10 Kebiasaan yang Membuatmu Pantas Menjadi Seorang Ibu Rumah Tangga yang Baik

Posted on

Peran sebagai ibu rumah tangga pasti akan kamu jalankan nanti ketika kamu sudah berubah menjadi dewasa dan menikah. Berpisah dengan rumah tangga orang tuamu dan membangun rumah tangga yang baru dengan pasanganmu bukanlah sebuah hal yang mudah, berumah tangga tidak hanya sebatas menjadi pasangan yang sudah halal saja, banyak rintangan yang harus kalian lewati bersama sama yang bisa menjadikan sebuah makna baru didalam kehidupan anda.

Oleh karena itu, cobalah untuk belajar menjadi ibu rumah tangga yang baik jauh hari sebelum nanti kamu akan merasakannya. Walaupun kamu masih belum memiliki seorang pasangan yang serius, tapi apa salahnya untukmu belajar bukan? Pasti belajar menjadi ibu rumah tangga sejak sekarang sangat bermanfaat untuk anda nanti, kamu akan lebih dewasa melewati tahap tahap yang belum kamu lewati sekarang. Coba bandingkan dengan mereka yang sudah berpacaran lama, tapi belum sanggup untuk menikah hingga sekarang? Inilah beberapa kebiasaan yang harus kamu lakukan agar kamu nantinya bisa menjadi ibu rumah tangga yang baik :

Menjadi seorang ibu sudah mewajibkanmu menjadi seorang wanita yang sabar

Belajar lebih sabar

Karena mereka baru  merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang ibu, kebanyakan dari mereka masih kurang sabar dalam mengahadapi banyak hal. Oleh karena itu, tak salah kan bila kamu sudah mulai belajar dari sekarang? Apakah kamu tega ketika bayimu tengah malam nangis kelaparan membutuhkan ASI darimu, tapi kamu malas dan emosimu menjadi naik sebab bayimu tak kunjung diam? Mungkin tidak jika si kecil memecahkan barangmu, lalu kamu justru memarahinya? Inilah yang selalu dibutuhkan seorang ibu, sebuah kesabaran yang tinggi untuk merawat anaknya menjadi dewasa dengan pribadi yang baik dan sabar seperti ibunya.

Belajar untuk tidak jijik dari sesuatu yang kotor, karena bayimu tidak akan bersih jika kamu jijik untuk membersihkannya

Belajar untuk tidak jijik dengan kotor

Alangkah bermanfaatnya jika kamu mau belajar untuk tidak takut kotor, sebab nanti kamulah yang akan membersihkan bayimu dari kotoran, atau mungkin bayimu sedang muntah saat kamu menggendongnya, pasti kamulah yang akan membersihkannya buka orang lain lagi. Oleh karena itu belajarlah mulai sekarang, rajinlah membersihkan kamar, membantu ibumu membersihkan rumah, atau yang lainnya.

Sebagai seseorang yang pandai memasak sudah menjadi kewajibanmu

Menjadi seorang yang pandai memasak

Kamulah yang harus bertanggung jawab atas semua yang menjadi makanan keluargamu nanti, apalagi bayimu yang masih sensitif. Kamu yang harus memperhatikan kesehatannya, sebab kamu adalah ibunya, mengontrol makanannya, memberinya nutrisi untuk tubuh. Mulai sekarang belajarlah untuk selalu hidup sehat, agar kamu terbiasa ketika sudah menjadi ibu rumah tangga.

Jangan takut untuk periksa kesehatan

Perisakan kesehatanmu mulai sekarang

Kamu tak perlu takut untuk cek kesehatanmu mulai sekarang, sebab jika kamu memiliki sebuah virus yang terduga dan kamu rajin memeriksa kesehatan pasti kamu bisa mendapatkan pertolongan sebelum virus itu menyebar pada tubuhmu.

Berhentilah melarang larang orang tanpa alasan

Berhentilah melarang tanpa alasan logis

Cobalah untuk mengembangkan kemampuanmu ketika kamu melarang seseorang, ini sangat berguna jika kamu sudah mempunyai anak nanti. Ketika anakmu ingin melakukan suatu hal tapi hatimu tak mengijinkannya, mungkin karena rasa khawatirmu yang tinggi kepadanya, cobalah untuk memberikan alasan logis, sebab bisa saja anak menjadi bandel karena sering dilarang ini itu oleh orang tuanya.

Nanti, kamu akan lebih mengutamakan kebutuhan anakmu daripada kebutuhan pribadimu

Mengutamakan kebutuhan buah hati

Ketika kamu nanti sudah menjadi ibu, kamu akan mengorbankan apapun demi anakmu. Sebab anak sudah menjadi duniamu, ketika kamu akan melakukan ini kamu pasti ingat anakmu. Oleh karena itu, sudah bisa dikatakan bahwa anak adalah duniamu, kebutuhannya yang lebih diutamakan daripada kebutuhan pribadimu, belajarlah untuk tidak boros mulai sekarang, sebab nanti kamu harus membagi uangmu untuk keluargamu juga.

Tak salah jika kamu belajar menjadi seseorang yang cekatan mulai sekarang

Belajar lebih cekatan

Mungkin saja disuatu waktu ketika ada tamu yang datang pagi pagi kerumahmu, tapi anakmu merengek untuk dibuatkan susu dan kamu juga harus menyiapkan suamimu yang akan berangkat kerja, sementara kamu juga seorang wanita karier. Kamu harus lebih cekatan tapi hati hati dan selesai semuanya.

Belajar untuk tetap tampil cantik tapi tidak ribet

Tetap tampil cantik tapi tidak ribet

Cantik itu sederhana, tidak selamanya cantik itu ribet. Apalagi keadaanmu sekarang sudah menjadi seorang ibu ibu, pasti yang kamu rawat bukanlah dirimu sendiri, anak anakmu dan suami membutuhkan perawatan darimu. Jadi mungkin saja, bila kamu tidak mempunyai waktu untuk berdandan seperti ketika kamu masih muda yang menghabiskan banyak waktu hanya untukmu. Cobalah untuk tampil sederhana tapi tetap cantik.

Belajar menjadi pendengar yang baik, sebab ibu adalah pendengar yang baik untuk keluarganya

Belajar menjadi pendengar yang baik

Jika kamu sudah siap menjadi ibu, itu artinya kamu sudah siap mendengar segala celotehan anakmu yang polos dan sudah mulai bisa bicara itu. Dia akan bercerita panjang lebar dan dia membutuhkanmu untuk selalu mendengarkannya. Jadi, tak salah kan bila kamu harus belajar mulai sekarang?

Menjadi ibu itu melelahkan, tapi pasti ada sebuah alasan yang membuatmu untuk tetap bertahan

Ada alasan untuk membuatmu bertahan

Cobalah untuk bertanya pada ibumu, seperti apa perjuangannya dulu sampai kamu sudah menjadi sedewasa ini. Bayangkan apa yang akan kamu lakukan nanti ketika anakmu sedang sakit, pasti sampai tengah malam kamu akan selalu berada disampingnya, memandikannya, mengompresnya, menghisap hidungnya ketika dia sedang pilek, menenangkannya kembali ketika dia tiba tiba terbangun di malam hari. Namun percayalah semua perjuanganmu tidak akan sia sia, pasti ada sebuah alasan untukmu tetap bertahan dalam kondisi seperti ini, disinilah kamu akan bersyukur jika kamu memiliki seorang suami yang mau kamu ajak bekerja sama untuk urusan rumah. Tak perlu sedih, sehebat apapun orang pasti juga memerlukan bantuan kan?

Gravatar Image
Paling suka berimajinasi, hobinya membaca. Nggak suka terlalu serius, lebih suka yang pasti. Selalu berusaha agar bisa memberi mahkota untuk mama & abah nanti.

Leave a Reply