akibat merokok

11 Macam Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Akibat Rokok

Posted on

Rokok dan juga asapnya telah lama di ketahui bisa menyebabkan berbagai macam penyakit yang sebagian besar di antaranya bahkan terbilang dapat mematikan. Penyakit yang di sebabkan akibat rokok memang telah jelas di gambarkan pada setiap bungkus rokok, yang isinya menyadarkan para perokok bahwa meroko sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Pada dasarnya tidak ada satupun organ tubuh manusia yang tidak akan terpengaruh oleh asap rokok, karena hampir pada sebagian besar anggota tubuh bisa rusak karna rokok. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam rokok tersebut hampir sekitar 4000 senyawa kimia, dan 40 senyawa kimia tersebut termasuk racun yang dapat menyebabkan kanker. Ironisnya, bukan hanya si perokok saja yang akan menerima dampak yang di dapat dari asap roko tersebut, akan tetapi juga pada lingkungan serta orang lain yang ikut mneghirup asap rokok tersebut. untuk lebih memperjelas mengenai bahaya rokok, kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa macam penyakit akibat rokok yang dapat di derita oleh perokok aktif maupun perokok pasif :

bahaya merokok bagi kesehatan
  1. Kanker paru- paru

Telah di ketahui sekitar 90% kasus terjadinya kanker paru- paru disebabkan oleh rokok. Hal ini di karenakan asap rokok yang masuk kedalam paru- paru secara inhalasi. Zat yang terdapat dalam asap rokok ini akan merangsang sel paru- paru sehingga tubuh abnormal.

  1. Kanker kandung kemih

Kanker kandung kemih ini terjadi pada 40% orang yang suka merokok. Penelitian menunjukkan bahwa kadar tinggi dari senyawa 2- naphtylamine yang terdapat dalam rokok akan berubah menjadi karsinogen yang mengarah pada resiko terkena kanker kandung kemih.

  1. Kanker kerongkongan

Para ahli  mengatakan bahwa asap rokok dapat merusak DNA dari sel- sel eofagus yang dapat menyebabkan kanker kerongkongan. Sekitar 80% orang yang terkena penyakit kanker kerongkongan adalah perokok.

  1. Kanker mulut

Bahan baku dari rokok adalah tembakau, dan tembakau itulah yang menjadi penyebab utama terjadinya kanker mulut. Telah banyak di ketahui bahwa perokok 6 kali lebih besar terkena kanker mulut jika di bandingkan dengan orang yang berpola hidup sehat dengan tidak merokok. Sedangkan orang yang merokok dengan tembakau tanpa asap akan beresiko 50 kali lipat lebih besar.

  1. Kanker tenggorokan

Asap rokok yang terhirup sebelum masuk pada paru- paru, terlebih dahulu akan melewati tenggorokan, karenanya terjadinya kanker tenggorokan ini berkaitan dengan perokok.

  1. Kanker payudara

Perempuan yang merokok lebih besar resikonya untuk mengembangkan kanker payudara. Para penelitian telah menunjukkan bahwa perempuan yang telah merokok pada usia 20 tahun dan pada saat 5 tahun sebelum hamilnya yang pertama, ia akan beresiko lebih besar terkena payu dara.

  1. Kanker pencernaan

Meskipun asap rokok masuk keparu- paru tanpa harus melewati alat pencernaan kecuali mulut, terkadang ada beberapa asap yang tertelan sehingga hal ini dapat meningkatkan resiko terkena kanker pencernaan.

  1. Terkena serangan jantung

Kandungan nikotin yang terdapat dalam asap rokoklah yang menjadi penyebab utama terkenanya serangan jantung. Yang awalnya nikotin ini akan menyebabkan jantung bekerja dengan lebih cepat dan juga dapat meningkatkan tekanan darah. Dan sedangkan karbon monoksida mengambil oksigen yang ada dalam darah lebih banyak, yang akibatnya jantung akan memompa darah lebih banyak. Apa bila jantung bekerja dengan keras dan di tambah dengan tekanan darah tinggi , makan hal ini akan menyebabkan terjadinya serangan jantung.

  1. Penyakit jantung koroner

Sebagian besar penyakit jantung koroner ini di sebabkan oleh rokok dan hal ini akan memburuk jika si penderita memiliki penyakit lain misalnya : diabetes mellitus

  1. impotensi

toksim yang di hasilkan dari asap rokok ini dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pada aliran peredaran darah menuju penis yang dapat mengakibatkan penis tidak terjadi ereksi.

  1. Gangguan pada kehamilan dan janin

Merokok atau hanya sekedar menghisap asap rokok saat hamil akan menyebabkan dampak buruk pada janin yaitu memperlambat tumbuh kembang si janin, dan dapat meningkatkan resiko bayi lahir dengan kondisi berat badan bayi yang sangat rendah, selain itu dengan rokok ini juga dapat meningkatkan terkena nya potensi keguguran pada kehamilan.

Demikianlah 11 macam penyakit yang berbahaya akibat rokok yang akhirnya dapat berujung pada kematian. Semoga dengan membaca artikel ini anda dapat membuka mata anda untuk lebih menyadari tentang pentingnya pola hidup sehat dengan  menghindari rokok. Semoga bermanfaatJ

Gravatar Image
. Menurut kebanyakan orang yang belum mengenal saya, mereka menilai saya orang yang pendiam. pada kenyataanya saya adalah orang yang cukup cerewet.

Leave a Reply