Sejarah Batik Indonesia

Posted on

 

Batik merupakan kain bergambar yang proses pembuatannya dilakukan secara khusus, ada yang di gambar atau menerakan motif ke suatu kain yang masih kosong, dan kemudian melali proses khusus, sehingga batik ini mempunyai cirri khas pada kain tersebut. Batik Indonesia sendiri oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai warisan Kemanusiaan untuk Budaya alisan dan Nonbedawi.

Batik sendiri ini merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni yang tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (Khususnya Jawa). Wanita di jawa di masa lampau menjadikan batik ini sebagai sebuah keterampilan dan sebagai sumber mata pencaharian, sehingga di masa lalu pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang eksklusif bagi para perempuan, sampai ditemukannya batik cap yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini.

Tradisi batik ini pada awalnya hanya tradisi turun-menurun, sehingga kadang-kadang batik motif dikenali dari segolongan keluarga tertentu. Beberapa batik dapat menunjukan status seseorang. Dan bahkan pada saat ini motif batik hanyalah dipakai oleh keluarga kerajaan Surakarta dan Yogyakarta.

Contoh Gambar Batik

Dan berikut ini macam-macam batik Indonesia berdasarkan dari daerah asalnya:

  1. Batik Jogja

Kota Jogja ini juga dikenal sebagai kota dengan kerajinan batiknya. Dan dahulu batik ini hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja. Akan tetapi saat ini siapa saja bebas menggunakan Batik Jogja ini. Ada 5 motif yang popular yang ada di Jogja yaitu batik kawung, motif parang kusumo, motif tambal, motif pamiluto, dan motif truntum.

  1. Batik Solo

Solo merupakan kota yang dikenal dengan kerajinannya, dan salah satunya adalah batik. Batik Solo ini sudah dikenal oleh banyak masyarakat bahkan hingga mancanegara.

  1. Batik Madura

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan batik yang satu ini apalagi dengan perlombaan karapan sapinya? Dan apakah anda mengetahui kalau Madura juga terkenal dengan batiknya yang bernilai tinggi. Batik Madura juga terlihat lebih cerah bila dibandingkan dengan batik yang lainnya, bahkan lebih tampak tegas dan berani.

  1. Batik Pekalongan

Salah satu kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan batiknya dan kerajinannya selain Kota Solo. Di batik Pekalongan ini kita dapat menjumpai kombinasi sekitar 10 warna sehingga batiknya ini terkesan atraktif namun tetap terkesan dinamis.

  1. Batik Jakarta

Mungkin sebagian besar dari anda belum megetahui betul tentang Batik Jakarta ini, akan tetapi batik yang asli Betawi ini memang benar-benar ada. Batik Jakarta ini juga tidak jauh kalah dengan batik Solo dan Pekalongan.

  1. Batik Cirebon

Batik Cirebon juga bisa disebut dengan Batik Megamendung. Batik ini sangatlah unik sekali dan sangatlah berbeda dengan batik kebanyakan lainnya. Dan untuk itu Pemerintah Indonesia juga berusaha agar Batik Cirebon bisa mendapatkan pengakuan sebagai salah satu World Heritage dengan Indonesia mendaftarkan ke lembaga PPB, UNESCO.

Selain dari batik-batik diatas tadi, masih banyak juga batik lain yang berasal dari penjuru Indonesia lainnya sangatlah indah dan cantik.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply