Sudahkah anda mengenali Budayamu sendiri? Yuk baca selengkapnya!

Posted on

Apa sih itu budaya? Perlukah kita mengetahui? Pastilah perkataan itu yang muncul dalam pikiran anda bukan. Budaya yaitu sesuatu yang mempengaruhi tingkat pengetahuan, meliputi sistem idea tau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, misalkan dalam kehidupan sehari-hari, dan kebudayaan itu bersifat abstrak. Dan kata budaya atau kebudayaan sendiri berasal dari kata Sanskerta yaitu buddhayah, yang mengandung arti bentuk jamak dari buddhi (akal atu budi) dan diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

gambar-budaya

Dan berikut ini merupakan beberapa manfaat bila kita mempelajari ilmu budaya:

  1. Mengenal perilaku lebih dalam dirinya sendiri maupun orang lain yang sebelumnya kenal luarnya saja.

Dengan anda memahami karakter seseorang lebih dalam itu akan membuat anda mengetahui sifat atau karakter yang ada di dalam orang tersebut, dan bukan hanya mengenal luarnya saja. Sehingga dalam anda bergaul jauh akan lebih luwes.

  1. Sebagai bekal penting untuk pergaulan hidup.

Pada dasarnya manusia merupakan mahluk individu, yang berarti manusia itu tidak dapat hidup sendiri dan memerlukan bantuan orang lain.

  1. Perlunya sikap luwes dalam pergaulan setelah anda mendalami perasaan manusia dan jiwa, serta anda mengetahui perilaku manusia.

Hendaknya dalam anda bergaul usahakanlah menjaga sikap dan sifat anda agar terjalinnya hubungan yang harmonis.

  1. Mampu menghargai budaya yang ada di sekitar dan ikut mengembangkan budaya bangsa serta mau melaestarikan budya nenek moyang anda.

Sebagai bangsa Indonesia yang kaya akan budaya, kita sebagai masyarakat patut bangga akan adanya budaya yang kita melii ini. Dan kitapun dapat memperkenakan budaya kita pada masyarakat luar, sehingga mereka itu mengetahui akan adanya budaya yang kita miliki ini. Dan bahkan hubungan kita dengan masyarakat luar kan makin erat.

  1. Dapat membangun sifat kebudayaan yang universal dan dinamis.

Sifat kebudayaan universal diantarannya ialah ilmu pengetahuan, pandangan hidup, nilai, kepercayaan, persepsi, etos. Dan ilmu pengetahuan disini merupakan pikiran manusia betapa pentingnya pengetahuan bagi mereka. Sehingga mereka bisa belajar dari lingkungan sekitarnya, yaitu melalui proses sosialisasi atau proses belajar. Misalkan yang tadinya tidak bisa menjadi bisa, yang tadinya bodohh menjadi pintar. Ini merupakan sesuatu yang sangat penting, berharga dan berguna.

  1. Sebagai calon pemimipin bangsa serta ahli dalam disiplin ilmu tidak jatuh kedalam sifat-sifat kekotaan dan kedaerahan sebagai disiplin ilmu yang kaku.

Sebagai pemimpin bangsa kita perlu mencuptakan sifat jujur, disiplin, dan bertanggung jawab. Kita harus bertanggung jawab atas janji-janji kita sebagai pemimpin, dan selalu melihat bagaimana keadaan rakyatnya nanti, baik kalangan bawah atupun kalangan atas.

  1. Dapat mengenal lebih jauh akan unsure-unsur budaya, seperti kekerabatan, kepercayaan, ilmu pengetahuan, mata pencaharian, bahasa, seni dan teknologi.

Unsur-unsur kebudayaan antara lainnya: percaya bahwa mereka di dunia ini tidak sementara, dan akan ada kehidupan lagi setelah mereka mati.

Gravatar Image
Fitri Aulia Rahmah, itulah nama yang dikasih dari kedua orangtua saya. Hidup Adalah Pilihan! Seperti halnya memilih jurusan saat kita mau masuk sekolah, dengan pilihan yang kita pilih itu akan membawa kita ke dalam dunia yang sebenarnya atau dunia yang akan kita hadapi nantinya.

Leave a Reply