Asupan Sehat Dan Nggak Bikin Mual Bagi Ibu Hamil Muda
Asupan Sehat Dan Nggak Bikin Mual Bagi Ibu Hamil Muda

Asupan Sehat Dan Nggak Bikin Mual Bagi Ibu Hamil Muda

Posted on

Selamat atas kehamilanya ya ladies, sering kali pada usia kehamilan yang masih muda kamu menebak-nebak pantangan dan keharusan mengkonsumsi macam makanan. Hal tersebut tentu saja bertujuan baik untuk busa menjaga kesehatan dan perkembangan janin kamu. asupan makanan yang sehat amat diperlukan oleh ibu hamil disebabkan pada usia ini rentan mengalami keguguran. Selain itu, ada beberapa gangguan yang sering kali terjadi pada ibu hamil di trismeter pertama yaitu merasa mual, muntah hingga kehilangan nafsu makan. Padahal pada usia kehamilan trimester awak sangat penting untuk memenuhi asupan gizi, vitamin dan mineral sehingga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Asupan Sehat Dan Nggak Bikin Mual Bagi Ibu Hamil Muda

Lalu apa saja makanan yang sehat untuk ibu hamil muda? Hamil muda bukan beararti harus mengkonsumsi makanan dengan porsi yang lebih banyak namun memperhatikan kualitas makanan yang kamu konsumsi. Pengaturan makanan yang kamu konsumsi harus pas pada porsi yaitu disesuikan dengan pertumbuhan usia kehamilan, kebutuhan dan pertumbuhan janin. Terlebih bagi awal kehamilan dimana terjadi perubahan hormon yang meningkatkan sensitivitas yang bisa mempengaruhi ibu hamil muda.

susu

Kandungan yang terdapat di dalam susu bisa membantu kamu dalam mendukung pertumbuhan sel dan sarf baru pada sang bayi, memperbaiki jaringan yang rusak dan membantu pembentukan otot dan juga transportasi okeigen ke dalam rahim. Denagn terpenuhnya kebutuhan protein dan mineral maka bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Susu kedelai dapat menjadi jalan alterantif kamu yang mempunyai kecukupan vitamin d dan rasa yang berbeda juga tambahan manfaat bagi ibu hamil muda.

Ikan segar

Ikan merupakan makanan yang mengandung protein dan asam lemak omega 3 yang berguna membantu pembentukan otak janin walaupun demikian kamu harus berhati-hati karena kandungan merkuri pada jenis ikan tertentu akan menganggu pertumbuhan janin. Serta hindari juga mengkonsumsi ikan yang menath sebab bisa meningkatkan kadar lemak jenuh di dalam tubuh.

Produk sereal

Pada pagi hari kerap menjadi masalah bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan. Sehingga kamu bisa mengatasi gangguan rasa mual, muntah dan hilangnya nafsu makan dengan mengkonsumsi sereal. Selain memiliki variasi rasa yang bisa disesuikan dengan kamu, sereal juga mengandung aneka mineral, karbohidrat, vitamin B, dan kalsium yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi janin. Gandum utuh mengandung energy dan serat yang disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil.

Biji-bijian

Kamu juga bisa mengkonsumsi biji-bijian yang diperlukan dalam perkembangan system saraf pada bayi seperti biji kacang hijau yang menagndung asam folat dan vitamin B. selain itu biji-bijian berguna untuk menambah energy dan kekebalan tubuh ibu hamil muda.

Asupan air dan vitamin

Bagi ibu hamil kerap mengalami mual, maka kamu dapat mengkonsumsi lebih banyak air yang dicampurkan dengan sari buah tanpa ditambah gula. Sangat penting untuk menambah vitamin yang membantu mendukung masa kehamilan apalagi diusia kehamilan muda. Kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada bidan untuk mendapatkan vitamin yang sesuai dengan kebutuhan kandungan kamu.

Sayuran dan buah-buahan

Pada kehamilan trimester pertama di butuhkan banyak vitamin C dari jsu jeruk yang berguna menambah kekebalan tubuh dan juga memerangi infeksi. Selain itu kandungan dari asupan makanan yang kaya akan kandunganzat besi yang berguna menvegah dari penyakit anemia. Lengakapi juga dengan mengkonsumsi sayuran yang mengandung zat besi yang diperoleh dari sayuran hijau dan mampu meningkatkan jumlah hemoglobin ke sel-sel tubuh dan memberikan energy yang maksimal.

Adapun contoh makanan yang baik kamu konsumsi pada awal hamil muda adalah sebagai berikut :

Makan pagi

  • Susu khusus kehamilan
  • Telur setengah matang
  • Nasi goring
  • Jus buah segar

Makan siang

  • Sayur bening
  • Nasi
  • Ikan
  • Tempe goring
  • Buah jeruk

Makan malam

  • Susu ( mau tidur )
  • Nasi bakwan jagung
  • Bistik
  • Salad buah

Oke sobat, mungkin sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kamu.

Gravatar Image
Hay sobat, nama panjang saya Dwi Eksanti aka Desi, hidup itu berjuang tapi jangan pernah perjuangkan sesuatu yang tidak dapat di perjuangkan, stay cool pada jalanmu karena jalan yang di pilih diri sendiri itu bukti bahwa kamu "BISA DAN MAMPU". jangan lupa bahagia nggeh

Leave a Reply