Belajarlah Mencinta Diri Sendiri dengan 18 Cara Berikut!
Belajarlah Mencintai Diri Sendiri dengan 18 Cara Berikut!

Belajarlah Mencintai Diri Sendiri dengan 18 Cara Berikut!

Posted on

“Tidak ada orang lain di bumi ini yang seperti saya, saya adalah orang yang istimewa!” Pernahkan anda berpikiran seperti itu? Jika belum pernah, berarti anda adalah orang yang belum bisa mencintai diri sendiri. Setiap saat mungkin anda hanya berpikir bahwa anda adalah manusia biasa yang tidak memiliki keistimewaan apapun. Jika anda ingin dapat mencintai diri sendiri, mulai sekarang cobalah untuk menghilangkan presepsi tersebut dari pemikiran anda!

Langkah Awal Mencintai Diri Sendiri
Langkah Awal Mencintai Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri bukan berarti egois, tapi merupakan langkah awal untuk mencapai kebahagiaan dalam hidup. Jika anda masih bingung bagaimana cara untuk mencintai diri sendiri, laukanlah hal-hal berikut!

  1. Mulailah Hari Anda dengan Memuji Diri Sendiri

Sebelum mulai beraktivitas, berkacalah pada cermin dan katakan tentang beberapa kelebihan anda pada diri anda sendiri, seperti “Kamu memiliki wajah yang manis.” Jika anda masih canggung untuk melakukannya, coba katakana hal lain yang tidak menyangkut fisik anda seperti kelebihan anda dalam sebuah bidang, atau apapun itu yang dapat membuat anda merasa tersanjung.

  1. Belajarlah Untuk Menyayangi Tubuh Anda

Memberi asupan makanan yang bergizi pada tubuh adalah cara untuk menghargai diri sendiri. Sesekali manjakanlah diri anda dengan berkunjung ke salon atau spa, atau dengan berlibur ke tempat yang sangat ingin anda kunjungi. Intinya, temukanlah cara untuk menyayangi tubuh anda!

  1. Kelilingi Diri Anda dengan Orang-Orang yang Menyayangi dan Menghargai Anda

Mulai dari sekarang mulailah untuk menerima segala bentuk kepedulian yang orag lain berikan pada anda. Memang mungkin jika apa yang mereka katakan pada anda akan menyakitkan hati, namun anggaplah bahwa ucapan mereka itu termasuk bentuk kepeduliandan dukungan  mereka kepada anda.

  1. Akhiri Semua Hubungan yang Beracun

Maksudnya adalah jauhilah orang-orang yang dapat membuat anda merasa kecil dan tidak berdaya. Orang-orang yang seperti itu hanya akan membuat anda membenci diri anda sendiri.

  1. Berhenti Menjadi Orang Lain

Jika anda ingin mencintai diri anda sendiri, mulai sekarang berhenti jadi orang lain dan terimalah apa adanya diri anda. Juga jangan membandingkan diri anda dengan orang lain yang memiliki fisik atau materi yang lebih dari anda, karna itu akan membuat tingkat kepercayaan diri anda menurun.

  1. Jadilah Cheerleader Untuk Diri Anda Sendiri

Tidak perduli besar atau kecil prestasi yang anda capai, jadilah orang pertama yang mengucapkan selamat pada diri anda anda sendiri, dan jangan sampai orang lain yang mengucapkan selamat terlebih dahulu.

  1. Cintailah Segala Sesuatu yang Membuat Anda Berbeda dengan orang Lain

Setiap orang memiliki bakat yang tersendiri, begitu juga anda. jangan takut untuk mengoptimalkan bakat munik yang anda miliki, karna itulah yang membuat anda berbeda dengan orang lain.

  1. Luangkan Waktu Untuk Diri Sendiri

Setiap hari luangkanlah waktu sebentar untuk merilekskan diri anda, misalnya dengan meditasi atau duduk-duduk santai sambil menikmati hidangan penutup yang anda sukai. Berusahalah untuk menikmati waktu-waktu kesendirian anda.

  1. Carilah Sesuatu yang Dapat Membuat Anda Bergairah

Hal apa saja yang dapat membuat anda merasa bersemangat? Atau suatu hal yang ingin anda coba lakukan tapi anda masih takut untuk melakukannya? Segera lakukanlah hal tersebut selama itu positif ya!

  1. Dengarkan Kritikan Batin Anda

Jika batin anda mengatakan bahwa anda adalah orang yang malas dan tidak berbakat sama sekali, coba tuliskanlah kritikan batin tersebut di atas kertas. Berikutnya tulislah di kertas tersebut bahwa anda adalah orang yang tidak malas dan berbakat. Dengan begitu, anda akan membiarkan batin anda mengetahui bahwa anda telah menerima keadaan anda tersebut.

  1. Jujur Pada Diri Sendiri

Jangan mengatakan sesuatu itu ya jika hati anda berkata tidak, begitu juga sebaliknya. Dengarkanlah perasaan anda dan jangan sampai menentangnya. Jujur pada diri sendiri merupakan cara untuk dapat menghargai diri sendii.

  1. Minta Bnantuan Orang Lain Ketika Tidak Bisa Menghadapi Masalah Sendiri

Semua orang tidak harus bisa menghadapi masa-masa sulit dengan sendiri, begitu juga anda. Meminta bantuan pada orang lain bukanlah tanda kelemahan, namun tanda kekuatan hati yang dimiliki.

  1. Bersyukur

Bersyukur pada apa yang telah diberikan oleh Tuhan kepada diri anda merupakan kunci utama untuk bisa mencintai diri sendiri. Cobalah untuk melihat orang yang memiliki fisik atau materi yang lebih bawah dari anda, karna dengan begitu anda akan lebih mudah untuk mensyukuri segala apa yang anda miliki.

  1. Temukan Cara Untuk Menjadi Kreatif

Ekspresikan diri anda melalu kreativitas yang anda miliki. Kreativitas tidak hanya dapat diekspresikan  dari apa yang dihasilkan oleh tangan, namun juga dari saat kita bermain atau mengajari anak-anak, menari, atau cara kita berkomunikasi dengan orang lain.

  1. Maafkan Diri Anda

Anda pasti pernah melakukan hal yang menyebabkan diri anda malu atau menyebabkan orang lain marah kepada anda. Jangan terus-terusan memikirkan hal tersebut karna sudah tidak dapat diubah lagi, biarkanlah saja dan mulailah untuk memaafkan diri anda.

  1. Keluar dari Zona Nyaman Diri Anda

Cobalah untuk melakukan hal-hal yang masih anda takuti (hal-hal dalam kategori positif) dan yakinlah bahwa anda akan berhasil saat melakukannya. Beranjaklah dari kehidupan yang membosankan, buat hidup anda lebih berwarna. Tak masalah jika anda mengambil beberapa resiko kecil untuk menemukan hal yang tersembunyi dalam diri anda.

  1. Bersabar dan Tetap Konsisten

Mencintai diri sendiri membutuhkan proses yang terus berkembang dan berlangsung secara terus-menerus. Dan tentunya hal ini membutuhkan latihan dan kesabaran yang cukup tinggi.

  1. Senangkanlah Diri Anda

Jangan menahan diri anda untuk bersenang-senang, jika diri anda ingin melakukan hal yang menyenangkan, lakukanlah saja. Membiarkan diri sendiri untuk menikmati hidup juga merupakan cara untuk menyayangi diri sendiri.

Itulah 18 cara mudah mencinti diri yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat!

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply