manfaat kangkung bagi kesehatan
manfaat kangkung

11 Manfaat yang Dapat Kamu Peroleh Dari Sayur Kangkung

Posted on

Siapa sih yang gak tahu kangkung? Sudah pastinya kalian semua sudah pernah memakan jenis sayuran hijau yang satu ini bukan. Sayurang kangkung ini merupakan salah satu jenis makanan yang cukup di gemari oleh sebagian besar masyarakat, terutama pada masyarakat pedesaan. Selain karna harganya yang sangat murah, terjangkau untuk berbagai kalangan, dan juga mudah untuk di dapatkan. Ternyata kangkung juga memiliki khasiat sebagai obat dan sebagai pencegah dari berbagai penyakit. Dan berikut adalah beberapa manfaat kangkung bagi kesehatan :

manfaat kangkung bagi kesehatan
manfaat kangkung bagi kesehatan
  1. Dapat mencegah penyakit sariawan

Sayuran yang berwarna hijau ini, dipercaya mampu mencegah penyakit sariawan. Karna kangkung mengandung vitamin C, yang dapat mencegah sariawan dan juga gusi berdarah. Bagi anda yang sedang sakit gigi, kangkung bisa anda gunakan  sebagai obatnya, caranya, anda cukup dengan mengunyah daun kangkungnya saja, karna, daun kangkung memiliki kandungan antiseptic alami yang dapat membunuh kuman yang ada dalam mulut.

  1. Sebagai obat sulit tidur

Sayuran kangkung ini terkenal sebagai makanan yang pemicu datangnya kantuk. Nah, bagi anda yang sedang terkena insomnia ataau susah tidur, sangat disarankan untuk mengkonsumsi sayuran kangkung.

  1. Mengurangi rasa nyeri saat haid

Tak jarang, setiap wanita yang sedang menjalani masa haidnya merasakan nyeri. Kangkung dapat mengurangi rasa nyeri yang tak tertahankan. Anda dapat membuat ramuannya, dengan cara cukup menumbuk daun kangkunya laklu tambahkan sedikit air hangat, kemudian saring, tambahkan sedikit madu, ramuan siap untuk di minum.

  1. Sebagai pengontrol darah

Kangkung juga bermanfaat sebagai pengontrol darah dalam tubuh. Karena kangkung mengandung zat kimia yang dapat mencegah terjadinya pembekuan darah di pembuluh darah pada jantung dan otak.

  1. Mencegah bau mulut

Bau pada mulut tentunya hal ini sangat mengganggu aktivitas kita. Bau mulut ini sering kali kita alami di saat kita sedang puasa atau waktu kita mengkonsumsi makanan yang memiliki bau yang tidak sedap. Tak perlu khawatir, sayuran kangkung ini dapat menghilangkan bau pada mulut, hal ini di karenakan, kangkung mengandung minyak ensensial yang dapat mengurangi bau pada mulut.

  1. kangkung ini sangat baik untuk ibu hamil

sayur kangkung ini sangat baik bagi ibu hamil, terutama bagi ibu yang sedang menyusui. Karena kangkung ini mampu memperlancar ASI. Selain itu kangkung juga dapat mencegah terjadinya sembelit pada ibu hambil.

  1. Menjaga kualitas otak

Perlu untuk di ketahui, bahwa kangkung mengandung omega- 3 yang sangat bermanfaat untuk menjaga kualitas otak. Untuk ibu hamil, kangkung ini bermanfaat untuk menjaga kualitas otak si janin. Pada saat pertumbuhan si anak, ibu hanya cukup memberikan makanan yang bergizi untuk dapat meningkatkan kecerdasan si anak.

  1. Dapat menjaga kesehatan mata

Sayuran kangkung ini juga mengandung vitamin A, yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. untuk menjaga kualitas mata anda, anda harus mengkonsumsi sayuran hijau yang satu ini, terutama bagi anda yang menderita katarak, kangkung ini juga dapat mengurangi penyakit tersebut.

  1. Mencegah penyakit kolestrol

Sebagian besar orang Indonesia banyak yang terkena kolestrol. Hal ini bisa saja terjadi, karena orang Indonesia lebih mementingkan makanan yang mengandung karbohidrat. Maka dari itu, kita di sarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mampu mengontrol kadar kolestrol dalam tubuh.

  1. Menumbuhkann rambut

Hmm siapa yang ingin rambut lebat? Rambut merupakan salah satu anggota tubuh yang ribet perawatannya. Rambut yang sehat adalah rambut yang tidak rontok dan juga tidak bercabang. Bagi anda yang ingin menjaga kesehatan rambut, anda bisa melakukannya dengan cara mengkonsumsi sayuran kangkung ini. Karna kangkung ini bisa menjaga kerontokan rambut, dengan begitu, rambut akan menjadi tetap sehat,

Setelah kita membahas manfaat dari kangkung di atas, kita dapat melihat bahwa makanan sehat itu tidak harus mahal, makanan yang murah dan mudah di dapat pun memiliki kesehatan yang sangat baik untuk kesehatan.

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply