11 Akibat Kurang Minum Air Putih
11 Akibat Kurang Minum Air Putih

11 Akibat Kurang Minum Air Putih

Posted on

Minum air putih merupakan salah satu kegiatan wajib setiap manusia. Selain dapat menyegarkan tenggorokan, minum air putih juga dapat melancarkan proses pencernaan dalam tubuh dan menigkatkan metabolisme tubuh. selain dua hal tersebut, air putih juga memiliki manfaat lain bagi tubuh, yaitu:

  • Sebagai zat katalisator
  • Sebagai zat pelarut dalam tubuh
  • Sebagai zat untuk mengatur suhu tubuh
  • Menjaga kesehatan tubuh
  • Mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh
  • Dan sebagai penyedia elektrolit bagi tubuh

Cukup banyak kan manfaat air putih bagi tubuh kita? Walupun air putih memiliki manfaat yang cukup banyak bagi tubuh, namun masih ada banyak orang yang tidak mau mengkonsumsi air putih yang cukup.

akibat kurang minum air
Akibat Kurang Minum Air Putih

Orang-orang yang kurang minum kurang air putih tersebut akan mengalami hal-hal berikut:

  1. Mudah Lelah

Akibat pertama yang dirasakan oleh orang yang kurang mengkonsumsi air putih adalah mudah lelah. Hal ini dikarenakan saat seseorang kurang minum air putih, metabolisme dan cairan dalam tubuh akan berkurang secara drastis, sehingga mengakibatkan orang tersebut mudah merasa lelah walaupun hanya mengerjakan pekerjaan yang ringan.

  1. Masalah Pada Pencernaan

Cairan yang masuk ke dalam tubuh terutama air putih sangat diperlukan untuk membantu proses pencernaan dan metabolisme dalam tubuh. Mengkonsumsi air yang sedikit akan mengakibatkan beberapa masalah pencernaan seperti:

  • Susah BAB
  • Susah buang air kecil
  • Sakit perut
  • Dan diare
  1. Kulit Kusam

Kesegaran tubuh dan kulit akan dapat terjaga dengan rajin mengkonsumsi air putih. Dan efek dari kurang minum adalah tubuh akan terlihat kurang segar dan kulit akan terlihat kusam.

  1. Mengganggu Fungsi Ginjal

Kurang minum air putih tidak hanya menimbulkan gangguan pada pencernaan dan metabolisme tubuh, fungsi ginjal pun juga akan terganggu. Hal itu dikarenakan ginjal merupakan salah satu organ yang dibutuhkan saat proses pencernaan, jadi saat proses pencernaan terganggu, ginjal pun juga ikut terganggu. Selain ginjal, ada beberapa organ pencernaan lain juga ikut terganggu, yaitu:

  • Lambung
  • Usus
  • Hati
  • Saluran kencing
  • Kandung kemih
  • Tenggorokan
  1. Kurang Bisa Konsentrasi

Daya konsentrasi dikontrol oleh otak, jika otak kurang cairan maka daya konsentrasi akan menurun.

  1. Halusinasi

Halusinasi adalah keadaan di mana seseorang melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Salah satu penyebab seseorang sering halusinasi adalah kurangnya orientasi yang disebabkan karna kurang minum air putih.

  1. Mudah Mengantuk

Air putih berfungsi untuk menjaga kesegaran tubuh, jika tubuh kurang mendapatkan cairan maka akibatnya adalah tubuh terasa lesu dan mata akan mudah mengantuk.

  1. Tenggorokan Kering

Setiap orang pasti merasakan yang namany tenggorokan terasa kering dan haus, dan satu-satunya cara untuk menghilangkan haus adalah dengan minum air. Jika kita terus membiarkan tenggorokan kita dalam keadaan kering, akibatnya adalah tenggorokan kita akan mengalami radang.

  1. Kepala Pusing

Otak yang kurang cairan juga akan menyebabkan kepala mudah sakit dan pusing.

  1. Urin Berwarna Pekat

Saat tubuh kurang cairan, salah satu ciri yang paling mudah dideteksi adalah urin yang berwarna pekat. Apabila kondisi tubuh seseorang itu normal, maka urinnya berwarna putih atau kuning jernih. Namun jika orang tersebut kurang minum, urinnya akan berwarna kuning pekat.

  1. Nyeri Saat Buang Air Kecil

Salah satu hal lagi yang menjadi ciri-ciri tubuh kurang cairan adalah rasa nyeri saat buang air kecil. Hal ini terjadi karna kandung kemih yang sudah mengalami infeksi akibat kurang cairan, karna pada dasarnya kandung kemih membutuhkan cairan yang cukup untuk melakukan proses pembuangan dengan sempurna.

Pada dasarnya, tubuh manusia dewasa terdiri dari 60% air, sedangkan tubuh bayi terdiri dari 80% air. Hal inilah yang menunjukkan bahwa tubuh manusia sangat membutuhkan air yang cukup setiap harinya. Para ahli menyarankan kita harus mengkonsumsi 8 gelas air per harinya, dengan ukuran gelas 200 ml.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply