilang. Dan tidak satu pun dari 25 awak kapal tersebut yang ditemukan. Dari hasil penyelidikan ditemukan beberapa ceceran darah di dek kapal. Sehingga dugaan pun muncul bahwa para pembajak telah membunuh seluruh kru kapal dan melemparnya ke laut.

  1. The Lady Lovibond
The Lady Lovibond

Berikutnya adalah kapal hantu The Lady Lovibond, kapal ini merupakan sebuah kapal yang digunakan sepasang pengantin baru untuk berbulan madu yang juga mengangkut beberapa kru kapal. Namun, tanpa diduga salah satu kru kapal yang bernama Simon Reed adalah mantan pacar si istri yang tidak dikenal oleh si suami. Dari informasi yang didapatkan, sepasang pengantin tersebut akhirnya terbunuh dengan belati oleh sang mantan pacar yang menaruh dendam tersebut. Bahkan seluruh kru lain yang tidak bersalah pun ikut dibunuh. Usai melakukan aksi kejamnya, Simon Reed pun bunuh diri dengan menabrakkan kapal tersebut ke gugusan karang  hingga tenggelam pada 13 Februari 1748. Cerita keangkeran kapal laut itu pun maih ada hingga sekarang. Kabar terakhir, beberapa nelayan mengaku pernah melihat kapal tersebut pada tahun 1998 ketika melintasi gugusan karang di tempat kapal tersebut tenggelam.

  1. The Mary Celeste
The Mary Celeste

Kapal hantu terpopuler selanjutnya adalah kapal bernama Mary Celeste. Sebuah kapal dagang yang terapung-apung di Samudera Atlantik pada tahun 1872 ini ditemukan tidak berawak. Sebelumnya diketahui kapal berkapasitas besar tersebut mengangkut sekitar 80 orang awak. Namun, anehnya ketika ditemukan kapal ini mengapung begitu saja di lautan tanpa ditemukan satu awak pun. Bahkan temuan lain menyebutkan bila kapal ini berada dalam kondisi yang sangat baik. Tidak ada kerusakan di dalam kapal serta layar kapal pun masih mengembang tanpa ada yang sobek. Cerita menakutkan lainnya mengatakan posisi barang-barang di dalam kapal masih berada dalam tempatnya. Jika kapal ini dibajak, kemungkinan barang-barang berharga pastilah menghilang dan setidaknya ada perlawaman yang bisa menimbulkan kerusakan. Namun, semua itu tidak ditemkan di kapal ini. Hilangnya kapal The Mary Celeste tersebut masih menjadi misteri hingga saat ini.

  1. The Flying Dutchman
The Flying Dutchman

Kapal hantu terpopuler di dunia lainnya adalah The Flying Dutchman. Sebuah kapal dagang asal belanda pada tahun 1700 an ini mengarungi Samudera untuk melakukan perjalanan ke daerah kolonial yang di duga ke Indonesia kala itu. Belum adanya terusan Suwes membuat kapal-kapal Eropa yang ingin ke Asia harus memutari benua Afrika dan Tanjung Harapan. Pertemuan arus antara Samudera Hindia yang hangat dan Samudera Atlantik yang dingin sehingga menjadikan arus laut di wilayah ini paling ganas di dunia. Sesuai dengan namanya Tanjung Harapan, setiap kapal yang melalui arus ganas di wilayah tersebut berharap agar kapalnya tidak tertelan oleh ganasnya arus. Namun Flying Dutchman yang dikendalikan oleh Hendrick Van Der Decken kapten kapal asal Belanda menjadi korban keganasan arus di Tanjung harapan tersebut. Kapal yang perlahan tertarik arus dan tidak mampu keluar lagi konon akhirnya membuat Van Der Decken kehilangan akal sehatnya sehinga membunuh istrinya yang ada di kapal saat itu. Tidak hanya itu, Van Der Decken yang bersumpah akan melawan pusaran raksasa selebar 300 km tersebut, akhirnya hilang bersama kapal tersebut dan tidak pernah ditemukan lagi. Namun, hingga kini banyak cerita yang mengatakan pernah melihat penampakan kapal tersebut.

Gravatar Image
Orang yang tidak pernah menyangka dirinya bisa masuk jurusan multimedia di sebuah SMK. Karena itu bukan tujuan saya selanjutnya setelah lulus SMP. SMA adalah tujuan selanjutnya, tapi SMK akan menjadi sekolah terakhir saya. Dan saya yakin kesuksesan seseorang itu didapat dari kerja keras dan do'anya. SMA atau SMK bukanlah masalah. Tiada hasil yang mengkhianati usahanya.

Leave a Reply